Halaman

Pembelajaran Berbasis Internet 1 (Latihan Soal On Line)

Video dapat dilihat dengan menekan gamabr di bawah ini

Pembelajaran berbasis internet diduga dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dikarenakan kecenderungan  anak-anak yang suka menggunakan telepon pintar untuk berbagai alasan. Agar kesukaan anak menggunakan alat komunikasi dengan fasilitas internet dapat tersalurkan namun tidak mengganggu waktu belajarnya, maka dianggap perlu mendesain model pembelajaran menggunakan internet yang dapat diakses melalui  telepon pintar atau tablet.

Dalam kegiatan kali ini anak-anak berlatih mengerjakan soal secara on line. Kini berbagai soal latihan ujian untuk berbagai jenjang pendidikan sudah tersedia di portal  Rumah Belajar Kemdikbud. Anak-anak dapat memilih soal yang sesuai dengan keperluannya sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuhnya. Untuk siswa sekolah dasar dapat berlatih mengerjakan soal ujian khusus anak usia sekolah dasar.

Caranya,  anak-anak mengakses portal Rumah Belajar Kemdikbud kemudian memilih Bank Soal. Jenis soal yang  dipilih adalah jenis soal SD dengan kelas yang sesuai. Kemudian memilih jenis soal pada mata pelajaran tertentu. Berikutnya memilih paket soal yang dikehendaki. Mengerjakan secara on line. Setelah selesai mengerjakan nomor terakhir tekan tombol hitung. Maka nilai dari mengerjakan Soal akan muncul. Selesai mengerjakan soal, dan nilai telah muncul pada layar monitor. Selanjutnya melakukan proses perekaman hasil dengan cara screenshot pada layar tablet. Hasil screenshoot dikirimkan ke alamat email guru dengan diikuti kalimat pengantar . Guru dapat memeriksa  jumlah kiriman dari anak-anak serta nilai mereka masing-masing.