Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

 

Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


PTK memiliki karakteristik diantaranya;

  • Adanya kesadaran pada diri guru untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran di kelasnya,
  • Self-reflektif inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri,
  • Penelitian dilakukan di dalam kelas guru  berkenaan/peneliti yang berfokus pada kegiatan pembelajaran,
  • PTK bertujuan memperbaiki pembelajaran.

Berbeda dengan penelitian kelas, penelitian tindakan kelas dilakukan oleh guru itu sendiri sebagai peneliti. Sedangkan penelitian kelas dilakukan orang luar untuk meneliti interaksi guru dan siswa.

Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan alasan profesionalitas guru dalam menemukan solusi terhadap masalah pembelajaran dikelasnya , disamping ikut mengembangkan pendidikan di sekolahnya.


Manfaat PTK bagi guru;

  • PTK untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya,
  • Guru berkembang secara profesional dengan menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya,
  • Membuat guru lebih percaya diri,
  • Guru berkesempatan berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan diri.


Manfaat PTK bagi siswa; 

  • Meningkatkan hasil belajar siswa,
  • Menjadi model pembelajaran bagi siswa.

Di samping manfaat yang bisa didapat, PTK memiliki keterbatasan, antara lain;

  • Validitas atau kesahihan sebagai penelitian masih sering dipertanyakan , dikarenakan metodologi penelitian yang agak longgar.
  • Hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan karena hasil PTK hanya terkait dengan siswa dan pembelajaran di kelas tertentu.

Kondisi yang dipersyaratkan dalam PTK;
  • Sekolah memberikan kebebasan yang memadai bagi guru melakukan PTK dan berkolaborasi dengan teman guru lainnya,
  • Birokrasi dan hierarki organisasi di sekolah hendaknya diminimalkan,
  • Sekolah hendaknya selalu mempertanyakan apa yang diinginkan bagi sekolahnya,
  • Keterbukaan dari semua staf sekolah untuk membahas masalah yang dihadapi,
  • Sikap kepala sekolah dan staf administrasi menunjang terjadinya pembaruan,
  • Guru dan siswa mempunyai rasa percaya diri yang tinggi bahwa mereka sedang melakukan pembaruan dengan dukungan Kepala Sekolah dan orang tua,
  • Guru harus siap menghadapi berbagai konflik karena yang baru biasanya lebih mendapat perhatian dari yang lama.

Langkah-langkah PTK;
  • Mengidentifikasi masalah,
  • Menganalisis dan merumuskan masalah,
  • Merencanakan perbaikan
  • Melaksanakan PTK.





Referensi; Modul PTK Universitas Terbuka

Login MySAPK

 

Halo Sobat Blogger ,,

Kali ini saya akan bicara  mengenai  MySAPK BKN. Sebagian dari teman-teman mungkin mengalami kendala untuk login ke akun pribadinya  pada  aplikasi MySAPK. MySAPK mmerupakan aplikasi yang menampung data  pegawai yang dikelola sendiri oleh pegawai tersebut. Oleh sebab  itu  jika mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi tersebuut tentunya merasa sedih bukan. Karena hal tersebut  dapat mengganggu proses pemutakhiran data pegawai yang bersangkutan.

 MySAPK BKN dapat diakses  melalui telepon pintar (anndroid) maupun laptop.

Untuk login melalui  android kita harus mengunduh aplikasi MySAPK terlebih dahulu ,  selanjutnya memasangnya pada android. 

MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dari databse PNS   Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil. 

Untuk mengunduhnya kita masuk  dulu ke laman https://pdm.bkn.go.id/  


Halaman depan pada laman tersebut menyajikan pilihan untuk login melalui website maupun login melalui aplikasi.
Pilihlah tombol "Download MySAPK"  untuk mengunduh aplikasi.
Selanjutnya kita akan diarahkan ke aplikasi playstore di android.



Klik tombol "Instal" untuk mengunduh sekaligus memasang pada perangkat Android. 
Tunggu hingga muncul tulisan "Buka".

Selanjutnya klik tulisan "Buka" tersebut.
Dengan mengeklik tulisan "Buka" kita diarahkan ke halaman depan aplikasi tersebut. Pada halaman tersebut disajikan kolom "username" dan "password" yang harus diisi untuk login.



Isilah kolom "username" dengan Nomor Induk Pegawai (NIP), dan juga password untuk membuka/masuk kedalam aplikasi. 
Selanjutnya klik tulisan "Masuk".

Apabila kita lupa ataupun belum tahu password untuk membuka aplikasi, silakan klik lupa password. 
Selanjutnya akan dibawa pada tampilan seperti di bawah.


Ketikkan NIP dan alamat email yang telah didaftarkan pada sistem tersebut.
Selanjutnya klik tulisan "Berikutnya".
Sistem akan mengirimkan kode ke alamat email tersebut untuk login ke aplikasi. 
SELAMAT MENCOBA,,,


ڤنتون

 ڤنتون مروڤاکن کاريا سسترا اصلي ايندونيسيا۔ ببراڤ ايستيله دالم ڤنتون انتارا لاءين بارس؍لارك، باءيت، ريم؍ساجك، سمڤيرن دان ايسي ڤنتون۔ باءيت مروڤاکن کومڤولن دري ببراڤ بارس؍لارق يڠ مميليکي ريما ترتنتو۔ ريما اداله بوڽي اخير ڤد ستياڤ بارس؍لارك۔ ايسي ڤنتون مروڤاکن ڤسن دري سي ڤمبوات ڤنتون۔ ڤنتون مميليکي اتورن ترتنتو، مک جک ايڠين ممبوات ڤنتون هاروس توندوق ڤد اتورن - اتورن ترسبوت سوڤايا ڤنتون يڠ دبوات اينق ددڠر۔ اداڤون اتورن ڤنتون اداله؛ ستياڤ باءيت ترديري دري امڤت باريس باريس ڤرتام دان کدوا مروڤاکن سمڤيرن باريس کتيݢ دان کأمڤت مروڤاکن ايسي ڤنتون بريما اتاو برساجق اب اب نامون سوڤايا ڤنتون يڠ دبوات موده؍نق دباچ دان ددڠر، جک هندق ممبوات ڤاتون ڤرلو ممڤرهاتيکن جومله سوکو کات۔ سباءيقڽ جومله سوکو کات ڤد ستياڤ بارس؍لارس ٨ سمڤاي ١٢۔ سلامت منچوب،


 

Belajar Mandiri

 

Biasanya saya bersama siswa-siswi kelas 6 melaksanakan pembelajaran online via WAG di hari Selasa. Di masa Pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan. Sebagai gantinya siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah masing-masing yang lazim disebut BDR dengan panduan guru. 

Walaupun tidak bertemu secara langsung saya memantau perkembangan belajar siswa baik secara daring maupun luring. Secara daring melalui HP yang terkoneksi dengan internet menggunakan aplikasi WhatsApp. Sedangkan secara luring menggunakan Lembar Kerja Mingguan yang dibagikan kepada siswa setiap hari Rabu melalui orang tua siswa. 

Orang tua datang ke sekolah mengambil LKM untuk anaknya sekaligus mengumpulkan jawaban tugas LKM. Kegiatan ini sudah berlangsung selama berminggu-minggu di mas Pandemi Covid-19. Terkadang orang tua siswa selain membawa jawaban tugas juga membawa aspirasi dari siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Selain pertanyaan yang diajukan secara lisan oleh orang tua ada juga pertanyaan yang disampaikan melalui WhatsApp. 

Saya senang jika siswa bertanya tentang pembelajaran atau pendidikan. Namun terkadang jika chatt di WhatsApp cukup banyak, saya tidak bisa menjawab dengan cepat. Namun dari chatt yang saya temukan di WhatsApp, dapat saya pahami bahwa baik orang tua maupun siswa dapat memaklumi keterlambatan saya dalam membalas chatt.

Saya menggunakan WhatsApp cukup sering. Selain untuk berkomunikasi secara pribadi dengan siswa, teman, saudara maupun orang tua siswa, saya juga menggunakannya untuk mengikuti beberapa grup WA. Baik grup yang hanya digunakan untuk berkomunikasi maupun yang digunakan untuk pelatihan. Teknik pelatihan melalui Grup WA inilah yang saya adopsi dan terapkan pada pembelajaran di kelas, yaitu pembelajaran online via WAG.

Minggu lalu mulai 1 Maret 2021 hingga 7 Maret 2021 sekolah melaksanakan Penilaian Tengah Semester atau PTS. Siswa mengerjakan soal PTS dari rumah pada pagi hari. Oleh karena itu saya dan siswa kelas 6 tidak melaksanakan pembelajaran online via WAG.

Setelah selesai melaksanakan PTS pada Minggu lalu memerlukan waktu untuk melakukan koreksi terhadap jawaban siswa. Minggu ini disebut jeda tengah semester. Jeda tengah semester digunakan untuk mengoreksi serta menganalisis jawaban siswa. Kegiatan pembelajaran online via WAG pada Minggu ini dihentikan sementara. Sebagai gantinya siswa melaksanakan pembelajaran secara mandiri. 

Caranya saya mengirimkan beberapa link blog yang berisi materi pembelajaran dan latihan soal pada WA Group. Siswa menelusuri blog melalui alamat yang saya bagikan. Setelah selesai melakukan kegiatan menelusuri blog sambil belajar, siswa menulis laporan kegiatan hari ini yaitu kegiatan belajar mandiri.

Beberapa siswa telah mengirimkan laporan kegiatan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah melakukan kegiatan hari ini. Terhadap laporan siswa saya mengoreksi dengan membaca laporan dari siswa.

Kepada siswa yang telah mengirimkan laporan, saya mengucapkan terima kasih serta memotivasi agar siswa senantiasa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya dengan menulis di WhatsApp.


Berikut adalah tulisan saya di WhatsApp.


Terima kasih kepada anak-anak yang sudah melakukan pembelajaran secara mandiri dengan cara menelaah materi di internet. 

Model belajar seperti ini bisa dilanjutkan dan  dikembangkan lagi besok setelah anak-anak duduk di bangku SMP. 

'Kemandirian' sangat penting dalam segala hal , baik dalam berkarya maupun dalam belajar.

Lawan dari kemandirian adalah 'ketergantungan'. Jika ingin berhasil dalam segala hal, hindari sikap bergantung pada orang lain/siapapun. Agar terhindar dari sikap 'ketergantungan' kepada orang lain, seseorang perlu 'menyiapkan diri'  menghadapi segala kemungkinan. 

Sebagai insan beriman seseorang akan bergantung kepada Tuhan atas segala sesuatu.

Orang yang selalu siap setiap saat, disebut sebagai orang yang hebat. 

(Motivasi hari ini)

Salam persahabatan, 


Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhdelapan

Pembelajaran Menulis Laporan Kegiatan Mengamati Video

Oleh: Pono, S.Pd.SD



Pembelajaran menulis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui menulis pengalaman. Setiap orang memiliki pengalaman menarik dalam hidupnya yang tidak mudah untuk melupakannya. Pengalaman yang menarik ini merupakan modal yang bagus untuk seseorang menghasilkan produk berupa tulisan. Tulisan bisa berupa puisi, pantun, syair maupun  karangan bebas atau prosa. 

Mengingat pengalaman menarik lebih mudah dibanding yang lainnya. Baik yang menyenangkan maupun yang kurang mengenakkan. Dengannya seseorang akan mudah menemukan ide untuk ditulis. Itu juga lah yang melatarbelakangi mengapa pembelajaran di kelas sedapat mungkin menghasilkan pengalaman yang menarik bagi siswa. Karena ia akan terkenang sepanjang masa hingga anak-anak menjadi dewasa. Bukan hanya konten yang disajikan kepada siswa, namun semangat yang ditularkan guru kepada siswanya pun perlu disampaikan bersamaan dengan pengalaman belajar yang bermakna dan menarik.

Salah satu kegiatan pembelajaran berbasis pengalaman menarik yang dapat dilakukan di kelas adalah dengan menuliskan pengalaman menarik saat libur semester. Caranya di awal semester sebelum melakukan pembelajaran sesuai jadwal mingguan, dalam 1 - 3 digunakan untuk kegiatan literasi yaitu menulis pengalaman dalam bentuk puisi, pantun, maupun cerita pendek. Sebenarnya pengalaman liburan juga bisa dijadikan bahan untuk pembelajaran berbicara yaitu ketrampilan berbicara menceritakan pengalaman. Akan tetapi pembahasan kali ini saya batasi pada pembelajaran menulis agar tidak terlalu luas. Atau bisa juga sebagai bahan untuk pembelajaran berbicara dan menulis sekaligus. 


Pembelajaran dengan video

Hal senada dengan pernyataan di atas adalah menonton atau menyaksikan penayangan video. Kalau pada di atas pengalaman yang dimaksud cakupannya luas, karena tanpa batas. Sedangkan pembelajaran menulis menggunakan video terbatas pada pengalaman mengamati video yang ditonton. Pembelajaran  cara ini dapat dikembangkan dengan menyiapkan video yang beragam. 

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, bahan ajar berupa video dengan mudah bisa didapatkan. Baik secara offline maupun secara online. Pembelajaran secara offline tidak memerlukan fasilitas internet, cukup menggunakan video player atau laptop yang dikoneksikan dengan layar monitor atau proyektor. Sedangkan pengamatan video yang diputar secara online dengan mengakses video pada media sosial seperti YouTube atau yang lainnya.


Video hari jadi Banjarnegara

Salah satu kegiatan pembelajaran menggunakan video yang  dilakukan siswa adalah menyimak video Peringatan Hari Jadi Banjarnegara yang disaksikan melalui channel YouTube. Acara Peringatan Hati Jadi Banjarnegara ke 450 ditayangkan secara live pada 26 Pebruari 2021. Pada saat yang sama guru dan siswa menyimaknya dari awal hingga akhir. Video yang dihasilkan berdurasi lebih kurang 2, 5 jam. 

Setelah selesai mengikuti acara Peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke 450 secara livestriming  siswa membuat laporan kegiatan berupa resume dari tayangan video tersebut dan dikirimkan kepada guru. Untuk memudahkan pelaporan di masa Pandemi Covid-19 siswa menyampaikan laporan pengalaman menyimak video melalui chatt WA.

Guru merupakan teladan bagi siswanya. Agar semangat siswa dalam melaksanakan tugasnya tidak mengendur, guru memberikan contoh serupa namun dengan cara yang sedikit berbeda. Kalau siswa mengirim laporan melalui WA sedangkan guru menulis resume diposting pada blog yang dikelolanya. Selanjutnya link postingannya dikirimkan ke WA agar dapat diakses oleh siswa dan juga teman-teman guru yang lain.

Banjarnegara, 28 Pebruari 2021 pagi.

Blog penulis: www.ono.my.id

 Gambar diambil dari laman https://www.youtube.com/channel/UCTbbEF2tvniXW06O-uzTDyQ



Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhtujuh

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 450

Oleh : Pono, S.Pd.SD

 

 

Puncak acara peringatan hari jadi kabupaten Banjarnegara dilaksanakan tadi malam, Sabtu, 26 Pebruari 2021 di Pendopo Dipayuda Adigraha. Mengambil tema "Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat, Bahagia Menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera". Bertindak sebagai pembawa acara kali ini adalah Afton dan Desinta yang memandu acara menggunakan bahasa Indonesia dengan logat Jawa Ngapak yang khas membuat penonton merasa betah.

 

Peringatan hari jadi Banjarnegara ke 450 berlangsung dengan hikmat. Acara dimulai jam 8 malam dihadiri Bupati Banjarnegara beserta Ibu dan Wakil Bupati Banjarnegara beserta Ibu. Hadir pula Bupati Banjarnegara periode sebelumnya serta tokoh-tokoh masyarakat Banjarnegara.

Acara peringatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena peringatan kali ini dilaksanakan secara virtual, live via YouTube channel. Serangkaian acara dilaksanakan  di Pendopo Dipayuda Adigraha yang sudah disetting sedemikan rupa sehingga berbagai mata acara dapat berlangsung dengan baik. Hal ini dikarenakan masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Pembawa acara serta hadirin  tampak menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Penonton

Penonton menyaksikan acara dan bergabung dengan  mengakses channel YouTube melalui HP maupun laptop yang terkoneksi internet dari rumah masing-masing sambil minum kopi bersama keluarga tercinta. Walaupun menonton lewat HP namun kemeriahan dan semangatnya dapat dirasakan dari rumah.

Jumlah penonton livestriming  cukup banyak, mencapai lebih dari 13 ribu penonton tadi malam. Antusiasme penonton juga dapat dirasakan dengan banyaknya chatt yang terus mengalir dengan cepat. Banyak di antara nya berupa ucapan selamat hari jadi, sebagian yang lain menyatakan harapan kemajuan Banjarnegara. Tadi siang saat saya membuka channel YouTube tersebut jumlah pengunjung telah mencapai lebih dari 90 ribu.

Mata acara

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ibu Masitoh dan Ibu Istinganah sebagai pembaca Sari tilawah.  Ayat yang dibaca surat Albaqoroh ayat 155 dan surat Ibrohim ayat 7. Dari layar HP tampak dengan jelas hadirin menyimaknya dengan penuh hikmah.

Selepas  pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan doa yang dipimpin Bapak H. Agus Suryo Suripto, S.Ag. M.H. memohon kepada Allah SWT.

Selesai memanjatkan doa ke Hadirat Allah SWT, dilanjutkan penayangan  video tentang Banjarnegara yang berdurasi 2,5 menit. Isi video tersebut mengenalkan Banjarnegara kepada khalayak sejarah, apa yang sudah dilalui serta potensi yang ada. Yang lebih menarik lagi adalah potensi wisata yang ada di Banjarnegara, baik wisata alam maupun wisata budaya.

 

 

Gambar di atas menunjukkan perayaan sebelum Pandemi Covid-19.

Untuk menghibur penonton disajikan persembahan  Dinas Kepariwisataan dan Budaya.

Acara berikutnya adalah sambutan Bupati Banjarnegara yang mengangkat tema "Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat, Bahagia Menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera"

Dilanjutkan pemotongan tumpeng serta pemberian hadiah kepada pemenang lomba K3 (kebersihan, keindahan, kerapian).

Inti acara

Inti acara peringatan hari jadi kabupaten Banjarnegara sesungguhnya adalah Doa Bersama yang dipimpin oleh dai kondang Gus Miftah. Sebelumnya Gus Miftah memang sudah beberapa kali hadir di Banjarnegara. Pada event kali ini Gus tidak hadir secara langsung di Banjarnegara, namun beliau mengisi acara dengan memberikan tausiah serat memimpin doa secara virtual dari Yogyakarta.

Banjarnegara memang kaya akan khazanah budaya. Selepas tausiah dan doa bersama, penonton disuguhi Pagelaran Tari  Warok Kridho Satriya Kencana.

Beberapa karya terbaik anak bangsa berupa vlog ikut disajikan dalam acara tersebut, konten yang disampaikan kebanyakan mengangkat wisata di kabupaten Banjarnegara yang menakjubkan.

"Ayo pada dolan nang Mbanjarnegara".

(Gambar diambil dari laman  https://www.youtube.com/channel/UCTbbEF2tvniXW06O-uzTDyQ)

Banjarnegara, 27 Pebruari 2021 Maghrib

Blog penulis: www.ono.my.id





Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhenam

 Cara Membuat Soal Online dengan Google Form

Oleh : Pono, S.Pd.SD


Beberapa langkah yang dilakukan mengenai cara membuat soal latihan dengan google form dapat disimak pada keterangan  berikut. Yang ditulis di bawah ini berdasarkan pengalaman penulis, sehingga dimungkinkan ada cara lain atau perbedaan langkah yang dilakukan orang lain yang mempunyai pengalaman berbeda. Untuk itu jika penjelasan berikut ini kurang memuaskan mohon dimaklumi serta dimaafkan. Adapun langkah-langkah yang dimaksud berdasarkan pengalaman penulis adalah sebagai berikut.

Masuk ke akun Gmail

Kita bisa masuk ke akun Gmail melalui browser seperti Google chrome atau yang lainnya. Pada kolom pencarian silakan ketik accounts.google.com / Gmail login. Klik judul berita yang ditawarkan oleh google, hingga sampai halaman untuk masuk ke akun email Google seperti di bawah ini.


Jika tampilan sudah seperti gambar di atas selanjutnya ketikkan alamat email yang kita miliki. Jika sudah klik tombol 'berikutnya'. Dengan mengklik tombol 'berikutnya', sistem akan mengajak kita menuliskan kata sandi atau password untuk masuk ke akun email. Setelah mengetik  kata sandi  selanjutnya login atau sign in. Maksudnya adalah kita masuk ke akun email. 
Setelah masuk kita akan dibawa ke akun email. Kemudian apa yang kita lakukan di dalam akun kita? Pada tampilan akun email terdapat kumpulan titik berjumlah 9 yang membentuk segiempat di sudut kanan atas.
Klik kumpulan titik tersebut hingga muncul beberapa logo aplikasi google.


Masuk ke Google Drive

Setelah muncul beberapa logo aplikasi google klik logo aplikasi google drive yang bentuknya mirip segitiga untuk masuk ke menu google Drive.


Setelah masuk ke menu google Drive kita dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini. Perhatikan bagian kiri atas. Pada bagian kiri atas terdapat tanda tambah/plus (+).


Klik tanda tambah di kiri atas tersebut. Google  menawarkan beberapa sajian dari produknya untuk kita manfaatkan. Scroll sedikit ke bawah sampai pada tulisan google formulir. Klik tanda panah di kanan tulisan tersebut. Google menawarkan dua jenis formulir untuk kita gunakan. Pilihlah formulir kosong untuk kita gunakan sebagai lembar soal online.


Menulis Soal

Setelah memilih dengan mengklik formulir kosong kita mendapatkan selembar formulir yang bisa kita tarik ke bawah sampai cukup panjang untuk menulis soal online. Akan tetapi memanjangkannya dengan menulis soal ya, hehehe ...
Perhatikan tampilan di bawah ini. Berikut adalah lembar soal yang akan kita gunakan.


Yang pertamakali kita lakukan setelah mendapat formulir adalah menuliskan judul  pada bagian atas lembar soal. Judul kita sesuaikan dengan jenis soal. Sebagai mana pada ulangan tertulis, kita bisa menulis judul Ulangan Harian atau Tes Formatif atau asesmen pra/pasca kegiatan. Tentunya kita sesuaikan dengan kebutuhan. 
Di bawah judul kita bisa menuliskan tentang tujuan tes, cara mengerjakan tes, atau ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan oleh peserta tes yaitu siswa.
Setelah judul dan deskripsi selanjutnya menentukan  jenis soal yang akan kita buat dengan memilih beberapa alternatif di samping kanan atas. 

Mulailah menulis soal secara berurutan dari nomor satu hingga nomor terakhir. 
Gambar di bawah ini menunjukkan contoh soal bentuk pilihan ganda yang dibuat pada google form.


Mengirim tautan / link soal

Agar siswa atau pengguna dapat mengakses soal yang sudah kita buat, mereka perlu mendapat tautan atau link soal baik melalui blog maupun melalui media sosial.
Untuk mendapatkan link yang bisa kita bagikan dengan orang lain agar bisa mengakses soal online yang sudah kita buat caranya:
Klik kanan pada file soal yang sudah dibuat. Arahkan kursor ke sebelah kanan kemudian klik dapatkan link.


Setelah link didapat, selanjutnya menyalin link tersebut untuk kita bagikan, baik melalui blog maupun melalui media sosial seperti WA maupun Facebook.


Setelah menyalin, untuk membagikan melalui  media sosial seperti WA maupun Facebook cukup dengan menempelkan pada postingan baru, sedangkan untuk membagikan pada blog masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.