Contoh Soal Ulangan Harian IPS Kelas 6 Materi Teknologi dan Transportasi

 


  1. Apa yang dimaksud sarana transportasi?
  2. Apa yang dimaksud prasarana transportasi?
  3. Sebutkan 3 contoh sarana transportasi darat!
  4. Sebutkan contoh prasarana transportasi darat!
  5. Sebutkan 2 contoh sarana transportasi air!
  6. Sebutkan 2 contoh sarana transportasi udara!
  7. Sebutkan contoh prasarana transportasi air!
  8. Sebutkan contoh prasarana transportasi udara!
  9. Jelaskan dampak negatif modernisasi teknologi!
  10. Jelaskan modernisasi teknologi transportasi yang kamu ketahui!

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Latihan mengerjakan soal 

Contoh Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Materi Tata Surya

 


1. Waktu yang diperlukan bulan untuk melakukan satu kali rotasi disebut ....

2. Waktu yang diperlukan bulan untuk melakukan satu kali revolusi disebut ....

3. Waktu yang diperlukan bulan untuk mengelilingi matahari adalah ... hari.

4. Akibat revolusi bulan menjadikan air laut mengalami ....

5. Gerhana bulan terjadi pada saat bulan berada di daerah umbra ....

6. Tahun Masehi atau tahun Syamsiah didasarkan pada kala revolusi ....

7. Tahun Hijriah atau tahun Qomariah didasarkan pada kala revolusi ....

8. Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali mengelilingi matahari adalah ... hari.

9. Waktu yang diperlukan bulan untuk melakukan satu kali revolusi adalah ... hari.

10. Pada kalender Masehi, tahun kabisat terjadi setiap berapa tahun sekali?

👇👇👇👇👇👇

Latihan mengerjakan soal secara online

Kunci jawaban


Analisis per butir soal PTS


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh,,

Apa kabar sobat blogger semua,, semoga teman-teman semua senantiasa sehat, tidak kurang suatu apa.


Pekerjaan guru setelah melakukan tes kepada peserta didik adalah melakukan analisis terhadap hasil tes peserta didik. Hal ini sudah maklum.  Analisis biasanya dilakukan sehabis penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester. Dari analisis ini dapat diketahui siapa saja peserta didik yang perlu mengikuti kegiatan remidial dan siapa saja yang perlu diberikan pengayaan. 

Walaupun sebenarnya untuk menentukan siapa saja peserta didik yang perlu remidi dan pengayaan cukup dengan melakukan koreksi terhadap hasil pekerjaan peserta didik. Dengan melakukan analisis perbutir soal dapat memberikan gambaran yang lebih utuh atas kemampuan peserta didik. Misalnya pada soal nomor berapa peserta didik dapat menjawab dengan benar dan pada nomor berapa peserta didik belum bisa menjawab dengan benar. Berapa pertanyaan yang dijawab dengan sempurna, berapa yang belum dijawab dengan sempurna.

Melakukan analisis pada setiap butir jawaban peserta memiliki manfaat, diantaranya;

Mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tes.

Mengidentifikasi Kompetensi Dasar yang dikuasai peserta didik dan yang belum dikuasai peserta didik.

Mengidentifikasi butir soal yang dirasa sulit dan mudah bagi peserta didik.

Sebagai gambaran umum keberhasilan dalam proses pembelajaran melalui alat tes.

Sebagai titik-tolak untuk melakukan tindakan baik berupa remidial maupun pengayaan.

----------

Demikian  sekilas pandangan dari saya mengenai analisis perbutir soal. Teman-teman mungkin memiliki pengalaman yang berbeda dari yang sudah saya tuliskan. Dan tentunya memiliki pemahaman yang lebih lengkap mengenai analisis jawaban peserta didik. Apa yang tulis hanyalah sebagai sarana untuk mengingatkan kembali mengenai analisis baik bagi diri saya sendiri maupun bagi teman-teman yang berkenan untuk membacanya.  Bagi sebagian yang lain mungkin berguna untuk memotivasi. 

Satu hal yang pasti, apa yang sudah saya tuliskan masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kurang lebihnya saya mohon maaf kepada teman-teman pembaca.

Sebarang kritik maupun saran silakan tulis di kolom komentar.

Berikut saya sertakan salah satu contoh analisis jawaban Penilaian Tengah Semester yang barangkali dapat menambah koleksi teman-teman. Bilamana diperlukan silakan dibuka dilihat dan diunduh untuk digunakan.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, ya.

Klik Link untuk mengunduh contoh analisis.






Cara Mengubah Tulisan menjadi Suara menggunakan Google Transalte

 


Google Translate/Google Terjemahan merupakan salah satu platform google yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain.  Ini tentunya menarik bagi yang ungin mempelajarai makna dari suatu kata maupun kalimat berbahasa asing. Sebagai contoh menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Google Terjemahan memudahkan pengguna dalam hal transliterasi bahasa. Tahukan  kamu, ada hal yang menarik lagi dari Google Terjemahan dalam hal transliterasi yang dapat kita manfaatkan. Google Terjemahan dapat mengubah suara menjadi tulisan, atau sebaliknya mengubah tulisan menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita. 

Bagaimana caranya ?

Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan cara mengubah tulisan menjadi sura pada Google Terjemahan. Namun yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman. Teman-teman mungkin mempunyai pengalaman yang berbeda dari apa yang akan saya sampaikan. Walau bagaimanapun apabila ada yang kurang pas dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf kepada semua pembaca blog saya.  Kritik dan saran mungkin akan sangat bermanfaat bagi  saya, jika pembaca sudi melayangkannya. Atas perhatian dari pembaca saya ucapkan terima kasih.

Mengubah tulisan menjadi suara   

  • Buka browser Google Chrome.
  • Temukan titik 9 pada sudut kanan atas pada browser hingga muncul berbagai gambar yang merupakan platform Google. 
  • Geser kursor hingga  terlihat gambar/ikon Google Terjemahan. 
  • Tekan gambar yang menunjukkan platform Google Terjemahan.
  • Pilih bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Ini menandahan bahasa yang akan kita tulis adalah bahasa Indonesia. Karena kita memang akan menulis dalam bahasa Indonesia. Adapun jenis bahasa pada kolom sebelah kanan menunjukkan bahasa terjemahan.
  • Tulislah kata atau kalimat pada kolom sebelah kiri.
  • Tekan gambar loudspeaker  di sebelah kanan gambar mikropon. Maka suara muncul pada loudspeaker laptop sesuai dengan kalimat yang kita tulis. Suara yang muncul sesuai dengan bahasa yang kita pilih. 

Demikian ya teman-teman, apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.  Apabila teman-teman ingin berkomentar silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Selamat mencoba.

Cara Menggunakan Google Terjemahan Tanpa Mengetik

Google Translate/Google Terjemahan merupakan salah satu platform google yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain.  Ini tentunya menarik bagi yang ungin mempelajarai makna dari suatu kata maupun kalimat berbahasa asing. Sebagai contoh menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Google Terjemahan memudahkan pengguna dalam hal transliterasi bahasa. Tahukan  kamu, ada hal yang menarik lagi dari Google Terjemahan dalam hal transliterasi yang dapat kita manfaatkan. Google Terjemahan dapat mengubah suara menjadi tulisan, atau sebaliknya mengubah tulisan menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita. 

Bagaimana caranya ?

Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan cara mengubah suara menjadi tulisan pada Gogle Terjemahan. Namun yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman. Teman-teman mungkin mempunyai pengalaman yang berbeda dari apa yang akan saya sampaikan. Walau bagaimanapun apabila ada yang kurang pas dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf kepada semua pembaca blog saya.  Kritik dan saran mungkin akan sangat bermanfaat bagi  saya, jika pembaca sudi melayangkannya. Atas perhatian dari pembaca saya ucapkan terima kasih.

Mengubah suara menjadi tulisan   

  • Buka browser Google Chrome.
  • Temukan titik 9 pada sudut kanan atas pada browser hingga muncul berbagai gambar yang merupakan platform Google. 
  • Geser kursor hingga  terlihat gambar/ikon Google Terjemahan. 
  • Tekan gambar yang menunjukkan platform Google Terjemahan.
  • Pilih bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Ini menandahan bahasa yang akan kita terjemahkan adalah bahasa Indonesia. Karena kita memang akan berbicara dalam bahasa Indonesia. Adapun jenis bahasa pada kolom sebelah kanan menunjukkan bahasa terjemahan.
  • Tekan gambar mikropon pada sebelah kiri bawah pada kolom sebelah kiri.
  • Mulailah berbicara dalam bahasa Indonesia. Maka teks muncul pada kolom sesuai dengan kalimat yang kita ucapkan.  

Demikian ya teman-teman, apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.  Apabila teman-teman ingin berkomentar silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Selamat mencoba.

Materi nilai-nilai Pancasila pada buku Tematik kelas 6 (5)

 Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari. 

Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk  hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. 

Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan. 

Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.


Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

1. Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.

2. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.

3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

4. Menghormati hak orang lain.

5. Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.

6. Suka bekerja keras.

7. Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.



Materi nilai-nilai Pancasila pada buku Tematik kelas 6 (4)

 Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari. 

Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk  hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. 

Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan. 

Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.


Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

3. Musyawarah untuk mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.

4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.

5. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.

6. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

7. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.