Header Ads Widget

Responsive Advertisement
SUDAHKAH ANDA MENSYUKURI KARUNIA TUHAN HARI INI? www.ono.my.id

Mencari Luas Permukaan Bangun Balok

Hallo Sobat blogger, apa kabar hari ini,
Kali ini saya akan sedikit sharing mengenai cara menemukan luas permukaan bangun balok seperti di bawah ini. Bagi para guru maupun murid yang sudah memahami mungkin tidak menarik, namun bagi yang murid kelas 6 yang ingin belajar matematika untuk menyelesaikan soal ujian mungkin akan bermanfaat. Mohon maaf ya, bukan maksud saya menggurui, namun hanya sekedar sharing, barangkali bermanfaat. Langsung saja ya Sobat, 
Umpama Sobat menjumpai soal seperti ini;


Untuk mencari luas permukaan balok pada nomor 24 di atas dengan mudah ada syaratnya. Syaratnya adalah kita perlu hafal rumus volume balok. Adapun  cara mengerjakannya adalah;

Setelah diketahui Volume balok yaitu 1.536 cm³ , panjang sisi balok 16 cm  dan lebar sisi balok 12 cm.
Langkah pertama kita perlu menemukan tinggi bangun balok tersebut, dengan cara membagi volume balok dengan hasil kali dari panjang dan lebar balok atau dapat dituliskan tinggi balok atau t = 1.536 cm³ : (16 cm x 12 cm) hasilnya 8 cm.

Setelah ditemukan tinggi bangun balok 8 cm maka unsur untuk mencari luas permukaan balok sudah lengkap, yaitu ada unsur panjang, unsur lebar serta unsur tinggi. Sebagaimana kita tahu bahwa bangun balok mempunyai enam sisi dan terdiri dari tiga pasang sisi yang sama dan sebangun. Serta keenam sisinya merupakan bangun persegi atau persegi panjang. Maka untuk menghitung luas permukaan balok cukup dengan mencari luas sisi-sisinya menggunakan rumus luas persegi atau rumus luas persegi panjang, selanjutnya menjumlahkan luas dari keenam sisinya tersebut.

Pada bangun balok, sisi depan sama dan sebangun dengan sisi belakang, sisi kanan sama dan sebangun dengan sisi kiri, sedangkan sisi alas sama dan sebangun dengan sisi atas. Oleh karena itu untuk menghitungnya , (2 x  panjang x lebar) + (2 x panjang x tinggi) + (2 x lebar x tinggi) sama dengan (2 x 16 cm x 12 cm) + (2 x 16 cm x 8 cm) +  (2 x 12 cm x 8 cm) = 384 cm² + 256 cm² + 192 cm² = 832 cm².
Dengan demikian jawaban yang tepat adalah alternatif jawaban D.

Terima kasih atas perhatian, khilaf dan salah mohon dimaafkan. Kritik dan saran silakan ditulis pada kolom komentar di bawah 👇👇👇👇                                                   SELAMAT BELAJAR!


Posting Komentar

0 Komentar