Header Ads Widget

Responsive Advertisement
SUDAHKAH ANDA MENSYUKURI KARUNIA TUHAN HARI INI? www.ono.my.id

Resume 15 Pelatihan Belajar Menulis (4 Desember 2020)

 Resume 15

Pelatihan Belajar Menulis (4 Desember 2020)

Oleh : Pono



Narasumber: Bapak Dede Suryana, S.Pd., M

Moderator : Ibu Aam Nurhasanah


Mula-mula moderator mengucapkan salam dan memohon izin mengunci grup.

Selanjutnya moderator memperkenalkan narasumber.

Moderator mempersilakan narasumber memasuki kelas.

Narasumber menyapa peserta dan menyampaikan tema perkuliahan.

Tema perkuliahan kali ini adalah,


*MENULIS DENGAN HATI BERUJUNG PRESTASI*

 Menurut narasumber tema terkait teknis menulis yg baik mungkin sudah dikumpas tuntas oleh narasumber sebelumnya.Knapa

Narasumber adalah penerima anugrah *GURU INSPIRASI TINGKAT NASIONAL* Yg diselenggarakan oleh dirjen GTK Kemdikbud RI, 

Narasumber mengatakan bahwa Omjay adalah salah satu guru beliau. Beliau sempat beberapa kali bertemu Omjay pada kegiatan yang sama, dan belajar dari pengalaman Omjay.

-----------

Inklusif adalah merupqkan filosofi pendidikan, bukan lembaga.

Inklusif adalah sistem pendidikan yang mengakomodir seluruh peserta didik baik yg reguler atau pun ABK tanpa diskrininasi.

Adapun prosedurnya adalah sekolah mulai membuat proposal ditunjukan kepada dinas kota/kabupaten. Lalu dinas kota akan memverifikasi ke sekolah. Setelah itu dinas kota meneruskan ke dinas provinsi. Nah dinas provinsi yg akan mengeluarkan surat keputusan sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.

Teknis menulis tidak jauh berbeda dengan tulisan pada umumnya. Terkait dengan hati narasumber menulis apa adanya tanpa berfikir secara material. Intinya harapan narasumber tulisan bisa menginspirasi buat guru muda baik yg PNS ataupun honorer. Yang penting tujuan penulisan kita adalah untuk kebaikan. Dengan tulisan itu,  bonus bagi narasumber yg pertama juara inobel ke 2 TK nasional dan sekarang mendapat apresiasi guru inspiratif.

Persiapan untuk mengikuti lomba

Untuk mengikuti lomba tidak ada persiapan khusus. Narasumber mendapat informasinya juga sangat singkat. Untuk inobel dipaksa oleh pengawas supaya ikut lomba. Karena pada waktu itu disamping mengajar juga sebagai operator sekolah. Lumayan sibuk jadi tidak sempat untuk berfikir ke lomba tersebut. Tapi atas izin Allah, bismillah mengikuti lomba karena keterpaksaan menghargai penunjukan pengawas dan kepala sekolah. Seiring berjalan waktu narasumber bikin naskah dengan judul *PEMBERDAYAAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PDBK DALAM SETING INKLUSIF* Narasumber mengikuti lomba jenjang sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Setelah selesai, meng-upload karena lombanya tidak berjenjang. Langsung ke pusat. Sudah tidak berfikir apa-apa ternyata sudah rejeki, satu Minggu kemudian narasumber dikasih tahu oleh pengawas masuk babak berikutnya yaitu workshop di Surabaya. Bahagia bercampur sedih... Mau berangkat kesana bingung untuk biaya transportasi... Tapi Allah membuka jalan masih ingat dalam pikiran, ada salah satu kepala sekolah yg menyuruh membuatkan sesuatu... Alhamdulillah berbekal 200 rb, berangkat ke Surabaya dengan mengendarai KA. Di Surabaya 4 hari dengan bekal 200 rb. Alhamdulillah... Akhirnya...  selesai. Selang seminggu ada info masuk ke grand final .... Sama pada saat itu keterbatasan finansial. Allah mengetuk pintu seorang guru sebut saja namanya adalah Neng Sepniwati. Beliau  yg menghandle okomodasi dari berangkat sampai pulang. Ternyata dengan doa dan berserah diri kepada Allah, Allah memberi jalan, *bukan Abah yang kerja keras atau hebat tapi Allah lah memberi jalan kemudahan kepada abah*

Begitu pula dengan apresiasi guru inspirasi juga apa adanya. Satu Minggu waktunya. Terakhir dapat info masuk 20 besar dari pendaftar 841, info dari seorang guru inobel memberi tahu, sore hari kalau tidak salah jam 3, ppt harus masuk pukul 6 sore, sedangkan jam 3 masih di sekolah, sedang ada rapat pendampingan dengan pengawas, tapi santai saja dan punya keyakinan kalau sudah rejeki pasti bisa... Alhamdulillah jam 6 kurang 5 menit sudah bisa meng-upload...

Dan dapat giliran besoknya untuk presentasi...

------------------

Selanjutnya narasumber memberikan kalimat motivasi kepada peserta.



























Posting Komentar

0 Komentar