Header Ads Widget

Responsive Advertisement
SUDAHKAH ANDA MENSYUKURI KARUNIA TUHAN HARI INI? www.ono.my.id

Resume 17 Pelatihan Belajar Menulis

 Resume 17

Pelatihan Belajar Menulis (14 Desember 2020)



Moderator : Ibu Aam Nurhasanah

Narasumber : Bpk. Dedi Dwitagama


Dedi Dwitagama menjadi bloger sejak 2005 dan beralih ke https://dedidwitagama.wordpress.com/ sejak 2007. Mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta. Pemilik akun Instagram https://www.instagram.com/dwitagama/. Blog di Kompasiana sejak 2008  https://www.kompasiana.com/dwitagama. Akun YouTube beliau https://www.youtube.com/user/dwitagama dengan subscriber hampir 2000 dan 1700 video. 


PERCAYA DIRI DENGAN BLOG PRIBADI


BLOG adalah catatan harian yang diunggah ke internet dalam platform website yg bisa dibaca orang sedunia.

Isi blog bebas tergantung minat dan ide pemiliknya.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri Bloger perlu menulis terus, sampai menemukan macam tulisan yang disukai banyak pembaca.

Terkadang blog mengalami kendala teknis atau sedang maintenance. Di sisi lain ada blog yang bagus menjelaskan solusi untuk masalah-masalah teknis. Jika demikian sebaiknya kita ikuti saja arahan dari blog - blog yang bagus itu untuk menyelesaikan masalah teknis kita.

Berkaitan dengan PJJ saat ini. Blog bisa dibuat seperti dialog atau percakapan dengan murid di kelas. Caranya dengan menggunakan tayangan video, dan link soal untuk latihan atau test serta absen kehadiran murid. Dengan demikian murid akan tertarik mengikuti pembelajaran melalui blog.  Contohnya pada halaman Blog https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/11/16/belajar-mtk-dari-rumah-penjumlahan-dan-penguranna-matriks-kls-x-smkn-50-jakarta/.

Untuk mengetahui keterlibatan atau keaktifan siswa melalui blog kita, bisa menggunakan google form. Dengan goohle form kita bisa melihat respon murid berupa isian daftar hadir dan jawaban tes. Isian daftar hadir dan isian jawaban tes  bisa jadi indikasi keaktifan murid. 

Jika kita tidak ingin tulisan di blog kita dikopas, maka kita bisa mengingatkan pembaca agar mencantumkan blog kita jika akan kopas.

Blog bisa juga dikomersilkan seperti YouTube. Banyak cara bisa ditempuh. Untuk ini bisa ditemukan dengan googling.

Agar blog kita dikunjungi orang, kita hrs sering mengunggah tulisan. Tentang apa saja. Semakin sering kita menulis, maka  semakin banyak pengunjungnya.

Kiat untuk mengatur jadwal atau waktu agar Istikomah dalam blog antara lain dengan menyisihkan  waktu khusus untuk posting. Misalnya sisihkan 30 menit sbelum pulang atau setiap jumat, setelah jumatan tulis artikel. Minimal satu untuk satu minggu. Jika sedang On, bisa menghasilkan beberapa tuliskan, buat schedul agar tulisan itu terbit seminggu sekali. Karena web atau blog yg diupdate sebulan sekali itu masih dianggap hidup.

Blog yg menarik adalah blog yg berisi sesuatu yg kita kuasai dan bermanfaat buat orang banyak. Tidak ada rumus cespleng menulis artikel yg menarik. Kata kuncinya jam terbang. Semakin sering kita menulis, maka tulisan akan semakin menarik.

Agar blog kita banyak dikunjungi pembaca maka kita harus banyak menulis, banyak berkunjung ke blog orang lain dan tinggalkan komentar di blog orang lain.

Nilai otoritas seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) merupakan ukuran untuk mengetahui tingkat kualitasi dari sebuah situs blog maupun website. Entah itu tingkat ranking suatu domain ataupun halaman yang muncul pada mesin pencarian search engine. Cara menikkannya, pelajari statistik blog anda, lihat tulisan mana yg banyak pengunjungnya atau lihat trend di google trend.

Blog, bisa jadi media untuk menaikan level percaya diri seseorang, bisa juga menjadi pundi" penghasilan, dan menjadi benefit "diperjalankan" nikmati keindahan negeri plus menginap di hotel secara gratis.

Blog yg paling dahsyat bisa jadi tempat mencatat perjalanan hidup kita yang sebentar di dunia sebelum pulang, dan ketika karya kita bermanfaat buat org lain maka pahalanya akan terus mengalir kepada kita ... blog berbayar sorga!

Blog juga bisa jadi cara kita meninggalkan jejak .. seperti gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan blog ... karena kalau cuma nama, banyak sekali yang punya nama sama, kalo isi blog tak akan pernah sama.












Posting Komentar

0 Komentar