contoh soal UTS 2 tema 6 kelas 4 (kurtilas)

PEMERINTAH KABUPATEN ..................................
DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
UPT DINDIKPORA KECAMATAN .........................
SD NEGERI :.....................................


ULANGAN TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 20....../20.....

Tema                          : 6. Cita - citaku
Kelas                           : IV ( Empat )
Hari/Tanggal               :
Waktu                         : .................. WIB

PETUNJUK UMUM :
1.        Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2.        Bacalah setiap soal dengan teliti !
3.        Tanyakan kepada gurumu apabila ada tulisan yang tidak jelas!
4.        Periksa kembali pekerjaanmu sebelum deserahkan kepada Bapak/Ibu Guru!
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar !

NO
SOAL
MAPEL
NILAI
1.
CITA – CITAKU
Anganku melayang ke masa depan

Aku ingin menjadi seorang guru

Guru adalah pejuang ilmu digaris depan

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu.

Aku akan  berusaha mencapai cita-cita

Tak kan lelah aku mencari ilmu

Tak kan aku berpangku tangan saja

Demi tercapainya cita-citaku.

Apa yang dimaksud dengan cita cita ?
Bahasa Indonesia
3.6

2.
Sebutkan ciri ciri puisi diatas !
3.
Tulislah bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris dari puisi diatas
4.
Anak ayam   à  ayam dewasa   à telur    à   ayam muda
Tahapan pertumbuhan pada ayam yang benar adalah ....
IPA
3.2

5.
Yang dimaksud dengan daur hidup adalah ....
6.
Daur hidup yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya disebut ....
7.
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah ... dan ....
8.
Perbedaan daur hidup kupu kupu dan belalang adalah ....
9.
Yang dimaksud dengan tempo lagu adalah ....
SBdP
3.2

10.
Lagu kupu- kupu yang lucu menggunakan tempo lagu lento yang artinya ....
11.
Manfaat tempo lagu adalah untuk ....
12.
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Selalu di puja puja bangsa
Tempo lagu yang sesuai dengan lagu diatas adalah ....
13.
Beni asli dari Jogja dan Made dari Bali, mereka mendapat tugas dari guru untuk mencari artikel. Walaupun berbeda suku sikap Beni dan Made ....
PPKn
2.3







14.
Dayu pandai menari, ia bercita cita jadi pelukis, Lani suka menyanyi dia bercita-cita jadi ahli  komputer , Udin suka melukis ia ingin menjadi guru dan Siti suka membaca dia bercita cita menjadi ilmuwan. Kegemaran  yang sesuai dengan cita cita yang diinginkan adalah kegemaran ....
15.
Membaca puisi tanpa menggunakan teks disebut....
Bahasa Indonesia
3.6

16.
Arti tanda // pada sebuah puisi adalah ....
17.
Hal yang harus dilakukan sebelum mendeklamasikan puisi adalah ....
18.
Indonesia memiliki berbagai macam sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam yang memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya adalah ....
IPS
3.2

19.
Sumber daya alam mineral bisa berupa batuan dan bahan tambang. Tiga contoh bahan tambang diantaranya adalah ....
20.
Sumber daya alam harus dijaga kelestariannya. Salah satu usaha menjaga sumber daya alam adalah dengan mengkampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan melalui pembuatan ....
21.
Teknik membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel disebut....
SBdP
3.4

22.
Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat kolase adalah ....
23.
Jenis jenis tumbuhan yang tergolong tanaman pangan antara lain...
IPS
3.1

24.
Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lima contoh hewan ternak diantaranya adalah ....
25.
Hewan liar tinggal dihutan dan taman - taman nasional
Supaya terlindungi dari kepunahan. Tiga contoh hewan liar di Indonesia adalah ....

foto kegiatan anak










contoh RPP kelas 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Kedua
Standar Kompetansi : 5Mendengarkan
                                           Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek
Waktu                          :  2 X 35 menit

 Kompetensi Dasar
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio        

A.    Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menceritakan kembali judul yang didengar
         
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                       
B.     Materi Pokok
§  Berita

C.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berita  dan drama pendek
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menceritakan kembali judul yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio

D.    Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

E.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio!
·  Tentukan-lah Judul berita yang didengar dari televisi atau radio!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                                                     ..................................