menemukan volume air yang tumpah


Hallo Sobat blogger, apa kabar hari ini,
Kali ini saya akan sedikit sharing mengenai cara menemukan volume air yang tumpah seperti gambar di bawah ini. Bagi para guru maupun murid yang sudah memahami mungkin tidak menarik, namun bagi yang murid kelas 6 yang ingin belajar matematika untuk menyelesaikan soal ujian mungkin akan bermanfaat. Mohon maaf ya, bukan maksud saya menggurui, namun hanya sekedar sharing, barangkali bermanfaat. Langsung saja ya Sobat, 
Umpama Sobat menjumpai soal seperti ini;


Untuk mencari volume air yang tumpah dari tabung A pada nomor 34 di atas dengan mudah ada syaratnya. Syaratnya adalah kita perlu memahami rumus volume tabung. Adapun  cara mengerjakannya adalah sebagai berikut;


Pertama kali kita perlu menemukan  volume tabung A, volume tabung B, serta volume tabung C.
Setelah diketahui volume dari masing-masing ketiga tabung tersebut, selanjutnya volume tabung A dikurangi dengan volume dari tabung B dan tabung C.

Baiklah, untuk memulai kita mencari volume dari tabung A menggunakan rumus volume tabung yaitu V = ⫪ x r x r x t = 3,14 x 15 cm x 15 cm x 20 cm = 14.130 cm³.

Setelah volume tabung A diketahui,  selanjutnya kita cari volume tabung B dan tabung C. Mengingat ukuran dari tabung B dan tabung C sama, maka kita cukup menghitung volume dari salah satu tabung tersebut kemudian mengalikan dengan 2.

Adapun volume tabung B dapat dicari menggunakan rumus  V = ⫪ x r x r x t = 22/7 x 7 cm x 7 cm x 20 cm = 3.080 cm³. Volume tabung C sama dengan volume tabung B yaitu  3.080 cm³.

Setelah ditemukan volume dari ketiga bangun tabung tersebut, selanjutnya volume tabung A dikurangi volume tabung B dan tabung C maka dapat ditulis 14.130 cm³ - 3.080 cm³ - 3.080 cm³ = 7.970 cm³.

Dengan demikian volume air yang tumpah air tabung A adalah 7.970 cm³.

Terima kasih atas perhatian, khilaf dan salah mohon dimaafkan. Kritik dan saran silakan ditulis pada kolom komentar di bawah 👇👇👇👇                                                   SELAMAT BELAJAR!

Tidak ada komentar: