Header Ads Widget

Responsive Advertisement
SUDAHKAH ANDA MENSYUKURI KARUNIA TUHAN HARI INI? www.ono.my.id

Resume 12 Pelatihan Belajar Menulis (27 Nopember 2020)

 Resume 12

Pelatihan  Belajar Menulis (27 Nopember 2020)

Oleh: Pono


Narasumber: Yulius Roma Patandean, S.Pd.

Moderator : Aam Nurhasanah

 

Moderator memohon izin mengunci grup supaya diskusi berjalan lancar.

Moderator memperkenalkan narasumber. Beliau adalah salah satu peserta yang bukunya lolos seleksi ke penerbit mayor, dalam program Prof.Ekoji tantangan menulis satu minggu. Salah satu peserta di gelombang 8. Beliau juga ikut dalam antologi KISAH INSPIRATIF SANG GURU dengan kurator Pak Mukminin  dari Kamila Pres.

Moderator mempersilakan narasumber memasuki kelas. 

Buku kedua tulisan kolaborasi dengan prof. Eko  yang akan diterbitkan Penerbit ANDI berjudul FLIPPED CLASSROOM.


Materi malam ini adalah terkait teknis penulisan buku. Narasumber mempersilakan peserta menyimak video di https://youtu.be/eePQwyHAcjw


Jawaban narasumber berdasarkan pertanyaan peserta

Cara agar dapat tetap aktif menulis di tengah kesibukan adalah fokus di akhir pekan dan hari Minggu. Selebihnya, tetap membuat coretan-coretan di HP atau kertas di hari-hari lainnya.

Ukuran margin dari sebuah tulisan sebenarnya tidak mengikat, tapi untuk tulisan ke penerbit Mayor seperti Penerbit ANDI, ukuran kertas A5: 14x21 cm. Narasumber menggunakan margin rata kiri, kanan, atas, bawah masing-masing 2 cm. Jumlah halaman minimal 125 halaman. 

Menulis yang paling sederhana adalah menulis sedikit-demi sedikit, walaupun hanya berupa coretan-coretan outline tentang apa yang menjadi minat kita. Terkait fakta, sebaiknya ada dalam bentuk contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga teori yang kita tulis ada contoh praktisnya. Saat ini narasumber sementara mengajar rekan-rekan di sekolah untuk mulai menulis, dimulai dari yang sederhana cerpen kehidupan sehari-hari dan puisi.

Prinsip dalam menulis, jangan takut salah, nikmati saja alurnya, karena kalimat-demi kalimat yang kita tuliskan pada akhirnya akan saling terkait satu sama lain menghasilkan sebuah makna.















Posting Komentar

0 Komentar