Halaman

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari kesebelas

Guru Belajar

Oleh: Pono, S.Pd.SD



Salah satu program Kemdikbud dalam menyikapi situasi Pandemi Covid-19 adalah memberi kesempatan semua guru meningkatkan kompetensinya dalam memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak-anak. Di masa Pandemi sekarang ini keadaan memang tidak menentu, namun guru harus selalu siap mengelola pembelajaran pada situasi yang tidak seorangpun menghendakinya. 

Kemdikbud mengadakan berbagai program sebagai respon terhadap situasi yang ada. Salah satunya adalah laman Guru Belajar Kemdikbud yang terkoneksi dengan simPKB. Melalui laman Guru Belajar Kemdikbud ini memberi kesempatan seluas-luasnya kepada guru, kepala sekolah serta pengawas sekolah untuk memperluas wawasan melalui program Bimtek maupun Diklat yang dilaksanakan secara daring menggunakan internet.

Teknis pelaksanaannya sangat fleksibel. Peserta tidak harus berada pada satu tempat dalam satu waktu. Peserta dipersilakan memilih jadwal diklat sesuai dengan kesiapannya mengikuti diklat. Jadwal dibuat dalam beberapa angkatan, yakni angkatan 1, angkatan 2, angkatan 3,  dan seterusnya. 

Peserta yang sudah memilih jadwal sesuai dengan kesanggupannya tidak harus mengikuti pelatihan pada hari dan jam tertentu, namun boleh mengikuti dan menyelesaikannya pada waktu luang yang ia miliki asalkan masih dalam rentang waktu sesuai jadwal. Boleh pagi, siang, sore atau malam. 

Untuk mengikuti diklat caranya peserta menelaah materi diklat yang ada dalam kurikulum secara runtut. Dari materi pertama   hingga materi terakhir. Namun sebelumnya peserta mengikuti asesmen pra kegiatan terlebih dahulu. Asesmen pra kegiatan berguna untuk mengetahui kemampuan awal peserta sebelum mengikuti diklat. Setelah menyelesaikan materi ke satu dilanjutkan dengan materi kedua dan seterusnya. Sebagian materi disajikan dalam bentuk tulisan, gambar dan ada juga yang disajikan dalam bentuk video. Ada sedikit perbedaan antara program Bimtek dengan program Diklat. Pada program Bimtek peserta diharapkan betul-betul menguasai konsep yang disampaikan. Sedangkan pada  Pada program Diklat ada tugas yang harus diselesaikan dan mengunggahnya ke laman tersebut. Peserta yang sudah menyelesaikan semua proses dengan baik hingga "asesmen pasca kegiatan" dengan nilai baik berhak atas sertifikat diklat yang dapat diunduh pada waktu yang telah ditentukan.

Beberapa program diklat yang dilaksanakan melalui laman Guru Belajar Kemdikbud antara lain;

  • Seri Masa Pandemi Covid-19, yang terdiri dari program Bimtek dan program diklat

  • Seri Pendidikan Keterampilan Hidup
  • Seri Pendidikan Inklusif
  • Seri Asesmen Kompetensi Minimum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar