Halaman

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keempat

Musyawarah dengan Wali Murid

Oleh: Pono, S.Pd.SD


Di awal-awal  masuknya virus Corona ke Indonesia masyarakat menyikapinya dengan beragam. Anak-anak sekolah serta guru-guru tidak diperkenankan masuk ke sekolah, dengan maksud memutus mata rantai penyebaran covid-19. Berikutnya anak-anak sekolah dan guru-guru boleh masuk dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sekarang anak-anak tidak diperkenankan ke sekolah lagi sedangkan guru masuk ke sekolah dengan cara bergantian. 25% saja yang masuk ke sekolah untuk melakukan kerja dengan pola WFO, sedangkan 75% dari jumlah guru pada sekolah tersebut melaksanakan kerja dengan pola WFH.

Bagi saya kondisi seperti ini tidak menjadi masalah karena hal tersebut merupakan dinamika yang harus terjadi. Banyak pakar yang memikirkan hal tersebut khususnya mengenai kondisi di masa Pandemi yang memang tidak seorang pun menghendakinya.   Terhadap fenomena yang ada kita harus pro aktif mengikuti ketentuan yang berlaku walaupun terkadang mengalami kondisi yang kurang nyaman. Mau di sekolah mau di rumah guru berfikir dan berusaha agar anak-anak memiliki pengalaman belajar yang bermakna di tengah Pandemi. Untuk itu koordinasi antara pihak sekolah dalam hal ini guru dengan murid dan orang tua murid harus berjalan baik.

Untuk menyikapi  situasi yang ada agar anak-anak tetap dapat belajar dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta mematuhi ketentuan dari pihak berwenang maka perlu adanya persamaan persepsi antara guru , murid dan orang tua murid. Untuk itu dilaksanakan musyawarah dengan orang tua murid untuk membahas mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan. 

Sekolah mengundang orang tua murid dengan cara yang berbeda dari masa-masa sebelum Pandemi, yaitu dengan  mengatur jarak tempat duduk agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan, jumlah tempat duduk yang boleh diduduki dalam tiap-tiap ruang, serta mengatur waktu kedatangan agar tidak terjadi kerumunan. Begitu pula cara berjalan menuju ruang musyawarah harus sesuai protokol kesehatan. Di depan pintu gerbang salah satu petugas bersiap mengukur suhu tubuh dari tiap-tiap peserta yang hadir. Alat cuci tangan serta sabun disediakan dan setiap peserta secara bergantian mencuci tangan menggunakan sabun memasuki ruangan. Ruangan yang digunakan telah disemprot dengan disinfektan sebelum orangtua murid hadir. Selesai musyawarah peserta meninggalkan ruangan satu persatu dan berjalan dengan menjaga jarak. Terdengar agak repot, namun itu demi kebaikan bersama semua pihak. 

Hasil dari musyawarah orang tua murid menyetujui program yang hendak dilaksanakan pihak sekolah terkait pembelajaran di sekolah, orang tua murid bersedia menjadi penghubung antara guru dan anak-anak, untuk komunikasi serta diskusi lebih lanjut menggunakan Grup WA.

Setelah musyawarah waktu itu komunikasi banyak dilakukan menggunakan ponsel. Pada umumnya orang tua murid telah memiliki ponsel pintar, sehingga komunikas tergolong mudah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar