contoh soal UTS 2 tema 6 kelas 4 (kurtilas)

PEMERINTAH KABUPATEN ..................................
DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
UPT DINDIKPORA KECAMATAN .........................
SD NEGERI :.....................................


ULANGAN TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 20....../20.....

Tema                          : 6. Cita - citaku
Kelas                           : IV ( Empat )
Hari/Tanggal               :
Waktu                         : .................. WIB

PETUNJUK UMUM :
1.        Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2.        Bacalah setiap soal dengan teliti !
3.        Tanyakan kepada gurumu apabila ada tulisan yang tidak jelas!
4.        Periksa kembali pekerjaanmu sebelum deserahkan kepada Bapak/Ibu Guru!
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar !

NO
SOAL
MAPEL
NILAI
1.
CITA – CITAKU
Anganku melayang ke masa depan

Aku ingin menjadi seorang guru

Guru adalah pejuang ilmu digaris depan

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu.

Aku akan  berusaha mencapai cita-cita

Tak kan lelah aku mencari ilmu

Tak kan aku berpangku tangan saja

Demi tercapainya cita-citaku.

Apa yang dimaksud dengan cita cita ?
Bahasa Indonesia
3.6

2.
Sebutkan ciri ciri puisi diatas !
3.
Tulislah bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris dari puisi diatas
4.
Anak ayam   à  ayam dewasa   à telur    à   ayam muda
Tahapan pertumbuhan pada ayam yang benar adalah ....
IPA
3.2

5.
Yang dimaksud dengan daur hidup adalah ....
6.
Daur hidup yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya disebut ....
7.
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah ... dan ....
8.
Perbedaan daur hidup kupu kupu dan belalang adalah ....
9.
Yang dimaksud dengan tempo lagu adalah ....
SBdP
3.2

10.
Lagu kupu- kupu yang lucu menggunakan tempo lagu lento yang artinya ....
11.
Manfaat tempo lagu adalah untuk ....
12.
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Selalu di puja puja bangsa
Tempo lagu yang sesuai dengan lagu diatas adalah ....
13.
Beni asli dari Jogja dan Made dari Bali, mereka mendapat tugas dari guru untuk mencari artikel. Walaupun berbeda suku sikap Beni dan Made ....
PPKn
2.3







14.
Dayu pandai menari, ia bercita cita jadi pelukis, Lani suka menyanyi dia bercita-cita jadi ahli  komputer , Udin suka melukis ia ingin menjadi guru dan Siti suka membaca dia bercita cita menjadi ilmuwan. Kegemaran  yang sesuai dengan cita cita yang diinginkan adalah kegemaran ....
15.
Membaca puisi tanpa menggunakan teks disebut....
Bahasa Indonesia
3.6

16.
Arti tanda // pada sebuah puisi adalah ....
17.
Hal yang harus dilakukan sebelum mendeklamasikan puisi adalah ....
18.
Indonesia memiliki berbagai macam sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam yang memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya adalah ....
IPS
3.2

19.
Sumber daya alam mineral bisa berupa batuan dan bahan tambang. Tiga contoh bahan tambang diantaranya adalah ....
20.
Sumber daya alam harus dijaga kelestariannya. Salah satu usaha menjaga sumber daya alam adalah dengan mengkampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan melalui pembuatan ....
21.
Teknik membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel disebut....
SBdP
3.4

22.
Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat kolase adalah ....
23.
Jenis jenis tumbuhan yang tergolong tanaman pangan antara lain...
IPS
3.1

24.
Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lima contoh hewan ternak diantaranya adalah ....
25.
Hewan liar tinggal dihutan dan taman - taman nasional
Supaya terlindungi dari kepunahan. Tiga contoh hewan liar di Indonesia adalah ....

foto kegiatan anak










contoh RPP kelas 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Kedua
Standar Kompetansi : 5Mendengarkan
                                           Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek
Waktu                          :  2 X 35 menit

 Kompetensi Dasar
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio        

A.    Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menceritakan kembali judul yang didengar
         
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                       
B.     Materi Pokok
§  Berita

C.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berita  dan drama pendek
§  Kegiatan Inti           :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menceritakan kembali judul yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio

D.    Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

E.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio!
·  Tentukan-lah Judul berita yang didengar dari televisi atau radio!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                       
                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                                                     ..................................


contoh naskah pidato anak

Pidato Sambutan Wakil Kelas 1 – 5

Assalamu’alikum warohmatulahhi wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin wa bihi nasta’in ‘alaa umuriddunya waddin . Assholatu wa salaamu ‘ alaa asrofil anbiyai wal mursalin wa’ alaa alihi wa ashabihi ajma’in. Amma ba’du.
Yang terhormat bapak Pengawas TK/SD kecamatan Pandanarum,
Yang terhormat bapak Kepala Sekolah dan dewan guru SD Negeri 1 Sinduaji,
Yang saya hormati bapak /   ibu wali kelas 6 yang tidak dapat saya sebut satu persatu,
Teman temanku kelas 1 samapi kelas 6 yang saya sayangi.
Pertama – tama marilah kita panjatka puji syukur kehadirat Alloh Subhanahu Wa Ta’ala yang tak henti - hentinya melimpahkan nikmatNya kepada kita sekalian sehingga pada hari yang berbahagia ini kita dapat bermuwajahah dalam acara  perpisahan kelas 6 tahun pelajaran 2016 /2017 tanpa halanagan suatu apa.
Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurah pada nabi panuta kita, Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya manusia  dari jaman jahiliyah kepada sebaik-baik jaman.
Hadirin yang saya hormati,
Perkenankanlah saya selaku wakil dari siswa – siswi kelas 1 sampai kelas 5 menyampaikan ucapan selamat jalan kepada kakak- kakakku kelas 6 yang telah berhasil mengikuti Ujian Sekolah baik teori maupun praktik.
Bapak / Ibu guru yang saya hormati, kami siswa-siswi SD Negeri 1 Sinduaji sangat berterima kasih karena Bapak serta Ibu guru telah membimbing kakak – kakak kelas 6 hingga berhasil mengikuti Ujian Sekolah. Harapan kami semoga pada tahun – tahun berikutnya kami juga akan mengalami keberhasilan seperti kakak – kakakku .
Kakak- kakakku kelas 6, pada kesempatan kali ini perkankanlah saya mengucapkan terima kasih kepada kakak, karena kakak telah dengan ikhlas membimbing serta kami dalam mengikuti berbagai kegiatan di SD Negeri 1 Sinduaji. Keteladanan kakak dalam menaati Bapak/Ibu Guru serta menaati peraturan sekolah akan kami kenang selamanya.
Kakak- kakakku yang saya hormati dan saya sayangi, kami adik – adik kelasmu siswa- siswi SD Negeri 1 Sinduaji mengucapkan kata SELAMAT kepada kakak atas keberhasilan kakak dalam mengikuti pembelajaran di sekolah serta SELAMAT  atas keberhasilan kakak mengikuti Ujian Sekolah.
Kakak- kakakku kelas 6 yang saya hormati dan saya sayangi, tidak lama lagi kakak akan meninggalkan SD Negeri 1 Sinduaji tercinta ini untu mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi lagi. Untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini kami memohon, maafkanlah segala kesalahan kami, adik- adikmu, siswa – siswi SD Negeri 1 Sinduaji baik yang disengaja (karena kebodohan kami), maupun yang tidak sengaja. Kepada kakak saya berpesan, “Ingatlah selalu nasihat Bapak / Ibu Guru SD Negeri 1 Sinduaji, supaya hidup kakak lebih bermakna. Berbaktilah kepada orang tua, jangan pernah menyakiti hatinya, agar doa - doamu terkabul. Gunakanlah ilmu yang kakak dapat di SD Negeri 1 Sinduaji, semoga kakak berhasil mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya”.
Akhir kata saya ucapkan SELAMAT  JALAN kepada kakak – kakak kelas 6 SD Negeri 1 Sinduaji tahun pelajaran 2016/2017. Saya doakan semoga kakak senantiasa dalam lindunganNya serta cita – cita kakak diridloi Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Apabila dalam menyampaikan sambutan ini ada tutur kata yang kurang berkenan, dengan segenap kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Pergi ke hutan mencari mangga,                                                                                                    mangga dicari dapat semangka.  
Untuk dapat hidup bahagia,                                                                                                          
ridlo orang tua itu kuncinya

Pergi ke kota membeli kail,                                                                                                            mampir ke toko beli sulaman.                                                                                                 
Kalau kita ingin berhasil,                                                                                                    
Nasihat guru jadi pedoman

Pergi ke warung membeli kecap,                                                                                                   
kecap tertumpah di atas peti.                                                                                                          
Jika lidah tersalah ucap,                                                                                                         
maaf tuan sangat kunanti.

Billahi taufik wal hidayah,
Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

------------------------------