Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia



LOGO
 
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KAB ...................
UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
 KECAMATAN ...................................
SD NEGERI : ....................
ULANGAN TENGAH SEMESTER ( UTS ) 2
TAHUN PELAJARAN 20...../20....

Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia
Kelas                   :  IV ( Empat )
Hari / Tanggal     : .....................
Waktu                  :  07.30 – 09.00 (90 menit)

PETUNJUK UMUM :
Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar jawaban !
Bacalah petunjuk masing – masing bagian !
Tanyakan kepada gurumu apabila ada tulisan yang tidak jelas !
Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada Bapak/Ibu Guru !

SELAMAT MENGERJAKAN

I.  Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar !

Bacalah pengumuman berikut untuk menjawab soal nomor 1 – 4!


Pengumuman
Dalam rangka menjaga kebersihan sekolah, akan diadakan kerja bakti di lingkungan sekolah pada hari Sabtu, 6 Mei 2006.
Diharap semua warga sekolah ikut serta. Anak laki-laki diminta membawa sabit atau cangkul, sedangkan anak perempuan diminta membawa sapu lidi atau ijuk dan keranjang sampah.
Kelas I, IV, dan VI bertugas membersihkan lingkungan depan sekolah. Kelas II, III, dan V membersihkan lingkungan belakang sekolah. Kerja bakti berlangsung pukul 08.00 sampai 10.30 WIB.
                                   
Ttd

                                                                                                      (Kepala Sekolah)

1.      Isi dari pengumuman di atas adalah ....
A.    pada hari Sabtu, 6 Pebruari 2016 diadakan pengumuman
B.     pada hari Sabtu, 6 Pebruari 2016 akan diadakan kerja bakti
C.     pada hari Minggu, 7 Pebruari 2016 akan diadakan kerja bakti
D.    setiap hari Sabtu diadakan kerja bakti

2.      Berdasarkan pengumuman di atas, alat yang harus dibawa oleh anak laki-laki adalah ....
A.    sapu lidi ata ijuk
B.     sabit atau cangkul
C.     keranjang sampah
D.    ember plastik

3.      Pejabat yang menulis pengumuman di atas adalah ....
A.    Kepala Desa
B.     Kepala Sekolah
C.     Wakil Kepala Sekolah
D.    Bendahara Sekolah

4.      Pengumuman di atas ditujukan kepada ....
A.    Kepala Sekolah
B.     siwa kelas 2 dan 5
C.     semua warga sekolah
D.    penjaga sekolah

Bacalah pantun berikut untuk menjawab soal nomor 5 – 6!

Burung kutilang terbang lepas
Kakak tua memakan roti
Jadi orang  janganlah malas
Di hari tua menyesal nanti

5.      Pantun di atas tmerupakan jenis pantun ....
A.    jenaka
B.     nasehat
C.     anak
D.    percintaan

6.      Isi dari pantun di atas adalah ....
A.    rajin belajar membuat kita pandai
B.     gemar menabung untuk  masa depan yang gemilang
C.     anak yang sombong akan dijauhi teman
D.    orang yang malas akan menyesal di hari tua

7.      Perhatikan pantun di bawah ini!

Berlayar menuju  ke tengah lautan
Lupa membawa perahu dayung
Kasihan anak tak berpengalaman
Bagaikan katak dalam tempurung

Kalimat “ Berlayar menuju ke tengah lautan “ pada pantun di  atas merupakan ....
A.    sampiran
B.     isi pantun
C.     pembuka
D.    pesan pantun


8.      Ayo kawan naik dokar
Pergi ke pasar membeli kencur
..........................................
Agar kelak jadi insinyur

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
A.    Jadi orang janganlah malas
B.     Lupa membawa perahu dayung
C.     Ayo kawan rajin belajar
D.    Membeli buah enak rasanya

9.      Kata bergaris bawah pada pantun di atas mempunyai makna ....
A.    sarjana pendidikan
B.     sarjana teknik
C.     tukang kayu
D.    ahli ekonomi

10.  Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membaca pantun di antaranya adalah dengan lafal dan intonasi yang tepat. Intonasi mengandung arti ....
A.    cara pengucapan kata
B.     pemilihan kata
C.     pemenggalan kata
D.    lagu kalimat

11.  Perhatikan percakapan dalam telepon berikut ini!
Tuti             : ”Halo, selamat pagi.”
Ayah Andri : ”Selamat pagi.”
Tuti             : ”Apakah benar ini rumah Andri?”
Ayah Andri : ”Benar, ini siapa?”
Tuti             : ”Saya Tuti, teman sekolah Andri.”
Ayah Andri : ”O, Tuti. Saya ayahnya.”
Tuti             : ”Apa Andri ada, Pak?”
Ayah Andri : ”Sedang ke toko kue. Ada yang dapat Bapak bantu?”
Tuti             : ”Terima kasih, Pak. Kalau begitu, titip pesan buat Andri.”
Ayah Andri : ”Boleh, pesannya apa?”
Tuti              : ”Andri ditunggu di rumah Kiki pukul 11 siang, akan ada latihan   
                       main drama.”
Ayah Andri  : ”Baiklah, nanti Bapak sampaikan pesannya.”
Tuti               : ”Terima kasih, Pak. Selamat pagi!”
Ayah Andri  : ”Selamat pagi!”

 Pernyataan yanag sesuai dengan percakapan di atas adalah ....
A.    Tuti mengajak Andri ke toko kue
B.     Tuti dan Andri akan berlatih main drama
C.     Tuti dan Andri sedang bermain drama
D.    Tuti bertamu ke rumah Andri

12.  Ucapan  yang pertama kali kita ucapkan ketika melakukan pembicaraan melalui telepon adalah ....
A.    salam/ halo
B.     terima kasih
C.     sampai jumpa
D.    apa kabar

13.  Kalimat yang tepat untuk menyampaikan pesan Tuti kepada Andri berdasarkan percakapan pada soal nomor 11 adalah ....
A.    “Andri, kamu ditunggu Tuti untuk bermain drama di rumah Kiki.”
B.     “Andri, berapa harga kue yang kamu beli?”
C.     “Andri, siapa yang menjaga toko kue?”
D.    Andri menutup toko pada jam 11 siang.

Bacalah teks bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 14 - 15!

Koperasi Sekolah

Koperasi sebagai perwujudan perekonomian berdasarkan asas kekeluargaan merupakan sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai upaya untuk memelihara kesinambungan perkoperasian
di Indonesia, perlu adanya usaha menciptakan kader – kader koperasi yang baik. Kader koperasi dapat diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan langsung yang dapat dilaksanakan di sekolah melalui pendirian koperasi sekolah.
Umumnya, koperasi sekolah didirikan di jenjang pendidikan SD,SMP, hingga SMA. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai koperasi sekolah, ada baiknya kita memahami dahulu apa yang dimaksud dengan koperasi sekolah. Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya para siswa SD, SMP, SMA, madrasah, pesantren, atau sekolah yang setingkat dengan itu.

14.  Kaliamt utama pada paragraf pertama dalam teks bacaan diatas terdapat pada kalimat  ....
A.    pertama
B.    kedua
C.    ketiga
D.    keempat

15.  Berdasarkan bacaan di atas, umumnya koperasi sekolah didirikan pada jenjang pendidikan ....
A.    TPQ dan TK
B.     SD, SMP, SMA
C.     Perguruan tinggi
D.    Luar sekolah

16.  Kata koperasi berasal dari kata “kooperasi”. Arti dari “kooperasi” adalah ....
A.    kekeluargaan
B.     menguntungkan
C.     bekerja sama
D.    kebersamaan

17.  “Supaya kegiatan berjalan dengan lancar, semua peserta dimohon hadir tepat waktu”. Kata yang sama artinya dengan kata dimohon adalah ....
A.    diminta
B.     diundang
C.     disuruh
D.    diperintahkan

18.  Tingginya harga kedelai di pasaran mengakibatkan penghasilan pengusaha tahu menyusut. Bahkan ada di kalangan mereka yang terpaksa gulung tikar dan beralih membuka usaha yang lain. Kata menyusut berantonim dengan kata ....
A.    melambung
B.     mengembang
C.     mengecil
D.    meninggi

19.  Penggunaan kata depan di- yang tepat terdapat pada kata ....
A.    disekolah
B.     di tulis
C.     dimana
D.    di rumah

20.  Penggunaan huruf kapital berikut yang benar terdapat pada kalimat ...
A.    Setiap tahun di jakarta terjadi banjir
B.     Kakakku belajar Universitas Negeri Surabaya
C.     Setiap pagi ibuku pergi ke Pasar
D.    Tadi malam ayah dijemput paman di Bandara

I.  Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Bacalah pengumuman berikut!
Pengumuman

Berhubungan dengan bulan amal, SD Kartini akan mengadakan bakti sosial
ke Panti Asuhan Kasih Bunda. Untuk itu, siswa-siswi SD Mutiara Bangsa diharapkan ikut serta dalam acara ini. Mohon keikhlasannya untuk menyumbang, baik berupa pakaian bekas ataupun uang. Pengumpulannya di ruang kelas V mulai hari ini, paling lambat hari Jum’at, 5 Pebruari  2016. Dikarenakan hasil sumbangan akan diantar ke panti pada hari Sabtu, 6 Pebruari 2016 pukul 08.00 pagi. Kami berharap siswa-siswi dapat ikut serta sebagai dermawan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Bandung, 1 Pebruari 2016
      Kepala Sekolah,


                                                                            (Bambang Suherman)


21.      Pengumuman di atas dibuat pada tanggal ....

22.      Nama instansi yang mengeluarkan pengumuman di atas adalah ....

23.       Perhatikan pantun berikut!
Di sini kosong di sana kosong
Tak ada batang tembakau
Bukan saya berkata bohong
Ada katak memikul kerbau
Pada pantun di atas kalimat “Di sini kosong di sana kosong” dan “Tak ada batang tembakau”  merupakan ....

24.      Lengkapilah pantun berikut!
............................................
............................................
Anak yang malas membaca,
pasti akan sedikit malu.

25.      Perhatikan teks percakapan berikut!
Budi          : “Halo ....”
Paman      : “Halo ....”
Budi          : “Ini Budi, Paman.”
Paman       : “Oh, Budi, ada apa?”
Budi          : “Ini ada pesan dari Ibu, Paman. Tiket kereta untuk ke Jakarta
   sudah dibelikan oleh Ibu. Pesan Ibu, Paman ditunggu Ibu
   di Stasiun Balapan pukul 16.00 WIB.”
Paman      : “Sampaikan pada Ibumu, Paman mengucapkan terima kasih.”
Budi           : “Baik, Paman, nanti saya sampaikan. Sekian dulu, Paman.”
Berdasarkan teks percakapan di atas, pesan Paman kepada Budi adalah ....

26.      Dalam menggunakan telepon rumah perlu memperhatikan beberapa hal di antaranya adalah mengucapkan salam pembuka (misal: halo) pada permulaan dan mengucapkan salam penutup (misal: sampai jumpa) pada akhir pembicaraan. Adapun dalam menyampaikan isi percakapan sebaiknya menggunakan bahasa yang ... dan ....

27.                Orang yang tidak disiplin dan taat peraturan akan terlihat dari perilakunya. Perilakunya tidak tenang seperti biasanya dan pikiran serta hatinya selalu waswas. Contohnya, Badu yang tidak mengerjakan PR. Begitu tiba di kelas, dia terlihat bingung dan selalu bertanya kepada teman-temannya. Padahal, teman lain sedang asyik bermain atau bercengkerama.
          Begitu bel masuk berbunyi dan Pak Guru datang di kelas, dia tampak menunduk dan tidak berani menatap wajah gurunya. Begitu ditanya, dia tampak gugup dan menjawab sekenanya. Setelah ketahuan tidak mengerjakan PR, dia dihukum di depan kelas. Dia malu luar biasa.
( K. Darmadi, 2007)
Kalimat utama pada paragraf pertama dalam bacaan di atas adalah ....

28.      Menurut bacaan pada soal nomor 27 di atas, hal yang menyebabkan Badu berperilaku tidak tenang dan hati serta pikirannya tidak tenang adalah ....

29.      Dalam bacaan pada soal nomor 27 di atas terdapat kata bercengkerama. Bercengkerama mengandung makna ....

30.  pada hari senin, budi dan roni berangkat bersama-sama.
Penulisan kalimat di atas belum sempurna karena belum memenuhi penggunaan huruf  kapital dengan benar. Tulislah kalimat tersebut dengan benar, gunakan huruf kapital dengan tepat!

I. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
     Bacalah pengumuman berikut!
Pengumuman
     Pimpinan dan Redaksi Majalah  Kancil dengan ini memohon  maaf atas dimuatnya cerita
     berjudul ”Asal Mula Tokek” pada majalah Kancil no. 24 Th. XV yang tidak berkenan
     pada pembaca. Tidak ada unsur kesengajaan dan niat jelek dalam pemuatan    cerita tersebut.  
     Kami mohon maaf atas kelalaian dan kekurangcermatan kami.

31. Tulislah isi pengumuman di atas dalam beberapa kalimat.

32. Sebutkan ciri-ciri pantun!

33. Buatlah satu bait pantun jenaka!

34. Jelaskan cara berbicara melalui telepon dengan baik!

35. Bacalah teks bacaan berikut!
                                   Pemberian Ibuku
Pengalaman berharga ini kuperoleh ketika aku berusia 12 tahun. Waktu itu aku sedang belanja di swalayan kecil di kotaku. Ketika antre membayar, kulihat di depanku sebuah keluarga yang kurang berada. Hal ini tampak dari pakaiannya yang usang, baik yang dikenakan ibu maupun kedua anaknya. Saat tiba gilirannya, ia tampak mulai resah.
Ketika kasir menjumlahkan semua, ternyata uangnya tidak cukup. Oleh karenanya, wanita itu menunjuk beberapa barang untuk dikembalikan. Tak kuduga, ibuku mengambil dompet dan memberikan uang kepada wanita itu. Wanita itu sangat kaget. “Saya tidak bisa menerimanya!” kata wanita itu menatap ibuku.
“Kenapa tidak? Anggap saja ini hadiah. Saya lihat semua barang itu benar benar Anda perlukan,” kata Ibu pelan sambil menatapnya dengan lembut, “Jadi, saya harap Anda mau menerimanya.”
Wanita itu kemudian menerimanya. Digenggamnya tangan ibuku sesaat. Dengan air mata berlinang, ia berkata, “Terima kasih banyak. Baru kali ini saya menemui ada orang yang murah hati seperti Anda.”

      Ringkaslah paragraf di atas dalam beberapa kalimat yang sesuai!

  download soal

Contoh makalah 2

Salam literasi,

Bagaimana kabar sobat? Kuharap semua dalam kondisi sehat. Terima kasih sobat sudi mengunjungi situs kami. Kami harap sobat semua merasa betah..... hehehe. Sobat, di sini kami hendak sedikit berbagi dengan teman-teman tentang sedikit yang sudah kami buat. Dengan tujuan ikut mengisi ruang di dunia maya yang kian hari kian merakyat, seolah telah menjadi kebutuhan dasar bagi umat manusia dewasa ini.  

Bukan niat kami hendak menyombongkan diri, namun hanya sekedar berbagi, dengan didorong rasa ingin berguna bagi orang lain yang membutuhkan atau pun yang merasa memiliki minat. Bagi yang tidak berminat kami sangat menghargai keputusan untuk tidak membacanya ataupun melihatnya. 

Kritik dan saran dari sobat pembaca akan sangat bermanfaat bagi kami, bagi pengembangan ke arah lebih baik lagi. Untuk itu janganlah segan untuk memberikan komentar pada kolom komentar setelah membaca tulisan kami.

Kali ini kami berniat untuk berbagi contoh makalah yang kami buat dalam rangka mengikuti perlombaan Guru Berdedikasi di Daerah Khusus kabupaten Banjarnegara provinsi Jawa Tengah. Kami sadar tulisan kami sangat jauh dari kesempurnaan, namun setidaknya dapat menjadi gambaran bagi teman-teman yang baru akan menulis, atau pun menjadi acuan bagi teman-teman untuk menulis yang jauh lebih baik dari ini. 

Akhir kata kami ucapkan selamat membaca, dan jangan lupa mengisi kolom komentar sebagai umpan balik bagi kami.
O ya, di bawah tulisan ini sudah kami sisipkan tombol untuk mengunduh/mendownload. 

Salam literasi.

PROFIL PONO, S.Pd.SD
GURU SD BERDEDIKASI DI DAERAH KHUSUS
SD NEGERI 1 SINDUAJI, KECAMATAN PANDANARUM
KABUPATEN BANJARNEGARA


A.      KONDISI SD NEGERI 1 SINDUAJI
SD Negeri 1 Sinduaji adalah sebuah Sekolah Dasar yang terletak di Desa Sinduaji Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara. Desa Sinduaji sendiri terletak di atas bukit, dan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga di sebelah barat, berbatasan dengan desa Pandanarum di sebelah timur dan selatan serta berbatasan dengan Desa Pasegeran kecamatan Pandanarum di sebelah utara. Untuk mencapai Desa Sinduaji baik dari arah barat, utara maupun timur harus melalui jalan berliku, menanjak dan mendaki dengan kemiringan tanah yang cukup curam. Tak heran jika jalan menuju  Desa Sinduaji cepat mengalami kerusakan karena kemiringan tanah yang cukup curam sedangkan curah hujan sebagaimana di daerah perbukitan yang lain cukup tinggi. Sedangkan pada bagian selatan Desa Sinduaji adalah merupakan tanah perkebunan dengan kemiringan tanah yang cukup terjal dan berakhir pada kali Gintung. Jika musim hujan tiba  sering terjadi  tanah     longsor di sepanjang jalan baik di wilayah Desa Sinduaji maupaun  disekitarnya. Bahkan jalan – jalan utama dikecamatan Pandanarum juga selalu mengalami kerusakan dari tahun ke tahun terutama pada musim penghujan, karena kontur tanahnya yang labil.  Untuk dapat  mencapai wilayah  kecamatan Pandanarum sendiri harus melalui kecamatan Kalibening  di sebelah utara, sedangkan untuk masuk ke wilayah kecamatan Pandanarum dari arah selatan harus melewati hutan pinus dengan kondisi jalan yang cukup sempit dan rusak, bahkan setiap musim angin tiba, banyak pohon pinus tua yang tumbang menutupi jalan sehingga terkadang pengguna jalan harus merunduk di bawah pohon tumbang atau berjalan menyusuri semak di pinggir jalan. Syukurlah penduduk sekitar sangat peduli  dengan kondisi jalan sehingga mereka mau membantu siapa saja yang mengalami kesulitan dengan cara meningkirkan kayu-kayu yang melintang di badan jalan. Sedangkan untuk dapat sampai di wilayah kecamatan Pandanarum dari arah barat harus melewati Desa Sinduuaji yang notabene merupakan daerah terpencil. 
Desa Sinduaji berjarak  7,5 km dari kantor  keccamatan sedangakan dari kota kabupaten berjarak sekitar 60 km. Karena medan yang cukup sulit untuk sampai ke kantor  kecamatan memerlukan waktu sekitar setengah jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Mayoritas penduduk  desa Sinduaji bermata pencaharian sebagai petani, buruh tani dan buruh bangunan.
Sebagian besar penduduk desa Sinduaji merupakan tamatan SD dan ada sebagian yang tidak tamat SD dengan jumlah ± 10%. Sedangkan penduuduk desa Sinduaji yang telah menamatkan sekolah setingkat SMP ke atas ±10%.
 Desa Sinduaji berada pada ketinggian ± 800 mdpl dengan luas wilayah 488,24 ha.  Dengan kemiringan tanah yang cukup tinggi maka sebagian besar petani di desa Sinduaji menanam kayu Albasia, selebihnya kurang lebih 20 persen menanam ketela, padi, jagung serta tanaman palawija lainnya serta sebagai penyadap nira pohon aren.


B.       DEWAN GURU SD NEGERI 1 SINDUAJI
Sejak saya ditugaskan di SD Negeri 1 Sinduaji hingga sekarang, keadaan guru telah mengalami perubahan dengan mutasinya beberapa orang guru baik yang masuk maupun keluar dari SD Negeri 1 Sinduaji. Pada awal saya ditugaskan di SD Negeri 1 Sinduaji yaitu bulan Mei 2009 jumlah tenaga ada 9 orang, terdiri satu orang Kepala Sekolah yaitu Bp. Radi Raharjo, lima orang PNS yaitu Bp. Suyitno yang merupakan guru PAI, Bp. Getun Supriyadi, Bp. Al Ashar, Bp. Waluyo, Bp. Sarwono sebaagai Guru Kelas, dua orang Guru Wiyata Bhakti, yaitu Bp. Rudianto dan Bp. Priyanto, serta Bp. Sudi sebaagai penjaga sekolah.  Kebetulan penempatan saya di SD Negeri 1 Sinduaji saat itu saya tidak sendiri, tetapi ada teman satu angkatan yaitu Bp. Asep Pratomo dari Purworejo. Dengan diregrupnya SD Negeri 2 Sinduaji menjadikan salah satu gurunya yaitu Ibu Titi Suharti masuk ke  SD Negeri 1 Sinduaji sedangkan Bp. Priyanto berpindah ke SD Negeri 3 Sinduaji.
Beberapa  bulan kemudian  setelah saya ditempatkan di Sinduaji jumlah guru di SD Negeri  1 Sinduaji berkurang dengan dimutasinya dua orang guru SD Negeri 1 Sinduaji yaitu Bp. Sarwono dan Bp. Waluyo, kemudian tahun 2010 SD Negeri 1 Sinduaji mendapat tambahan 1 guru yaitu Bp. Sundiyah. Seiring berjalannya waktu satu per satu guru SD Negeri 1 Sinduaji mutasi ke luar, dimulai dengan berpindahnya Bp. Getun Supriyadi  ke lokasi kerja yang baru yaitu ke SD Negeri 3 Wanakarsa, disusul kemudian dengan berpindahnya Bp. Al Ashar ke SD Negeri 2 Lawen. Sedangkan Bp. Sudi pensiun dan digantikan Bp. Aminudin, seorang tenaga Wiyata Bhakti.  Bp. Sriyanto dari SD Negeri 3 Sinduaji masuk menggantikan Bp. Radi Raharjo yang HMT Kepala Sekolah, sedangkan Bp. Radi Raharjo menjadi guru kelas. Pada tahun 2014 terjadi penambahan guru sebanyak dua orang CPNS dari selekksi tenaga Honorer K2 atas nama Bp. Dwi Kahono dan Ibu Norman Yulia.  Selanjutnya Ibu Sundiyah berpindah berpindah ke SD Negeri 3 Adipasir, kemudian disusul Bp.Suyitno yang mutasi ke SD Negeri 3  Lebakkwangi. Pada tahun 2015 Bp. Radi Raharjo pensiun. Selanjutnya pada Pebruari 2016 Bp. Sriyanto dimutasi ke SD Negeri 1 Beji dan digantikan oleh Bp. Sukadar yang sebelumnya menjadi kepala Sekolah di SD Negeri 3 Sinduaji.
Keadaan guru di SD Negeri 1 Sinduaji pada saat ini berjumlah 8 orang, terdiri  dari 5 orang PNS/CPNS dan 3 orang tenaga Wiyata Bhakti/Honorer K2. Kedelapan guru tersebut adalah Bp. Sukadar sebagai Kepala Sekolah, Bp. Pono mengajar kelas 4, Bp. Asep Pratomo sebagai guru Penjas Orkes sekaligus mengampu kelas 3. Dua orang CPNS yaitu Bp. Kahono dan Ibu Norman Yulia mengajar kelas 5 dan kelas 6. Sedangkan ketiga orang tenaga Wiyata Bhakti yaitu Bp. Rudianto mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Ibu Titi Suharti menjadi guru kelas 1, sedangkan Bp. Aminudin sebagai penjaga sekolah sekaligus mengajar kelas 2.        
Dari 8 orang tenaga yang ada di SD Negeri 1 Sinduaji, sebanyak  6 orang sudah memiliki kualifikasi pendidikan S1, 1 orang mempunyai kualifikasi pendidikan setingkat D II, sedangkan 1 orang lagi sedang menempuh pendidikan S1.
Guru-guru PNS/CPNS di SD Negeri 1 Sinduaji rata-rata berdomisili di luar kecamatan Pandanarum, dan menggunakan kendaraan sepeda motor untuk sampai ke lokasi tempat kerja, sedangkan ketiga ornag tenaga Wiyata Bhakti kesemuanya berdomosili di wilayah desa Sinduaji. Untuk memberikan gambaran domisili guru SD Negeri 1 Sinduaji berikut ini saya tampilkan data domisili dan jarak tempuh guru SD Negeri 1 Sinduaji.
NO
NAMA
ALAMAT
Jarak dari rumah ke sekolah
Waktu tempuh dari rumah ke sekolah
1
Sukadar
Lawen
15 km
50 menit
2
Pono
Sijeruk
45 km
1,5 jam
3
Asep Pratomo
Depok
60 km
2 jam
4
Norman Yulia
Pandanarum
3 km
15 menit
5
Dwi Kahono
Sipedang
17 km
30 menit
6
Rudianto
Sinduaji
200 m
-
7
Titi Suharti
Sinduaji
1  km
5 menit
8
Aminudin
Sinduaji
200 m
-



C.      KONDISI SISWA SD NEGERI 1 SINDUAJI
Keadaan siswa SD Negeri 1 Sinduaji sampai tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 112 orang siswa terdiri dari 63 orang siswa laki-laki dan 49 orang siswa perempuan dengan 6 rombel.
Dari jumlah siswa tersebut kebanyakan mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu dengan latar belakang pendidikan orang tua yang rendah sehingga masalah motivasi belajar dan kesadaran akan pentingnya pendidikan di sekolah kami menjadi kendala yang sangat signifikan yang merupakan beban kami yang paling berat bertugas di daerah khusus.

D.      DEDIKASI SAYA DI SD NEGERI 1 SINDUAJI

Kondisi SD Negeri 1 Sinduaji pada saat pertama sangat memprihatinkan. Ruang kelas hanya ada 5 ruang sementara jumlah rombelnya ada 6 rombel dan 1 rumah dinas guru yang kondisinya suda sangat rusak. Keadaan tiga ruaang kelas rusak namun kantor dan ruang kelas satu masih cukup baik. Namun sebagian besar lantai sudah pecah. Bahkan rumah dinas yang juga dijadikan ruang kelas 3 kondisinya sudah sangat parah.
Keadaan ini terasa lebih parah lagi ketika melihat tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan masih sangat-sangat rendah. Itu dapat dilihat dari jumlah  siswa melanjutkan ke jenjang lebih tinggi (SMP) sangat sedikit. Pada Tahun Pelajaran 2008/2009 hanya 1 anak dari SD Negeri 1 Sinduaji yang melanjutkan. Bahkan ada di antara mereka   terutama anak perempuan setelah tamat SD terus menikah.  Bahkan angka putus sekolah SD juga masih tinggi, dan masih banyak warga masyarakat Sinduaji yang tidak sampai menamatkan pendidikannya sampai SD. Sedangkan yang sekolah dengan asal – asalan saja, sekolah asal berangkat. Kalau mau berangkat, kalau  sedang tidak tidak mau ya tidak berangkat. Keadaan seperti ini terjadi hampir di semua kelas, sehingga prestasi siswa dalam hal akademik sangat rendah. Terlebih lagi dengan kenakalan anak  yang cukup tinggi. Hampir setiap hari terjadi perkelahian sesama  siswa, baik perkelahian sesama siswa dalm satu kelas maupun perkelahian anatar kelas. Pernah terjadi dalam satu hari terjadi 5 kasus perkelahian  , antar siswa yang berbeda, sehingga ketika dua siswa berkelahi sedang dilerai, dua atau tiga siswa di tempat yang lain mulai berkelahi. Bahkan setelah pembelajaran dinyatakan selesai pada itu, dan siswa dipersilakan untuk kembali ke rumah masing-masing, di tengah jalan mereka yang berasal dari dusun yang berbeda saling cegat. Sehingga guru disibukkan dengan melerai siswa yang berkelahi dibandingkan dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi maupun karakteristik peserta didik.
Keadaan seperti ini sangat menantang idealisme saya sebagai guru untuk berbuat sesuatu  agar Sinduaji  dapat berubah ke arah yang lebih baik melalui jalur pendidikan. Saya bersama Kepala Sekolah, Dewan  Guru serta Komite Sekolah dan tokoh masyarakat sepakat untuk berusaha menumbuhkan kesadaran warga masyarakat terhadap pentingnya pendidikan. Bahwa pendidikan memegang peran yang sangat strategis untuk memajukan masyarakat.
Namun di dalam intern sekolah saya bersama Kepala Sekolah dan Dewan Guru sepakat mengambil langkah strategis guna mengatasi masalah yang ada di sekolah. Masalah yang menjadi prioritas utama adalah mengatasi masalah perkelahian yang kerap terjadi dengan mengadakan aktifitas fisik yang dapat memupuk kebersamaan dan rasa saling menyayangi serta menjunjung kedisiplinan dan sportifitas di antaranya kegiatan latihan pramuka dan persami bagi siswa kelas 4, 5, dan 6. Sedangkan bagi siswa kelas 1, 2, dan 3 lebih banyak diberi nasihat secara lembut. Dengan diadakannya persami tiap tahun, secara berangsur-angsur masalah perkelahian mulai  hilang, sehingga sekarang hampir tidak ada perkelahian sesama siswa.
 Adapun usaha untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dilakukan dengan sosialisasi  kepada wali murid yang terintegrasi dengan program sekolah yang lain, misalnya acara penerimaan buku rapor kenaikan kelas dan acara perpisahan siswa kelas VI yang sudah dinyatakan lulus. Hal ini juga dilakukan tiap tahun. Hasilnya  pada tahun pelajaran  2014/ 2015 semua siswa yang lulus SD langsug melanjutkan ke tingkat SLTP.
Kami seluruh dewan guru di SD Negeri  Sinduaji sangat menyadari konsekuensi kami yang ditugaskan di daerah khusus dimana sejak tahun 2010, 2012, 2013, 2014 dan 2015 kami guru di Kabupten Banjarnegara yang ditugaskan di daerah khusus menerima Tunjangan Guru Derah Khusus. Semoga fasilitas yang diberikan oleh pemerintah berupa Tunjangan Daerah Khusus dapat sebanding lurus dengan dedikasi yang kami berikan kepada pemerintah khususnya untuk kemajuan dan peningkatan pendidikan di Indonesia.

DOWNLOAD

Pawinihan