Pemilihan Calon Pengurus dan Pengawas KPRI Tanggap

Pemilihan pengurus dan pengawas KPRI Tanggap Pandanarum berlangsung dengan khikmat. 

Pemilihan tahun ini berbeda dengan pemilihan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya acara pemilihan pengurus dan pengawas dilaksanakan di ruangan yang dihadiri oleh pemilih dan calon pengurus serta calon pengawas. Namun pada pemilihan calon pengurus dan pengawas KPRI Tanggap kali ini dilaksanakan di dua tempat. 

Model pemilihan seperti ini dikarenakan masih berada di masa pandemi. Tujuannya agar agenda pemilihan calon pengurus dan pengawas berjalan sesuai jadwal namun tetap dapat menerapkan protokol kesehatan, agar dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Pemilihan calon pengurus dan pengawas dilaksanakan di dua tempat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak aman covid. Jumlah peserta pun dibatasi pada tiap-tiap lokasi. Pemilihan kali ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pemungutan suara dan tahap penghitungan suara.

Pemungutan suara dilaksanakan di sekolah-sekolah tempat anggota koperasi bertugas. Sedangkan penghitungan suara dilaksanakan di aula korwildikpora kecamatan Pandanarum. Tahap pemungutan suara dihadiri oleh guru di lingkup SD masing-masing dan panitia pemilihan. Sedangkan penghitungan suara dihadiri oleh panitia bersama calon pengurus dan pengawas. 

Tahap pemungutan suara dilaksanakan mulai jam 08.00 hingga 12.00, sedangkan penghitungan suara laksanakan jam 13.00 hingga selesai. Adapun teknis pemilihan, panitia berkunjung ke sekolah-sekolah dengan membawa amplop yang berisi surat suara calon pengurus dan calon pengawas serta daftar hadir anggota yang notabene seorang pendidik/tenaga kependidikan di lingkungan korwildikpora kecamatan Pandanarum . Setibanya panitia dengan amplop yang berisi surat suara serta daftar hadir disambut oleh guru di lingkungan sekolah tersebut. Selanjutnya masing masing anggota koperasi yang hadir di sekolah menerima amplop yang berisi surat suara calon pengurus dan surat suara calon pengawas. Kemudian anggota melakukan pemungutan suara dengan cara mencontreng nomor urut calon atau nama calon pengurus dan nomor urut calon atau nama calon pengawas.  Setelah melakukan pencontrengan, anggota memasukan kembali surat suara yang telah dicontreng ke dalam amplop. Selanjutnya panitia membawa amplop berisi surat suara calon pengurus dan surat suara calon pengawas yang telah dicontreng tersebut ke aula korwildikpora kecamatan Pandanarum untuk dilakukan penghitungan suara pada waktu yang telah ditentukan.  

Rapat penghitungan suara dilaksanakan di aula korwildikpora kecamatan Pandanarum setelah rapat pemungutan suara selesai dilaksanakan. Calon pengurus dan calon pengawas menyaksikan penghitungan suara yang dilakukan oleh panitia. Calon pengurus terdiri dari enam orang dan calon pengawas terdiri dari enam orang. Pemilihan calon pengurus dan calon pengawas kali ini untuk memilih calon pengurus dan calon pengawas guna menduduki jabatan pengurus sebanyak tiga orang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara, serta tiga orang mengisi lowongan badan pengawas yang terdiri dari satu orang ketua dan dua orang anggota.

Setelah dilakukan pemungutan dan penghitungan suara dilanjutkan dengan rapat formatur, menentukan penjabat ketua, sekretaris dan bendahara koperasi serta ketua dan anggota Badan Pengawas. Rapat formatur dipimpin penasihat yang juga menghadiri rapat penghitungan suara.

Panitia Pemilihan yang bekerja dengan luar biasa semangat terdiri dari delapan orang guru di jajaran korwildikpora kecamatan Pandanarum, yaitu; 

Ketua : Asep Pratomo, S.Pd. 

Sekretaris : Arif Budi Permana, S.Pd.

Bendahara : Heru Marsongko, S.Pd.

Anggota : 

Arifin Wijaya, S.Pd.SD

Setiawan, S.Pd.

Slamet Suryanto, S.Pd.

Eni Astuti, S.Pd.SD

Sri Wurningsih, S.Pd.SD


Tidak ada komentar: