Cara Menggunakan Google Terjemahan Tanpa Mengetik

Google Translate/Google Terjemahan merupakan salah satu platform google yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain.  Ini tentunya menarik bagi yang ungin mempelajarai makna dari suatu kata maupun kalimat berbahasa asing. Sebagai contoh menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Google Terjemahan memudahkan pengguna dalam hal transliterasi bahasa. Tahukan  kamu, ada hal yang menarik lagi dari Google Terjemahan dalam hal transliterasi yang dapat kita manfaatkan. Google Terjemahan dapat mengubah suara menjadi tulisan, atau sebaliknya mengubah tulisan menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita. 

Bagaimana caranya ?

Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan cara mengubah suara menjadi tulisan pada Gogle Terjemahan. Namun yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman. Teman-teman mungkin mempunyai pengalaman yang berbeda dari apa yang akan saya sampaikan. Walau bagaimanapun apabila ada yang kurang pas dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf kepada semua pembaca blog saya.  Kritik dan saran mungkin akan sangat bermanfaat bagi  saya, jika pembaca sudi melayangkannya. Atas perhatian dari pembaca saya ucapkan terima kasih.

Mengubah suara menjadi tulisan   

  • Buka browser Google Chrome.
  • Temukan titik 9 pada sudut kanan atas pada browser hingga muncul berbagai gambar yang merupakan platform Google. 
  • Geser kursor hingga  terlihat gambar/ikon Google Terjemahan. 
  • Tekan gambar yang menunjukkan platform Google Terjemahan.
  • Pilih bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Ini menandahan bahasa yang akan kita terjemahkan adalah bahasa Indonesia. Karena kita memang akan berbicara dalam bahasa Indonesia. Adapun jenis bahasa pada kolom sebelah kanan menunjukkan bahasa terjemahan.
  • Tekan gambar mikropon pada sebelah kiri bawah pada kolom sebelah kiri.
  • Mulailah berbicara dalam bahasa Indonesia. Maka teks muncul pada kolom sesuai dengan kalimat yang kita ucapkan.  

Demikian ya teman-teman, apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.  Apabila teman-teman ingin berkomentar silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: