Tantangan menulis lomba blog PGRI hari kedua

PEMBELAJARAN  ON LINE, 2 Perbuari 2021

Oleh: Pono, S.Pd.SD




Sejak mengikuti pelatihan Belajar Menulis PGRI gairah menulis jadi meningkat. Dengan gairah menulis itulah saya memberanikan diri mengikuti program menulis setiap hari di bulan Pebruari 2021. Sebenarnya bukan hanya gairah menulis yang ditimbulkan akibat dari mengikuti pelatihan tersebut, namun teknik penyelenggaraan kegiatan pelatihan yang tergolong unik yaitu pelatihan melalui Grup WA,  peserta menuliskan resume pada blog masing-masing peserta.

Terobsesi dari penyelenggaraan pelatihan Belajar Menulis tersebut ditambah pengalaman mengikuti bimtek daring melalui simPKB yang salah satu video materinya menceritakan pembelajaran melalui Grup WA pada jenjang SLTA. Dari pengalaman itulah saya memberanikan diri melaksanakan program pembelajaran on line menggunakan Grup WA, namun tidak sama persis ketika mengikuti pelatihan Belajar Menulis dengan maksud disesuaikan dengan kemampuan anak-anak.

Dari 18 siswa kelas 6 yang mengikuti kegiatan sebanyak 17 siswa. Satu siswa tidak mengikuti tanpa keterangan. Mungkin karena masalah jaringan internet di daerahnya yang kurang stabil. Saya memandu kegiatan dari rumah karena sesuai jadwal hari Selasa saya WFH. Dalam satu pekan saya mendapat jatah tugas WFO sebanyak 2 kali hari Rabu dan Sabtu.



Setelah waktu menunjukkan jam 08.00 saya memasuki kelas maya dan menyapa siswa dengan ucapan salam. Selanjutnya saya memeriksa kehadiran  siswa dengan memerintahkan siswa untuk menuliskan nama masing-masing siswa diikuti kata 'hadir'. Sembilan siswa langsung merespon dengan menyatakan kehadiran dengan menuliskan nama diikuti kata tulisan "hadir".

Siswa yang belum hadir ditunggu selama 15 menit. Setelah 15 menit berlalu saya mengajak siswa berdoa. Jeda untuk membaca doa sekitar 1 menit. Dalam tempo waktu 15 menit tidak semua siswa memasuki kelas maya, namun sebagian besar sudah hadir dan siap mengikuti kegiatan. Hanya beberapa gelintir yang baru mengikuti setelah beberapa menit kegiatan berlangsung. Bagi saya itu tidak masalah untuk takaran anak usia SD karena mungkin kondisinya berbeda.

Setelah berdoa dilanjutkan apersepsi untuk mengkondisikan siswa siap mengikuti pembelajaran. Apersepsi dilakukan dengan mengingatkan siswa akan materi sebelumnya. Untuk ini  saya mengajukan pertanyaan kepada siswa. Saya bertanya kepada mereka tentang KPK dari 9, 12, dan 16. Atas pertanyaan saya beberapa siswa menjawab dengan dengan jawaban yang masih belum tepat. Namun akhirnya ada juga yang menjawab dengan tepat. Saya memberikan reward dan penguatan terhadap jawaban benar siswa agar siswa yang lain memperhatikannya dan menjadikannya sebagai contoh. Reward dilakukan dengan membalas jawaban siswa dengan tanda jempol.  Siswa pun berbondong-bondong mengirim jawaban yang benar. Saya tidak yakin semua siswa telah dapat mengerjakan dengan benar karena kondisi kelas memang selalu bervariasi namun setidaknya mereka telah mengerti dengan belajar dari pengalaman teman bagaimana menjawab soal dengan benar.  

Setelah mengulas pembelajaran pekan lalu, dilanjutkan pembelajaran kali ini yaitu;


 membuat pohon faktor.

Untuk mengetahui kemampuan dasa siswa dalam mengikuti pembelajaran pada materi yang akan dipelajari hari ini siswa   membuat pohon faktor. Saya perintahkan siswa membuat pohon faktor dari bilangan 32.

Peserta yang hadir, langsung menjawabnya. Sebagian jawaban benar, namun sebagian yang lain masih menjawab dengan jawaban yang  belum tepat. Untuk mengetahui kemampuan siswa lebih lanjut dalam membuat pohon faktor saya memerintahkan siswa membuat pohon faktor dari bilangan yang berbeda satu sama lain.    

Di antara siswa yang hadir, 7 siswa telah mampu membuat membuat pohon faktor dan mengirim jawaban dengan benar.  2  siswa mengirimkan jawaban  yang masih belum tepat. Saya mencatat nama-nama siswa yang telah menjawab dengan benar dan memberi penguatan atas jawaban yang benar dengan memberi tanda jempol.

Kedua siswa yang masih menjawab dengan jawaban yang belum tepat saya persilakan memperbaiki jawaban dan mengirim jawaban yang benar ke Grup WA. Hasilnya 1 siswa berhasil memperbaiki dengan mengirim jawaban benar, namun satu siswa masih mengirim jawaban yang belum tepat. Lagi-lagi saya memberi reward atas jawaban benar, sedangkan siswa yang masih menjawab dengan jawaban yang belum tepat dipersilakan memperbaiki jawabannya.

Setelah siswa berlatih membuat pohon faktor, saya menjelaskan faktorisasi prima dari bilangan tersebut. 

Tidak lama berselang saya memberikan tugas  kepada 8 siswa yang sudah menjawab benar dengan menentukan faktorisasi prima dari bilangan yang saya sebutkan untuk menemukan KPK dari bilangan 48 dan 58. Siswa yang belum menuntaskan tugas sebelumnya tidak ikut melaksanakan tugas yang baru, namun masih mengerjakan tugas sebelumnya. Bagi saya belajar matematika bertahap. Kemampuan dalam satu bidang mempengaruhi bidang lainnya.

Setelah siswa mampu mengerjakan dengan benar, saya memberi tugas kedua yaitu menentukan KPK dari 46 dan 52. Siswa pun mengerjakan dan mengirim jawaban. Saya pun memberi penguatan atas jawaban benar. Dalam menggambar pohon faktor dan menulis bilangan berpangkat siswa melakukannya pada kertas kosong dan memfotonya untuk dikirimkan ke Grup WA. Hal ini karena menurut saya agak sulit dilakukan pada sebagian besar ponsel.

Setelah waktu menunjukkan jam 10.00 saya menutup kegiatan pembelajaran dengan 

memberi nasihat kepada siswa untuk terus belajar, 

mengucapkan salam, 

serta memerintahkan siswa membuat laporan kegiatan dengan format yang telah ditentukan.


Banjarnegara, 2 Pebruari 2021

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari kesatu.


Pembelajaran On Line Melalui Grup WA 

Oleh Pono, S.Pd.SD




Salam literasi, 

Halo teman-teman, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengajar kelas 6 di masa Pandemi. Sebagaimana kita ketahui bersama melalui berbagai media massa bahwa dari hari ke hari penyebaran Covid-19 kian meningkat. Ini tentunya menjadikan  keprihatinan bagi semua kalangan tanpa terkecuali para guru, peserta didik dan wali murid. Terlebih dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berimplikasi pada tidak diperkenankannya pembelajaran tatap muka di sekolah menjadikan guru harus berpikir keras dalam menyikapinya. Jangan sampai peserta didik tidak belajar sama sekali dalam kurun waktu berbulan-bulan. untuk itu pembelajaran perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. 

Merubah pola pembelajaran dari yang sudah ada dalam waktu relatif cepat mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, namun setidaknya menjaga semangat belajar peserta didik agar tetap membara. dari semangat inilah diharapkan terbangun kemandirian dan ketabahan dalam menghadapi situasi yang sedang berkembang. Siapa yang mandiri tentunya lebih siap dalam menghadapi persaingan hidup yang terbentang luas di masa depan. Perlu mencari cara  agar peserta didik tetap belajar dengan arahan dan pantauan guru kelasnya. Dengan pantauan guru kelas kegiatan belajar anak akan lebih terarah dibanding dengan hanya diberi perintah tanpa kontrol. Bagaimanapun pembelajaran tatap muka belum bisa dilaksanakan dengan pertimbangan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Menyikapi keadaan yang tidak memungkinkan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka diperlukan alternatif model pembelajaran yang sesuai dengan situasi pandemi covid-19. Solusinya dengan pembelajaran Daring maupun Luring atau dengan menyatukan kedua model kegiatan tersebut menjadi satu. Sebagian dari teman-teman tentunya sudah akrab dengan kedua istilah di atas bukan? Terlebih di masa pandemi.   Kali ini yang akan saya ceritakan adalah mengenai kegiatan pembelajaran dengan cara Daring atau dalam jaringan. yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas internet yang ada. 

Sebelum program pembelajaran daring dijalankan, terlebih dahulu dilakukan persiapan yang dimulai dengan melakukan survei lingkungan terlebih dahulu. Survei dilakukan untuk mengetahui kesiapan dari semua pihak jika program dijalankan. Langkah pertama kali yang dilakukan adalah mendata nomor telepon peserta didik atau orang tua dari peserta didik yang memungkinkan anak bisa mengakses program dengan baik, yakni bisa mengakses internet karena  program akan dijalankan melalui jaringan internet. Disamping mengumpulkan nomor telepon juga dilakukan sesi tanya jawab mengenai kondisi sinyal internet di sekitar tempat tinggal peserta didik. Kapan waktu internet dapat diakses dengan mudah serta berapa jarak dari rumah ke titik di mana internet dapat diakses dengan mudah. Terkadang pada beberapa rumah karena kondisi geografis, internet tidak dapat diakses dari rumah sepanjang waktu.  untuk itu perlu solusi berupa saran atau kesepakatan antara guru, peserta didik dan wali murid.

Setelah pengumpulan data selesai dilakukan, langkah berikutnya menyiapkan perangkat atau media yang akan digunakan. Ada beberapa media yang dapat digunakan, antara lain menggunakan aplikasi Zoom Meeting, YouTube, Blog atau website, serta WA Grup. Dengan berbagai pertimbangan disepakatilah menggunakan salah satu dari media di atas yang paling mudah diakses yaitu WA Grup. Aplikasi Whatsapp memang banyak yang menggunakan untuk komunikasi sehari-hari baik oleh guru maupun wali murid. Dibuatlah WA Grup dengan memasukkan nomor telepon yang dapat diakses oleh semua peserta didik sebagai sasaran. WA Grup digunakan sebagai ganti ruang kelas pada pembelajaran tatap muka. Di dalamnya guru dapat menyampaikan materi , memeriksa kehadiran peserta didik, serta bertanya dan mengevaluasi kinerja, baik kinerja peserta didik maupun pembelajaran itu sendiri. Peserta didik juga bisa menyimak pemaparan materi dari guru, bertanya langsung kepada guru, serta mengirimkan jawaban tugas untuk dievaluasi guru kelas. Begitu pula dengan umpan balik atas jawaban dari setiap tugas yang diberikan.

Sebagaimana pada pembelajaran tatap muka, sebelum dilakukan pemaparan materi,  terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap kehadiran peserta didik. Sebagai insan beragama tentunya sebelum melakukan pekerjaan yang baik dilakukan pembacaan doa. Setidaknya seperti itu situasi kelas pada umumnya yang diterapkan pula pada kelas On Line. Apersepsi dilakukan dengan melayangkan beberapa pertanyaan ringan kepada peserta didik, agar peserta didik dapat menjawabnya dengan cepat serta dapat digunakan sebagai pemanasan sebelum kegiatan inti dimulai. Agar kelas tidak membosankan dan peserta didik tetap memperhatikan, pemaparan materi tidak terlalu lama, namun diselingi dengan pertanyaan - pertanyaan mudah untuk menarik minat dan perhatian peserta didik. Jika ada peserta didik yang perlu bertanya , maka disediakan waktu untuk bertanya dan konsultasi baik terkait pembelajaran maupun mengenai jadwal pengerjaan tugas serta teknik evaluasi. Evaluasi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran On Line adalah dengan mengirimkan Laporan kegiatan Pembelajaran On Line secara sederhana yang dikirimkan langsung ke nomor guru. Tujuannya agar jawaban peserta didik yang beragam tidak menjadikan suasana kacau dalam kelas On Line.  

Demikianlah cerita pembelajaran On Line melalui WA Grup yang saya sharingkan kali ini.

Salam literasi,

Kegiatan Pembelajaran OnLine Via WA Grup


Terinspirasi dari video materi Bimtek Guru Belajar Seri Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan secara daring oleh kemdikbud dan Pelatihan Belajar Menulis PGRI yang diselenggarakan oleh KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog) saya menerapkan pembelajaran On Line melalui aplikasi Whatsapp.

Pembelajaran  dilaksanakan melalui WA Grup. Itulah yang saya lakukan hari ini  dalam mengimplementasikan program WFH (Work From Home). Kelas Maya saya bangun menggunakan WA Grup dengan nama Grup Kelas 6. Pesertanya adalah anak-anakkelas 6. Semua siswa masuk Grup Kelas 6 dengan dengan nomor WA yang mereka miliki. Sebagian menggunakan ponsel milik orang tua. Sebagian masuk menggunakan ponsel yang dianggap milik anak namun disimpan orang tua dan diberikan kepada anak ketika pembelajaran berlangsung.

Kegiatan dimulai jam 08.00 hingga jam 10.30. Pada waktu-waktu yang lalu terkadang pembelajaran diakhiri jam 10.00, namun mengingat materi kali ini cukup ringan, maka durasi diperpanjang.

Materi pembahasan adalah KPK. Pembelajaran dimulai dengan memahami kata kunci yaitu memahami makna dari kelipatan dan persekutuan. Sebagai stimulus agar mereka merasa ringan dalam berpikir disebutkan kelipatan 1 dan kelipatan 2. Selanjutnya anak-anak menyebutkan kelipatan 3 secara runtut. Setelah menyebutkan kelipatan, menentukan  bilangan yang sama, yaitu bilangan yang muncul pada baris bilangan kelipatan 2 dan muncul pada baris  bilangan kelipatan 3. Ditemukannya bilangan tersebut berarti kelipatan persekutuan sudah ditemukan. Untuk menentukan KPK tinggal menemukan bilangan terkecil dari bilangan-bilangan tersebut. Semua anak menjawab dengan cepat, seolah merasa bahwa yang dipelajarinya tergolong mudah.

Dengan cara yang sama anak-anak menentukan KPK dari 6 dan 8, menentukan KPK dari 10 dan 12, menentukan KPK dari 8, 10 dan 12. Kesemuanya dapat dijawab dengan benar. Meski ada satu atau dua yang menjawab kurang benar kemudian diikuti jawaban yang benar. Penguatan dilakukan bagi merespon jawaban anak baik terkait cara penulisan maupun ketelitian agar dalam menuliskan bilangan tidak ada yang tertinggal atau lupa ditulis.

Menentukan KPK dengan satu cara sudah dapat dilakukan selanjutnya menuju ke cara yang lain. Namun kali ini baru permulaan dengan mengenal faktor, bilangan prima dan faktor prima.

Pertama-tama menyebutkan pengertian faktor, disajikan faktor dari 6 dan 8, serta menentukan faktor dari 12 dan 24. Setelah anak-anak dapat menentukan faktor dari 12 dan 24, menentukan banyaknya faktor bilangan 1 dan banyaknya faktor bilangan 2. 

Disajikan urutan bilangan kelipatan 1, anak-anak menyebutkan bilangan-bilangan yang hanya memiliki 2 faktor. Penguatan dilakukan bahwa bilangan yang miliki dia faktor dinamakan bilangan Prima.

Antusias anak-anak tampak jelas dalam pembelajaran, yang tercermin dari kecepatan mereka merespon stimulus berupa pertanyaan dan menanggapi pemaparan materi. Di antara mereka ada yang sudah stand by sebelum pembelajaran dimulai. Dimas bahkan bertanya secara pribadi mengenai apakah pembelajaran on line.akan dilaksanakan. Pertanyaan itu dilayangkan tepat jam 08.00. Dengan spontan saya.pun menjawab bahwa pembelajaran akan dimulai. Saya pun segera membuka WA Grup dan memeriksa kehadiran anak-anak. Sudah separoh anak-anak hadir diikuti anak-anak yang menyusul. Sehingga hampir semua mengikuti pembelajaran dari awal.

Setelah pembelajaran selesai, anak-anak menulis laporan kegiatan di WAGrup dengan format yang sudah ditentukan.


Pemilihan Calon Pengurus dan Pengawas KPRI Tanggap

Pemilihan pengurus dan pengawas KPRI Tanggap Pandanarum berlangsung dengan khikmat. 

Pemilihan tahun ini berbeda dengan pemilihan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya acara pemilihan pengurus dan pengawas dilaksanakan di ruangan yang dihadiri oleh pemilih dan calon pengurus serta calon pengawas. Namun pada pemilihan calon pengurus dan pengawas KPRI Tanggap kali ini dilaksanakan di dua tempat. 

Model pemilihan seperti ini dikarenakan masih berada di masa pandemi. Tujuannya agar agenda pemilihan calon pengurus dan pengawas berjalan sesuai jadwal namun tetap dapat menerapkan protokol kesehatan, agar dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Pemilihan calon pengurus dan pengawas dilaksanakan di dua tempat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak aman covid. Jumlah peserta pun dibatasi pada tiap-tiap lokasi. Pemilihan kali ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pemungutan suara dan tahap penghitungan suara.

Pemungutan suara dilaksanakan di sekolah-sekolah tempat anggota koperasi bertugas. Sedangkan penghitungan suara dilaksanakan di aula korwildikpora kecamatan Pandanarum. Tahap pemungutan suara dihadiri oleh guru di lingkup SD masing-masing dan panitia pemilihan. Sedangkan penghitungan suara dihadiri oleh panitia bersama calon pengurus dan pengawas. 

Tahap pemungutan suara dilaksanakan mulai jam 08.00 hingga 12.00, sedangkan penghitungan suara laksanakan jam 13.00 hingga selesai. Adapun teknis pemilihan, panitia berkunjung ke sekolah-sekolah dengan membawa amplop yang berisi surat suara calon pengurus dan calon pengawas serta daftar hadir anggota yang notabene seorang pendidik/tenaga kependidikan di lingkungan korwildikpora kecamatan Pandanarum . Setibanya panitia dengan amplop yang berisi surat suara serta daftar hadir disambut oleh guru di lingkungan sekolah tersebut. Selanjutnya masing masing anggota koperasi yang hadir di sekolah menerima amplop yang berisi surat suara calon pengurus dan surat suara calon pengawas. Kemudian anggota melakukan pemungutan suara dengan cara mencontreng nomor urut calon atau nama calon pengurus dan nomor urut calon atau nama calon pengawas.  Setelah melakukan pencontrengan, anggota memasukan kembali surat suara yang telah dicontreng ke dalam amplop. Selanjutnya panitia membawa amplop berisi surat suara calon pengurus dan surat suara calon pengawas yang telah dicontreng tersebut ke aula korwildikpora kecamatan Pandanarum untuk dilakukan penghitungan suara pada waktu yang telah ditentukan.  

Rapat penghitungan suara dilaksanakan di aula korwildikpora kecamatan Pandanarum setelah rapat pemungutan suara selesai dilaksanakan. Calon pengurus dan calon pengawas menyaksikan penghitungan suara yang dilakukan oleh panitia. Calon pengurus terdiri dari enam orang dan calon pengawas terdiri dari enam orang. Pemilihan calon pengurus dan calon pengawas kali ini untuk memilih calon pengurus dan calon pengawas guna menduduki jabatan pengurus sebanyak tiga orang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara, serta tiga orang mengisi lowongan badan pengawas yang terdiri dari satu orang ketua dan dua orang anggota.

Setelah dilakukan pemungutan dan penghitungan suara dilanjutkan dengan rapat formatur, menentukan penjabat ketua, sekretaris dan bendahara koperasi serta ketua dan anggota Badan Pengawas. Rapat formatur dipimpin penasihat yang juga menghadiri rapat penghitungan suara.

Panitia Pemilihan yang bekerja dengan luar biasa semangat terdiri dari delapan orang guru di jajaran korwildikpora kecamatan Pandanarum, yaitu; 

Ketua : Asep Pratomo, S.Pd. 

Sekretaris : Arif Budi Permana, S.Pd.

Bendahara : Heru Marsongko, S.Pd.

Anggota : 

Arifin Wijaya, S.Pd.SD

Setiawan, S.Pd.

Slamet Suryanto, S.Pd.

Eni Astuti, S.Pd.SD

Sri Wurningsih, S.Pd.SD


Bab Sesorah


Sesorah utawa pidhato yaiku ngandharake  gagasan/pikiran marang wong liya utawa ing sangarepe wong akeh. Pikirane  dhewe mau bisa arupa panemu, tanggapan, pangajak, apa dene ngabarake sawijining bab. Sesorah kang apik iku menawa maksud utawa gagasan wong kang sesorah gampang dingerteni dening wong kang disorahi utawa dipidhatoni. Mula sesorah kang apik saora-orane nganggo basa kang gampang dingerteni dening wong kang ngrungokake.

Mula saka iku menawa arep sesorah perlu nggatekake perkara-perkara kang bisa njalari "keberhasilan" nalika sesorah. 


Ing ngisor iki salah sijine tuladha naskah sesorah kang ditindakake dening siswa kelas 5 ana ing acara perpisahan kelas 6.


Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sugeng siyang.

Ingkang kinurmatan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kota;

Ingkang kula urmati Kepala SD Negeri 01;

Ingkang kula urmati Bapak lan Ibu Komite Sekolah;

Ingkang kula urmati Bapak lan Ibu Pengawas, Bapak lan Ibu Guru Saha Sedaya tamu undangan;

Ingkang Kula tresnani kakak-kakak kelas,  ingkang sekedhap malih medal saking SD Negeri 01 ngriki saperlu nglajengaken Sinau wonten ing SMP,lan kanca-kanca sedaya.

Mangga sasarengan kita ngonjukaken puji sokur dhateng ngarsanipun Gusti Alloh, ingkang tansah paring kanugrahan lan kanikmatan dhateng kita. Awit ing wekdal menika kita saged kempal lan pepanggihan wonten ing aula sekolah. Ing kawontenan menika, kita badhe ngleksanakaken perayaan perpisahan kelas kanthi sehat wal afiyat.

Bapak,Ibu, kakak-kakak kelas, lan para tamu ingkang saestu kula urmati. Kula minangka wakil adhik-adhik kelas kepareng matur dhumateng kakak-kakak kelas. Ingkang kapisan, kula ndherek bingah amargi sampun lulus lan ngrampungaken pasinaon ing SD Negeri 01 ngriki. Ingkang kapindho, kula  ngucapaken selamat jalan. Mugi- mugi wonten ing SMP  mangke, kakak-kakak kelas saged Sinau kanthi langkung sae lan manggih sukses sarta saged nggayuh nipun. Kajawi saking menika, kula sedaya uga nyuwun pangapunten,   mbokmenawi sadangunipun kita sesrawungan wonten ing SD ngriki wonten kekirangan LAN kalepatan.

Bapak, Ibu, kakak-kakak kelas lan para tamu ingkang Saestu kula urmati. Makaten ingkang saged kula aturaken. Mbokbilih anggen kula matur pinangka wakilipun adik-adik kelas wonten kekiranangan lan  tawi kirang subasita, kula nyuwun pangapunten. Nuwun.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Sugeng siyang.

(Kapethik saka buku Kulina Basa Jawa kelas 6 kaca 85 lan 86, penerbit Intan Pariwara.)




Sesorah, tuladha lan perangan-perangane

Sugeng rawuh para pamaos, mugi-mugi tansah karaharjan

Tuladha sesorah  ana ing acara perpisahan kelas 6 

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kepala Sekolah saha Bapak Ibu Guru ingkang Kula urmati. Kanca-kanca ingkang kula tresnani. 

Puji sokur kula aturaken dhumateng Gusti Ingkang Maha Agung ingkang sampun paring bagas kasarasan dhumateng kita Sedaya. Awit kita saged pepanggihan ing pasamuwan menika. Ing kawontenan menika kita saged kempal kanthi sehat wal afiyat.

Ing ngriki kula minangka wakilipun kanca-kanca kelas enem ngaturaken gunging panueun dhumateng Bapak saha Ibu Guru Awit sampun kersa ngrawuhi pasamuwan ingkang Kula sakanca wontenaken menika. Pasamuwan menika minangka raos sokur lan perpisahan kelas enem ingkang saweg nampi pengumuman lulusan. Pramila ing wekdal menika, kula ngaturaken gunging panuwun dhumateng Bapak saha Ibu Guru ingkang sampun paring tuntunan tuwin panggulawenthah wiwit kula sakanca kelas setunggal dumugi tamat menika. Mugi-mugi Gusti Ingkang Maha Agung tansah paring kawilujengan saha kanugrahan dhumateng panjenengan sedaya.

Salajengipun kula sakanca boten kesupen nyuwun pangaksami bilih wonten kalepatan saha tindak tanduk ingkang kurang Prayogi. Wasana cekap semanten anggen kula matur, bilih wonten kekiranganipun kula nyuwun pangaksami. Nuwun.

Wassalamu'alaikum wr. wb. 

(Kapethik saka buku: Kulina Basa Jawa Kangge Kelas 6, kaca 97 - 98, terbitan Intan Pariwara)


Perangane Sesorah

Ana ing naskah sesorah ing ndhuwur bisa kaperang dadi pirang-pirang werna yaiku;


Salam pambuka

Kang kalebu perangan salam pambuka yaiku:

Assalamu'alaikum wr. wb.


Pakurmatan

Kang kalebu pakurmatan yaiku:

Kepala Sekolah saha Bapak Ibu Guru ingkang Kula urmati. Kanca-kanca ingkang kula tresnani.

Ana kene pakurmatan ditujokake marang Kepala Sekolah, Bapak kan Ibu Guru.


Atur puji sokur marang Gusti Allah

Kang kalebu atur puji sokur marang Gusti Allah ana ing sesorah ing dhuwur yaiku:

Puji sokur kula aturaken dhumateng Gusti Ingkang Maha Agung ingkang sampun paring bagas kasarasan dhumateng kita Sedaya. Awit kita saged pepanggihan ing pasamuwan menika. Ing kawontenan menika kita saged kempal kanthi sehat wal afiyat.


Isine sesorah

Dene kang kalebu perangan isine sesorah yaiku;

Ing ngriki kula minangka wakilipun kanca-kanca kelas enem ngaturaken gunging panuewun dhumateng Bapak saha Ibu Guru Awit sampun kersa ngrawuhi pasamuwan ingkang Kula sakanca wontenaken menika. Pasamuwan menika minangka raos sokur lan perpisahan kelas enem ingkang saweg nampi pengumuman lulusan. Pramila ing wekdal menika, kula ngaturaken gunging panuwun dhumateng Bapak saha Ibu Guru ingkang sampun paring tuntunan tuwin panggulawenthah wiwit kula sakanca kelas setunggal dumugi tamat menika. Mugi-mugi Gusti Ingkang Maha Agung tansah paring kawilujengan saha kanugrahan dhumateng panjenengan sedaya.

Isine sesorah yaiku ucapan maturnuwun marang Bapak lan Ibu Guru kang nggulawenthah wiwit kelas siji tekan tamat sekolah.


Panutuping sesorah

Kang kalebu penutuping sesorah ing dhuwur yaiku;

Salajengipun kula sakanca boten kesupen nyuwun pangaksami bilih wonten kalepatan saha tindak tanduk ingkang kurang prayogi. Wasana cekap semanten anggen kula matur, bilih wonten kekiranganipun kula nyuwun pangaksami. Nuwun.


Salam panutup

Kang kalebu salam panutup yaiku:

Wassalamu'alaikum wr. wb. 


Kang kudu digatekake nalika sesorah

Kang kudu digatekake nalika sesorah yaiku;

1. Swara kudu kudu banter

2. Lafal, vokal, sarta ucapan kudu cetha lan bisa mbedakake aksara. 

3. Nalika maca sesorah kudu ana irama, intonasi, endhek dhuwure swara, alon cepete olehe maca.

4. Solah bawa nalika sesorah kudu trep.


Mbiji sesorah

Aspek kang dibiji nalika mbiji kanca kang lagi sesorah yaiku;

1. Swara

2. Lafal

3. Intonasi

4. Ekspresi



https://www.travelpayouts.com/?marker=414605

Bekerja dan Belajar dengan Asus

ASUS VivoBook 14 (A416) UNTUK BEKERJA BELAJAR DAN BERMAIN

 












ASUS VivoBook 14 A416
Easy portability. Effortless productivity.
One of the world’s smallest all-rounder 14-inch laptops



Untuk kebutuhan bekerja atau bermain, ASUS VivoBook 14 A416 adalah laptop level entri yang memberikan kinerja bertenaga dan visual yang imersif. Layar NanoEdge-nya menawarkan sudut pandang 178° yang luas dan lapisan anti-glare untuk pengalaman yang benar-benar menarik dalam penggunaannya. Sehingga pengguna akan merasa nyaman. Laptop ini didukung oleh prosesor Intel® Core ™ i5 generasi ke-10 dengan RAM hingga 8GB, grafis diskrit NVIDA® MX330, serta pilihan desain penyimpanan ganda dengan SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB mampu memberikan ruang penyimpanan yang besar serta kecepatan dalam urusan baca/tulis.

Mengenai panduan produk dapat diunduh melalui link berikut

👉Download panduan produk


Ada apa sih dengan ASUS VivoBook 14 A416?

ASUS VivoBook 14 A416 memiliki berbagai kelebihan, antara lain;


Fast and Efficient

Dengan prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dan garis diskrit NVIDIA® MX330, ASUS VivoBook 14 A416 Anda menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan efisien.


Store more, do more

ASUS VivoBook 14 A416 memiliki desain ruang penyimpanan berkapasitas besar dan data supercepat sehingga memberi dukungan kepada Anda untuk menghasilkan kinerja lebih unggul. Respon dan waktu yang lebih cepat pada proses Instal aplikasi di SSD, serta menggunakan HDD untuk menyimpan file besar seperti film, koleksi musik dan album foto.


Get wider view of the world

Layar NanoEdge memberi ASUS Vivo 14 A416 area layar yang luas untuk pengalaman yang imersif saat bekerja dan bermain. Pilihan panel hingga resolusi Full HD dengan sudut pandang lebar memiliki lapisan anti-silau untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan dari pantulan dan silau yang mengganggu, sehingga Anda dapat benar-benar fokus pada apa yang sedang Anda hadapi.


Empower Your Dynamic Lifestyle

Dengan bobot keseluruhan hanya 1,6 kg, ASUS VivoBook 14 A416 yang sangat portabel ini terasa ringan sehingga mudah dibawa bepergian. Di samping itu ia mengikuti gaya hidup masa kini yang serba cepat. Mengenai penampilan, ASUS VivoBook 14 A416 terlihat bagus juga karena dilapisi Transparant Silver atau Slate Grey. 


Just touch to log on

Mengakses ASUS VivoBook 14 A416 sangat mudah dan seaman! Dengan sensor3 sidik jari bawaan di touch pad dan Windows Hello, Anda tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap saat membuka laptop. Untuk memulai mengoperasikan  ASUS VivoBook 14 A416 hanya membutuhkan satu sentuhan dari jari Anda.



Reinventing the touchpad

Dengan ASUS NumberPad yang baru, Anda akan terasa Jauh lebih mudah untuk mengetikkan angka. Yaitu cukup mengetuk ikon panel sentuh untuk mengubah panel sentuh menjadi panel angka yang diterangi LED. 



Exactly your type

Penggunaan Keyboard3 full-size dengan backlit pada ASUS VivoBook 14 A416 menjadikannya sempurna untuk bekerja di lingkungan yang minim cahaya. Ia  didesain secara ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh dan key travel 1,4 mm memberikan pengalaman mengetik yang nyaman.


Constantly connected

ASUS VivoBook 14 A416 dilengkapi dengan port UDB-C® 3.2, yang didesain dapat diputar balik yang membuat menghubungkan perangkat semudah mungkin. Ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama! Ini juga mencakup port USB 3.2  Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader-sehingga dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar dan proyektor Anda saat ini dengan mudah. 


Internal protection / HDD protection and chassis enhancements

ASUS ViviBook 14 A416 dilengkapi dengan fitur  peredam getaran HDD E-A-R® untuk melindungi data Anda dari setiap benturan, sementara sasis yang diperkuat meningkatkan pengalaman mengetik dan memungkinkan cover dapat dibuka-tutup dengan satu gerakan yang mulus.


E-A-R® HDD protection

HDD laptop pada umumnya lebih rentan terhadap kerusakan fisik dibandingkan dengan SSD. HDD yang digunakan pada ASUS VivoBook 14 A416 sekarang memiliki fitur peredam guncangan HDD E-A-R® untuk melindungi data Anda dari benturan fisik. Perlindungan hard Drive aktif secara otomatis mendeteksi guncangan dan getaran di ketiga sumbu untuk secara efektif mengurangi kemungkinan kerusakan HDD, sehingga Anda dapat bekerja tanpa khawatir,bahkan dalam.kendaraan yang bergerak.

Reinforced chassis

Penahan logam di bawah keyboard memberikan platform yang jauh lebih stabil saat mengetik dan menggunakan touchpad. Selain memberikan kekakuan struktural, ini juga memperkuat engsel dan melindungi komponen internal.

Reinforced lid

Sisi tutupnya diperkuat dan berfungsi seperti pelindung benturan pada bagian sisi mobil. Ini memberikan dukungan struktural untuk cover, layar, dan engsel.



ASUS VivoBook 14 (A416)Laptop dengan Fitur Modern untuk Semua Kalangan hadir dengan konfigurasi spesifikasi beragam serta fitur modern, VivoBook14 (A416) merupakan laptop yang siap diandalkan oleh berbagai kalangan.

ASUS memperkenalkan VivoBook 14 (A416), sebuah laptop serba bisa yang dapat digunakan oleh semua kalangan. VivoBook 14 (A416) juga merupakan salah satu laptop all-round paling ringkas di dunia yang telah ditenagai oleh prosessor hingga 10th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, serta hadir dwngan Office Pre-Installed. VivoBook 14 (A416) juga hadir dengan berbagai konfigurasi spesifikasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.


"Sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia, ASUS berkomitmen selalu menghadirkan perangkat dengan kualitas tinggi sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik", ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. "VivoBook 14  (A416) merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan. Didukung oleh berbagai teknologi serta fitur terkini, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang selalu dapat diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun."
ASUS VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat andalan bagi semua kalangan. Selain memiliki fitur dan teknologi terkini, VivoBook 14 (A416) juga tampil dengan beragam konfigurasi spesifikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan penggunanya. Untuk kebutuhan bekerja atau bermain, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang memberikan kinerja dan visual imersif.

Simpel dan Ringkas 
ASUS VivoBook 14 (A416) merupakan laptop modern dengan konsep mobilitas tinggi. Itulah mengapa VivoBook 14 (A416) tetap hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobotnya hanya 1,6 kg dan ketebalannya hanya 19,9mm membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, ASUS bahkan menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas.

Salah satu rahasia mengapa VivoBook 14  (A16) dapat memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop 14 inci pada umumnya adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi eksklusif dari ASUS tersebut memungkinkan Bezel layar pada VivoBook 14 (A416) dapat tampil sangat tipis, sehingga laptop ini dapat memiliki scteen-to-body ratio hingga 82%.

Berbicara soal layar, VivoBook 14 (A426) juga telah dibekali dengan layar berukuran 14 inci dengan resolusi hingga full HD. Layar tersebut sangat cocok digunakan baik untuk bekerja maupun untuk menikmati konten multimedia karena sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat.

Ptaktis, Ergonomis, dan Siap untuk berbagai Kegiatan
ASUS VivoBook 14 (A416) dibekali dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit, membuat laptop ini tetap dapat digunakan meski dalam kondisi gelap. Keyboard VivoBook 14 (A416) juga didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal untuk mengetik.

Selain keyboard yang nyaman, beberapa varian VivoBiok 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password.

ASUS telah membekali VivoBook 14 (A416) dengan satu kamera sehingga laptop ini sudah bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar di rumah. Pengguna VivoBook 14 (A416) juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Instaled.

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi dunia.  Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tga aplikasi utama yaitu Word, Excell, dan Powerpoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 jga dapat terus di-update sehingga Anda dapat terbebas dari berbagai ancaman celah keamanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan.

VivoBook 14 (A416) dirancang sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas. Untuk itulah VivoBook 14 (A416) dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio Jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehati-hari. Sementara di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel.

ASUS VivoBook 14 (A416) juga tidak hanya dilengkapi dengan berbagai fitur, tetapi juga memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada sasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 14 (A416) bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

Lebih kencang dan Gesit
ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Konfigurasi dan kemampuan prosesor tersebut membuat VivoBook 14 (A416) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia.

Beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga ditenagai oleh chips grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 14 (A416) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing hingga game kasual.

Agar dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan, VivoBook 14 (A416) hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada media penyimpanan data serta memori. VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR3 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga kapasitas 12GB. Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5*SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, Anda dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini. 

Lebih Mudah dengan MyASUS
Satu lagi kelebihan VivoBook 14 (A416) adalah hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 (A416) dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting. MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Yang paling menarik dari MyASUS  adalah fitur bernama Link to MyASUS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop agar dapat beraktifitas secara lebih produktif. Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.

Tentang ASUS
ASUS merupakan perusahaan  multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Dengan karyawan tersebar di seluruh dunia, termasuk termasuk lebih dari 5.000 profesional di bidang R&D, ASUS memimpin industri teknologi melalui desain serta  inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.

Hadir dengan brand spirit "In Search of Incredible", ASUS berhasil memperoleh berbagai penghargaan sepanjang tahun 2018 termasuk Forbes' Global 2000 Top Regarded Companies, Thomson Reuters' Top 100 Global Tech Leaders, dan Fortune's World's Most Admired Companies. 


ASUS VivoBook 14 (A416) UNTUK BEKERJA BELAJAR DAN BERMAIN