Tantangan menulis lomba blog PGRI hari kedua

PEMBELAJARAN  ON LINE, 2 Perbuari 2021

Oleh: Pono, S.Pd.SD




Sejak mengikuti pelatihan Belajar Menulis PGRI gairah menulis jadi meningkat. Dengan gairah menulis itulah saya memberanikan diri mengikuti program menulis setiap hari di bulan Pebruari 2021. Sebenarnya bukan hanya gairah menulis yang ditimbulkan akibat dari mengikuti pelatihan tersebut, namun teknik penyelenggaraan kegiatan pelatihan yang tergolong unik yaitu pelatihan melalui Grup WA,  peserta menuliskan resume pada blog masing-masing peserta.

Terobsesi dari penyelenggaraan pelatihan Belajar Menulis tersebut ditambah pengalaman mengikuti bimtek daring melalui simPKB yang salah satu video materinya menceritakan pembelajaran melalui Grup WA pada jenjang SLTA. Dari pengalaman itulah saya memberanikan diri melaksanakan program pembelajaran on line menggunakan Grup WA, namun tidak sama persis ketika mengikuti pelatihan Belajar Menulis dengan maksud disesuaikan dengan kemampuan anak-anak.

Dari 18 siswa kelas 6 yang mengikuti kegiatan sebanyak 17 siswa. Satu siswa tidak mengikuti tanpa keterangan. Mungkin karena masalah jaringan internet di daerahnya yang kurang stabil. Saya memandu kegiatan dari rumah karena sesuai jadwal hari Selasa saya WFH. Dalam satu pekan saya mendapat jatah tugas WFO sebanyak 2 kali hari Rabu dan Sabtu.



Setelah waktu menunjukkan jam 08.00 saya memasuki kelas maya dan menyapa siswa dengan ucapan salam. Selanjutnya saya memeriksa kehadiran  siswa dengan memerintahkan siswa untuk menuliskan nama masing-masing siswa diikuti kata 'hadir'. Sembilan siswa langsung merespon dengan menyatakan kehadiran dengan menuliskan nama diikuti kata tulisan "hadir".

Siswa yang belum hadir ditunggu selama 15 menit. Setelah 15 menit berlalu saya mengajak siswa berdoa. Jeda untuk membaca doa sekitar 1 menit. Dalam tempo waktu 15 menit tidak semua siswa memasuki kelas maya, namun sebagian besar sudah hadir dan siap mengikuti kegiatan. Hanya beberapa gelintir yang baru mengikuti setelah beberapa menit kegiatan berlangsung. Bagi saya itu tidak masalah untuk takaran anak usia SD karena mungkin kondisinya berbeda.

Setelah berdoa dilanjutkan apersepsi untuk mengkondisikan siswa siap mengikuti pembelajaran. Apersepsi dilakukan dengan mengingatkan siswa akan materi sebelumnya. Untuk ini  saya mengajukan pertanyaan kepada siswa. Saya bertanya kepada mereka tentang KPK dari 9, 12, dan 16. Atas pertanyaan saya beberapa siswa menjawab dengan dengan jawaban yang masih belum tepat. Namun akhirnya ada juga yang menjawab dengan tepat. Saya memberikan reward dan penguatan terhadap jawaban benar siswa agar siswa yang lain memperhatikannya dan menjadikannya sebagai contoh. Reward dilakukan dengan membalas jawaban siswa dengan tanda jempol.  Siswa pun berbondong-bondong mengirim jawaban yang benar. Saya tidak yakin semua siswa telah dapat mengerjakan dengan benar karena kondisi kelas memang selalu bervariasi namun setidaknya mereka telah mengerti dengan belajar dari pengalaman teman bagaimana menjawab soal dengan benar.  

Setelah mengulas pembelajaran pekan lalu, dilanjutkan pembelajaran kali ini yaitu;


 membuat pohon faktor.

Untuk mengetahui kemampuan dasa siswa dalam mengikuti pembelajaran pada materi yang akan dipelajari hari ini siswa   membuat pohon faktor. Saya perintahkan siswa membuat pohon faktor dari bilangan 32.

Peserta yang hadir, langsung menjawabnya. Sebagian jawaban benar, namun sebagian yang lain masih menjawab dengan jawaban yang  belum tepat. Untuk mengetahui kemampuan siswa lebih lanjut dalam membuat pohon faktor saya memerintahkan siswa membuat pohon faktor dari bilangan yang berbeda satu sama lain.    

Di antara siswa yang hadir, 7 siswa telah mampu membuat membuat pohon faktor dan mengirim jawaban dengan benar.  2  siswa mengirimkan jawaban  yang masih belum tepat. Saya mencatat nama-nama siswa yang telah menjawab dengan benar dan memberi penguatan atas jawaban yang benar dengan memberi tanda jempol.

Kedua siswa yang masih menjawab dengan jawaban yang belum tepat saya persilakan memperbaiki jawaban dan mengirim jawaban yang benar ke Grup WA. Hasilnya 1 siswa berhasil memperbaiki dengan mengirim jawaban benar, namun satu siswa masih mengirim jawaban yang belum tepat. Lagi-lagi saya memberi reward atas jawaban benar, sedangkan siswa yang masih menjawab dengan jawaban yang belum tepat dipersilakan memperbaiki jawabannya.

Setelah siswa berlatih membuat pohon faktor, saya menjelaskan faktorisasi prima dari bilangan tersebut. 

Tidak lama berselang saya memberikan tugas  kepada 8 siswa yang sudah menjawab benar dengan menentukan faktorisasi prima dari bilangan yang saya sebutkan untuk menemukan KPK dari bilangan 48 dan 58. Siswa yang belum menuntaskan tugas sebelumnya tidak ikut melaksanakan tugas yang baru, namun masih mengerjakan tugas sebelumnya. Bagi saya belajar matematika bertahap. Kemampuan dalam satu bidang mempengaruhi bidang lainnya.

Setelah siswa mampu mengerjakan dengan benar, saya memberi tugas kedua yaitu menentukan KPK dari 46 dan 52. Siswa pun mengerjakan dan mengirim jawaban. Saya pun memberi penguatan atas jawaban benar. Dalam menggambar pohon faktor dan menulis bilangan berpangkat siswa melakukannya pada kertas kosong dan memfotonya untuk dikirimkan ke Grup WA. Hal ini karena menurut saya agak sulit dilakukan pada sebagian besar ponsel.

Setelah waktu menunjukkan jam 10.00 saya menutup kegiatan pembelajaran dengan 

memberi nasihat kepada siswa untuk terus belajar, 

mengucapkan salam, 

serta memerintahkan siswa membuat laporan kegiatan dengan format yang telah ditentukan.


Banjarnegara, 2 Pebruari 2021

Tidak ada komentar: