Header Ads Widget

Responsive Advertisement
SUDAHKAH ANDA MENSYUKURI KARUNIA TUHAN HARI INI? www.ono.my.id

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhtujuh

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 450

Oleh : Pono, S.Pd.SD

 

 

Puncak acara peringatan hari jadi kabupaten Banjarnegara dilaksanakan tadi malam, Sabtu, 26 Pebruari 2021 di Pendopo Dipayuda Adigraha. Mengambil tema "Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat, Bahagia Menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera". Bertindak sebagai pembawa acara kali ini adalah Afton dan Desinta yang memandu acara menggunakan bahasa Indonesia dengan logat Jawa Ngapak yang khas membuat penonton merasa betah.

 

Peringatan hari jadi Banjarnegara ke 450 berlangsung dengan hikmat. Acara dimulai jam 8 malam dihadiri Bupati Banjarnegara beserta Ibu dan Wakil Bupati Banjarnegara beserta Ibu. Hadir pula Bupati Banjarnegara periode sebelumnya serta tokoh-tokoh masyarakat Banjarnegara.

Acara peringatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena peringatan kali ini dilaksanakan secara virtual, live via YouTube channel. Serangkaian acara dilaksanakan  di Pendopo Dipayuda Adigraha yang sudah disetting sedemikan rupa sehingga berbagai mata acara dapat berlangsung dengan baik. Hal ini dikarenakan masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Pembawa acara serta hadirin  tampak menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Penonton

Penonton menyaksikan acara dan bergabung dengan  mengakses channel YouTube melalui HP maupun laptop yang terkoneksi internet dari rumah masing-masing sambil minum kopi bersama keluarga tercinta. Walaupun menonton lewat HP namun kemeriahan dan semangatnya dapat dirasakan dari rumah.

Jumlah penonton livestriming  cukup banyak, mencapai lebih dari 13 ribu penonton tadi malam. Antusiasme penonton juga dapat dirasakan dengan banyaknya chatt yang terus mengalir dengan cepat. Banyak di antara nya berupa ucapan selamat hari jadi, sebagian yang lain menyatakan harapan kemajuan Banjarnegara. Tadi siang saat saya membuka channel YouTube tersebut jumlah pengunjung telah mencapai lebih dari 90 ribu.

Mata acara

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ibu Masitoh dan Ibu Istinganah sebagai pembaca Sari tilawah.  Ayat yang dibaca surat Albaqoroh ayat 155 dan surat Ibrohim ayat 7. Dari layar HP tampak dengan jelas hadirin menyimaknya dengan penuh hikmah.

Selepas  pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan doa yang dipimpin Bapak H. Agus Suryo Suripto, S.Ag. M.H. memohon kepada Allah SWT.

Selesai memanjatkan doa ke Hadirat Allah SWT, dilanjutkan penayangan  video tentang Banjarnegara yang berdurasi 2,5 menit. Isi video tersebut mengenalkan Banjarnegara kepada khalayak sejarah, apa yang sudah dilalui serta potensi yang ada. Yang lebih menarik lagi adalah potensi wisata yang ada di Banjarnegara, baik wisata alam maupun wisata budaya.

 

 

Gambar di atas menunjukkan perayaan sebelum Pandemi Covid-19.

Untuk menghibur penonton disajikan persembahan  Dinas Kepariwisataan dan Budaya.

Acara berikutnya adalah sambutan Bupati Banjarnegara yang mengangkat tema "Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat, Bahagia Menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera"

Dilanjutkan pemotongan tumpeng serta pemberian hadiah kepada pemenang lomba K3 (kebersihan, keindahan, kerapian).

Inti acara

Inti acara peringatan hari jadi kabupaten Banjarnegara sesungguhnya adalah Doa Bersama yang dipimpin oleh dai kondang Gus Miftah. Sebelumnya Gus Miftah memang sudah beberapa kali hadir di Banjarnegara. Pada event kali ini Gus tidak hadir secara langsung di Banjarnegara, namun beliau mengisi acara dengan memberikan tausiah serat memimpin doa secara virtual dari Yogyakarta.

Banjarnegara memang kaya akan khazanah budaya. Selepas tausiah dan doa bersama, penonton disuguhi Pagelaran Tari  Warok Kridho Satriya Kencana.

Beberapa karya terbaik anak bangsa berupa vlog ikut disajikan dalam acara tersebut, konten yang disampaikan kebanyakan mengangkat wisata di kabupaten Banjarnegara yang menakjubkan.

"Ayo pada dolan nang Mbanjarnegara".

(Gambar diambil dari laman  https://www.youtube.com/channel/UCTbbEF2tvniXW06O-uzTDyQ)

Banjarnegara, 27 Pebruari 2021 Maghrib

Blog penulis: www.ono.my.id





Posting Komentar

0 Komentar