Tantangan menulis lomba blog PGRI hari kelima

 Alternatif Pembelajaran On Line

Oleh: Pono, S.Pd.SD



Sebelum pembelajaran dengan Grup WA di mas Pandemi dimulai, saya menawarkan  alternatif pembelajaran menggunakan media online. Salah satunya pembelajaran menggunakan media blog. Pembelajaran menggunakan media blog sudah pernah dilaksanakan di kelas 6 tahun silam sebelum Pandemi. Tujuan penggunaan media blog dalam pembelajaran di kelas adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak, serta berlatih menggunakan fasilitas teknologi untuk belajar.

Pembelajaran menggunakan blog di kelas tinggi dirasa membantu  dalam mewujudkan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Itulah sebabnya saya tawarkan model tersebut kepada anak-anak. Pada pembelajaran yang dimaksud penggunaan blog bisa dipadukan platform yang lain seperti google form. Rencananya pengantar dan paparan materi disajikan berbentuk tulisan di blog dengan diselingi video sebagai penguat. Sedangkan latihan soal dan evaluasi disajikan melalui google form. Pertanyaan anak-anak bisa dilakukan melalui kolom komentar blog. 

Pada pembelajaran tatap muka yang lalu anak-anak sudah berlatih menulis di kolom komentar blog, mengirim jawaban ke alamat email, serta mengerjakan soal yang disajikan melalui google form. Sejatinya penggunaan blog sebagai media pembelajaran menyenangkan sudah lebih jauh dikelas 6. Di tahun silam sebelum virus Corona datang menyerang, anak kelas 6 sudah memosting jawaban tugas di blog sudah saya sediakan. Bukan hanya puisi dan rangkuman yang mereka posting namun presentasi kerja kelompok yang  umumnya dilakukan di depan kelas, bisa dilakukan di halaman serta memostingnya dalam bentuk video. Harapan saya penggunaan media blog untuk pembelajaran lebih optimal justru di tengah Pandemi. 

Sebelum rencana program dijalankan, terlebih dahulu melakukan survei untuk mengetahui apakah program dapat berjalan dengan baik atau tidak. Untuk itu saya mengirimkan link postingan blog yang saya miliki berupa materi pelajaran untuk anak usia SD ke Grup WA. Sebagian mambaca melalui link yang saya kirimkan, namun sebagian mengatakan tidak bisa mengakses blog karena kuota internet yang dimiliki hanya bisa mengakses WhatsApp. Oleh karena itu saya putuskan melakukan pembelajaran melalui Grup WA. 

Pada pembelajaran melalui Grup WA yang pertama ada sebagian anak yang tidak bisa mengikuti. Terbukti belum mengirimkan tugas yang saya berikan, akan tetapi menghubungi saya melalui pesan Facebook dan menanyakan tugas hari itu. Tanpa berpikir panjang, saya pun membagikan postingan saya di Grup WA ke pesan Facebook miliknya. Tujuan  saya agar selain memahami kronologis pembelajaran sekaligus mengetahui tugas bagi anak-anak. Mengingat ada dua anak yang belum bisa mengikuti pembelajaran melalui Grup WA, maka pada pertemuan kedua setelah selesai pembelajaran saya pun langsung membagikan postingan saya ke pesan Facebook kedua anak tersebut. Hasilnya kedua anak tersebut mengirimkan tugas sesuai yang diharapkan. Pada pertemuan ketiga semua anak sudah bisa mengakses Grup WA sehingga pembelajaran dilakukan hanya melalui Grup WA.

Manusia merencanakan Tuhan yang menentukan. Seiring berjalannya waktu, di tengah Pandemi yang terus berkecamuk, penggunaan blog justru lebih banyak saya gunakan untuk belajar. Terutama yang sedang saya geluti adalah belajar menulis, yaitu memosting resume pelatihan. 
Guru merupakan sosok teladan bagi muridnya, baik disadari atau tidak. wajar jika ada peribahasa yang mengatakan, "Guru kencing berdiri,murid kencing berlari". Begitu pula dalam hal menularkan semangat belajar dan berkarya. Itulah sebabnya di masa Pandemi ini saya lebih banyak menggunakan waktu untuk belajar melalui pelatihan - pelatihan. Baik yang berbayar maupun gratis. Semoga tulisan saya yang tidak seberapa ini dapat menjadi sebab tumbuhnya semangat belajar bagi yang membaca. 



Banjarnegara, 5 Pebruari 2021 


Tidak ada komentar: