Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keenambelas

 Soal Online Google Form

Oleh: Pono, S.Pd.SD




Pada setiap kegiatan pembelajaran di kelas, guru melakukan penilaian. Penilaian dimaksudkan mengukur ketercapaian target kemampuan siswa yang diharapkan pada  pembelajaran. Jika didapati hasil penilaian pembelajaran sudah sesuai target yang ditetapkan, pembelajaran  dinyatakan berhasil. Sebaliknya jika hasil penilaian pembelajaran belum sesuai target yang ditetapkan, pembelajaran dinyatakan belum berhasil.

Penilaian bisa dilakukan guru ke siswa, kelas atau pembelajaran itu sendiri. Penilaian ke siswa bisa dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa saat pembelajaran atau setelah mengikuti pembelajaran. Penilaian terhadap kelas untuk mengetahui kemampuan siswa secara umum setelah mengikuti pembelajaran. Sedangkan penilaian ke pembelajaran untuk mengetahui proses tindakan yang dilakukan guru di dalam kelasnya.

Pada kegiatan pembelajaran menggunakan blog bisa menerapkan penilaian dengan soal tertulis langsung pada halaman blog, namun bisa juga dengan menggunakan google form. Penilaian dengan soal tertulis langsung di blog, siswa mengerjakannya secara mandiri kemudian mengirimkan jawaban ke guru melalui aplikasi Whatsapp atau melalui email. Penilaian dengan menggunakan google form memungkinkan siswa langsung mengetahui nilai atas hasil pekerjaannya dalam mengerjakan soal latihan. Pada penilaian menggunakan google form, yang tercantum di blog hanyalah tautan atau link menuju lampiran google form. Soal secara keseluruhan berada pada lampiran google form.

Pada penilaian dengan soal tertulis langsung di blog dan siswa mengirimkan jawaban melalui email, guru memastikan bahwa semua siswa mengerti cara mengirim pesan ke alamat email. Sedangkan mengenai mengirim jawaban melalui aplikasi Whatsapp, pada umumnya siswa dapat melakukannya tanpa memerlukan bimbingan khusus. Mengenai mengirim pesan ke alamat email sudah saya tulis pada postingan terdahulu.

Pada kegiatan pembelajaran menggunakan blog, bentuk soal penilaian bisa berupa pilihan ganda, jawab singkat, maupun uraian. Bentuk soal pilihan ganda memungkinkan guru mengoreksi dengan cepat. Pada bentuk  soal pilihan ganda siswa memilih salah satu dari beberapa alternatif jawaban yang tersedia. Siswa membaca dan memahami soal dengan saksama selanjutnya memilih salah satu dari beberapa alternatif jawaban yang tersedia.

Pada bentuk soal jawab singkat, siswa setelah memahami soal selanjutnya menentukan jawaban terhadap soal yang diberikan. Sedangkan pada penilaian pembelajaran menggunakan bentuk soal uraian, siswa harus betul-betul memahami soal yang diberikan.


Tidak ada komentar: