Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhdua

 Cara Membuat Blog Gratisan di  blogspot.com

Oleh: Pono, S.Pd.SD




Untuk membuat akun blogger di blogspot.com, yang pertama dilakukan adalah membuka laman blogger.com dengan cara mengetikkan www.blogger.com pada kolom pencarian google. 

Setelah membuka akun blogger, langkah selanjutnya adalah menekan atau  mengeklik tombol  'sign up' atau buat akun. Masukkan alamat Gmail dan password untuk memasukinya. Maka akan diarahkan pada halaman yang berbeda dari sebelumnya. 

Membuat blog

Tulis nama untuk blog yang akan dibuat. Tidak ada ketentuan soal nama untuk blog baru. Kita bisa membuatnya sesuai selera. Nama blog  akan muncul ketika blog kita dibuka untuk dibaca. Setelah nama untuk blog berhasil kita buat, klik tombol berikutnya, menandakan kita diarahkan ke halaman berikutnya.

Pada halaman yang baru tulis alamat blog yang akan kita buat. Perlu diingat dalam menulis alamat blog, yaitu tidak menulis .blogspot.com karena sistem otomatis menambahkannya. Hal berikutnya untuk diperhatikan adalah alamat ditulis menggunakan huruf kecil serta tanpa adanya spasi di dalamnya. Jika ketika menulis alamat muncul tulisan warna merah (warning), berarti alamat tersebut tidak bisa didaftarkan sebagai alamat blog karena sudah ada yang menggunakan. Dalam kasus ini tulis alamat blog yang baru. Jika sudah klik tombol berikutnya, untuk masuk ke halaman berikutnya.

Tulis nama untuk ditampilkan sebagai identitas blogger. Nama blogger juga bebas. Sesuai selera kita. 

Setelah menulis nama blogger selanjutnya tekan atau klik tombol selesai.

Setelah menekan tombol selesai berarti proses membuat blog sudah berhasil.  Selanjutnya kita tinggal mengisi blog yang kita miliki dengan konten-konten yang bermanfaat.

Cara posting di blog

Untuk membuat postingan di blog, kita harus masuk terlebih dahulu ke akun blog yang sudah kita buat. Caranya ketik pada kolom pencarian google www.blogger.com. Setelah itu klik tombol 'Sign in' atau masuk. Maksudnya adalah masuk ke akun kita. Untuk masuk kita perlu menuliskan alamat Gmail yang sebelumnya digunakan untuk membuat blog. Selanjutnya ketik password.

Setelah berhasil masuk ke akun blogger, tekan atau klik postingan baru. Maka akan diarahkan ke lembar yang berisi postingan dan judul postingan. 

Berikutnya tulis judul postingan pada kolom bagian atas. 

Setelah menulis judul postingan, selanjutnya berpindah ke bawah untuk menulis artikel/konten blog pada kolom isi postingan.

Agar postingan menarik, sisipkan gambar pada postingan. Gambar bisa diletakkan di atas , di tengah, atau di bawah.

Setelah menulis artikel dan menyisipkan gambar, selanjutnyu klik tombol kirim.

Setelah menekan tombol kirim maknanya kita telah berhasil membuat postingan. Postingan tersebut akan dapat dilihat siapapun pengguna internet. 

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat blog gratis di blogspot.com. Semoga bermanfaat.

Salam, 

Banjarnegara, 22 Pebruari 2021, malam.

 Blog penulis: www.ono.my.id

Tidak ada komentar: