Apa kabar sobat blogger semua,, semoga teman-teman semua senantiasa sehat, tidak kurang suatu apa.
Pekerjaan guru setelah melakukan tes kepada peserta didik adalah melakukan analisis terhadap hasil tes peserta didik. Hal ini sudah maklum. Analisis biasanya dilakukan sehabis penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester. Dari analisis ini dapat diketahui siapa saja peserta didik yang perlu mengikuti kegiatan remidial dan siapa saja yang perlu diberikan pengayaan.
Walaupun sebenarnya untuk menentukan siapa saja peserta didik yang perlu remidi dan pengayaan cukup dengan melakukan koreksi terhadap hasil pekerjaan peserta didik. Dengan melakukan analisis perbutir soal dapat memberikan gambaran yang lebih utuh atas kemampuan peserta didik. Misalnya pada soal nomor berapa peserta didik dapat menjawab dengan benar dan pada nomor berapa peserta didik belum bisa menjawab dengan benar. Berapa pertanyaan yang dijawab dengan sempurna, berapa yang belum dijawab dengan sempurna.
Melakukan analisis pada setiap butir jawaban peserta memiliki manfaat, diantaranya;
Mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tes.
Mengidentifikasi Kompetensi Dasar yang dikuasai peserta didik dan yang belum dikuasai peserta didik.
Mengidentifikasi butir soal yang dirasa sulit dan mudah bagi peserta didik.
Sebagai gambaran umum keberhasilan dalam proses pembelajaran melalui alat tes.
Sebagai titik-tolak untuk melakukan tindakan baik berupa remidial maupun pengayaan.
----------
Demikian sekilas pandangan dari saya mengenai analisis perbutir soal. Teman-teman mungkin memiliki pengalaman yang berbeda dari yang sudah saya tuliskan. Dan tentunya memiliki pemahaman yang lebih lengkap mengenai analisis jawaban peserta didik. Apa yang tulis hanyalah sebagai sarana untuk mengingatkan kembali mengenai analisis baik bagi diri saya sendiri maupun bagi teman-teman yang berkenan untuk membacanya. Bagi sebagian yang lain mungkin berguna untuk memotivasi.
Satu hal yang pasti, apa yang sudah saya tuliskan masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kurang lebihnya saya mohon maaf kepada teman-teman pembaca.
Sebarang kritik maupun saran silakan tulis di kolom komentar.
Berikut saya sertakan salah satu contoh analisis jawaban Penilaian Tengah Semester yang barangkali dapat menambah koleksi teman-teman. Bilamana diperlukan silakan dibuka dilihat dan diunduh untuk digunakan.
Google Translate/Google Terjemahan merupakan salah satu platform google yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini tentunya menarik bagi yang ungin mempelajarai makna dari suatu kata maupun kalimat berbahasa asing. Sebagai contoh menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.
Google Terjemahan memudahkan pengguna dalam hal transliterasi bahasa. Tahukan kamu, ada hal yang menarik lagi dari Google Terjemahan dalam hal transliterasi yang dapat kita manfaatkan. Google Terjemahan dapat mengubah suara menjadi tulisan, atau sebaliknya mengubah tulisan menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita.
Bagaimana caranya ?
Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan cara mengubah tulisan menjadi sura pada Google Terjemahan. Namun yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman. Teman-teman mungkin mempunyai pengalaman yang berbeda dari apa yang akan saya sampaikan. Walau bagaimanapun apabila ada yang kurang pas dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf kepada semua pembaca blog saya. Kritik dan saran mungkin akan sangat bermanfaat bagi saya, jika pembaca sudi melayangkannya. Atas perhatian dari pembaca saya ucapkan terima kasih.
Mengubah tulisan menjadi suara
Buka browser Google Chrome.
Temukan titik 9 pada sudut kanan atas pada browser hingga muncul berbagai gambar yang merupakan platform Google.
Geser kursor hingga terlihat gambar/ikon Google Terjemahan.
Tekan gambar yang menunjukkan platform Google Terjemahan.
Pilih bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Ini menandahan bahasa yang akan kita tulis adalah bahasa Indonesia. Karena kita memang akan menulis dalam bahasa Indonesia. Adapun jenis bahasa pada kolom sebelah kanan menunjukkan bahasa terjemahan.
Tulislah kata atau kalimat pada kolom sebelah kiri.
Tekan gambar loudspeaker di sebelah kanan gambar mikropon. Maka suara muncul pada loudspeaker laptop sesuai dengan kalimat yang kita tulis. Suara yang muncul sesuai dengan bahasa yang kita pilih.
Demikian ya teman-teman, apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Apabila teman-teman ingin berkomentar silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Google Translate/Google Terjemahan merupakan salah satu platform google yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini tentunya menarik bagi yang ungin mempelajarai makna dari suatu kata maupun kalimat berbahasa asing. Sebagai contoh menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.
Google Terjemahan memudahkan pengguna dalam hal transliterasi bahasa. Tahukan kamu, ada hal yang menarik lagi dari Google Terjemahan dalam hal transliterasi yang dapat kita manfaatkan. Google Terjemahan dapat mengubah suara menjadi tulisan, atau sebaliknya mengubah tulisan menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita.
Bagaimana caranya ?
Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan cara mengubah suara menjadi tulisan pada Gogle Terjemahan. Namun yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman. Teman-teman mungkin mempunyai pengalaman yang berbeda dari apa yang akan saya sampaikan. Walau bagaimanapun apabila ada yang kurang pas dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf kepada semua pembaca blog saya. Kritik dan saran mungkin akan sangat bermanfaat bagi saya, jika pembaca sudi melayangkannya. Atas perhatian dari pembaca saya ucapkan terima kasih.
Mengubah suara menjadi tulisan
Buka browser Google Chrome.
Temukan titik 9 pada sudut kanan atas pada browser hingga muncul berbagai gambar yang merupakan platform Google.
Geser kursor hingga terlihat gambar/ikon Google Terjemahan.
Tekan gambar yang menunjukkan platform Google Terjemahan.
Pilih bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Ini menandahan bahasa yang akan kita terjemahkan adalah bahasa Indonesia. Karena kita memang akan berbicara dalam bahasa Indonesia. Adapun jenis bahasa pada kolom sebelah kanan menunjukkan bahasa terjemahan.
Tekan gambar mikropon pada sebelah kiri bawah pada kolom sebelah kiri.
Mulailah berbicara dalam bahasa Indonesia. Maka teks muncul pada kolom sesuai dengan kalimat yang kita ucapkan.
Demikian ya teman-teman, apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Apabila teman-teman ingin berkomentar silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari.
Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila.
Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan.
Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Keadilan Sosial bagi
Seluruh Rakyat Indonesia.
1. Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan
suasana kekeluargaan dan gotong-royong.
2. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4. Menghormati hak orang lain.
5. Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri
sendiri.
6. Suka bekerja keras.
7. Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi
kemajuan dan kesejahteraan bersama.
Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari.
Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila.
Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan.
Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kerakyatan yang
Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk
kepentingan bersama.
3. Musyawarah untuk mufakat diliputi oleh semangat
kekeluargaan.
4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang
dicapai sebagai hasil musyawarah.
5. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan
melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
6. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di
atas kepentingan pribadi dan golongan.
7. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan
secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat
manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan
persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari.
Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila.
Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan.
Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia.
1. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan
negara apabila diperlukan.
2. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
3. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan Indonesia.
4. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka
Tunggal Ika.
Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari.
Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila.
Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan.
Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kemanusiaan yang Adil
dan Beradab.
1. Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat
dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta
kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama,
kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial,dan warna kulit.
3. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
4 mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
5. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang
lain.
6. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
7. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
8. Berani membela kebenaran dan keadilan.
9. Mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama
dengan bangsa lain.
Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari.
Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila.
Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan.
Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha
Esa.
Percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama
antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan
Yang Maha Esa.
Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama
dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah
masalah yang menyangkut hubungan pribadi dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan
menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.
Ngandharake isine teks sesorah padha wae karo
njlentrehake pokok-pokok sesorah utawa pidhato. Sadurunge ngandharake isine sesorah, awake dhewe kudu
nggoleki dhisik pokok-pokok sesorah. Sawise pokok-pokok sesorah rampung
ditemtokake banjur dirakit dadi ukara-ukara kang runtut. Ngandharake sesorah bisa dileksanakake mawa tulisan, uga bisa kanthi lesan.
Menawa isine sesorah mau arep diandharake kanthi
lesan, kudu;
·Apal lan ngerti apa sing arep
diandharake
·Angone ngandharake kudu urut
·Ora grogi.
Langkah-langkah kang bisa dilakoni kanggo ngandharake
isine sesorah;
Pitakon:Sapa
wae tamu undangan kang padha rawuh ing perayaan perpisahan kelas iku?
Wangsulan
Ngoko :
Tamu undangan kang padha rawuh ing perayaan
perpisahahn kelas yaiku : Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kota, Bapak lan
Ibu Komite Sekolah, Bapak lan Ibu pengawas.
Krama :
Tamu undangan igkang sami rawuh wonten ing perayaan
perpisahan kelas inggih menika : Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kota,
Bapak kaliyan Ibu Komite Sekolah, Bapak kaliyan Ibu Pengawas.
Padinan :
Tamu undangan sing rawuh neng perayaan perpisahan
kelas yakuwe : Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kota, Bapak karo Ibu
Komite Sekolah, Bapak karo Ibu pengawas.
------------------------
Pitakon: Sapa sing ditresani dening paraga?
Wangsulan
Ngoko :
Sing ditresnani dening paraga yaiku kakak – kakak kelas
sing sedhela maneh metu saka SD Negeri 01 lan kanca-kanca.
Krama :
Ingkang dipun tresnani dening paraga inggih menika
kakak-kakak kelas ingkang sekedhap malih medal saking SD Negeri 01 kaliyan
kanca-kanca.
Padinan :
Sing ditresnani paraga yakuwe kakang-kakang kelas
sing sedhela maning metu sekang SD Negeri 01 karo kanca-kanca.
--------------------------
Pitakon: Kepriye salam pambukane paraga sing sesorah
ing perayaan perpisahan kelas iku?
Wangsulan
Ngoko :
Paraga sing sesorah ing perayaan perpisahan kelas
iku nggunakake salam pambuka arupa tembung, “Assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh” lan “Sugeng siyang”.
Krama :
Paraga ingkan sesorah wonten ing perayaan perpisahan
kelas menika ngginakake salam pambuka arupi tembung, “Assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh” kaliyan “Sugeng siyang”.
Padinan :
Paraga sing sesorah neng perayaan perpisahan kelas
kuwe ngunakna salam pambuka sing rupane, “Assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh” karo “Sugeng siyang”.
-----------------------------
Pitakon: Sawise ngaturake salam pambuka, paraga sing
sesorah ngaturake salam apa maneh?
Wangsulan
Ngoko :
Sawise ngaturake salam pambuka, paraga sing sesorah
ngaturake salam pakurmatan.
(Postingan ini dibuat untuk belajar siswa kelas 6 SD)
..............................................
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh,
Bocah-bocah sing tak tresnani, kepriye kahananmu dina iki. Muga-muga tansah pinaringan sehat wal afiyat. Aamiin,,
Ana ing pasinaon iki kowe padha arep sinau nemokake pokok-pokok isine crita sing wis kokwaca, banjur nyritakna maneh crita mau nganggo basa krama.
Wacanen crita pengalaman ing ngisor iki supaya bisa nemokake pokok-pokok isinwe crita. Sakwuse mangerteni pokok-pokok isine crita banjur critakna maneh crita sing wis kokwaca mau. Olehmu nyritakna maneh aja ngdhep teks iki ya.
Teks pengalaman
Nabrak Pasir
Jenengku Mahesa nanging kanca-kancaku padha ngundang Mahe. Aku duwe kanca akrab, jenenge Yusuf lan Ali. Saben budhal sekolah aku bali bareng amarga manggon ing gang lan RT kang padha. Dina Sabtu, aku lan kancaku arep nonton pertandhingan voli ing lapangan pinggir desa. Aku lan kancaku numpak pit onthel dhewe-dhewe. Sakdurunge mangkat aku ngampiri Yusuf, banjur aku karo Yusuf ngampiri Ali.
"Ayo mangkat nonton bal-balan ing lapangan pinggir desa!"
"Mengko dhisit Mas Mahe, wis padha pamit Bapak lan Ibu apa durung?"
"Yen aku lan Yusuf jelas wis pamit, ta Al?"
"Malah aku disangoni panganan karo ibuku!" Yusuf nambahi.
"Ya wis , takpamit ibuku dhisik."
Ali banjur mlaku menyang mburi arep pamit karo ibune. Sakwise beres kabeh, aku lan kancaku padha budhal menyang lapangan iring-iringan. Aku nang ngarep, Yusuf nang tengah, lan mburi pisan Ali.
"Mandheg dhisik!" Yusuf ngajak mandheg.
"Ana apa Suf?" Takone Ali.
"Leren dhisik ngisor wit ringin kae!"
"Arep apa?"
"Biasa, mangan dhisik!" Kandhane Yusuf karo ngetokake buntelan ing tas kresek.
"Ya wis , ayo minggir dhisik!" Aku manut marang Yusuf.
Yusuf ngetokake buntelan isi panganan. Isine gethuk goreng lan gedhang goreng. Aku lan kancaku padha mangan breng-bareng kaya sedulur dhewe. Ora ana rasa ewuh amarga wis suwe anggonku kekancan. Mangan lan ngombe bebarengan wis lumrah. Mula aku lan kancaku katon rukun. Ora tau padha sulaya.
"Ngomong-ngomong wis padha gawe PR Matematika sing kudu dikumpulke sesuk?" Ali takon karo mangan gedhang goreng.
"Wis dadi to, Al. Bali sekolah langsung takgawe."
"Aku durung. Kowe pancen sregep tur pinter, Mas Mahe. Pantesan bijimu apik-apik terus. Jawab Yusuf.
"Ya wis, mengko bengi sinau bareng ning omahe Mas Mahe. Supaya bijine dhewe ora pas-pasan terus." Kandhane Ali.Aku lan kancaku amung bisa ngguyu jalaran Ali kerep ngajak sinau bareng, nanging dheweke ora gelem teka.
Bubar mangan, Ali katon seger. Cepet-cepet dhewekke nggenjot pit onthel. Aku lan Yusuf sing lagi mbuwang larahan panganan, wis ditinggal Ali.
Aku lan Yusuf banjur bebarengan nututi Ali. Pit onthel tak genjot rada rikat. Nanging Ali wis ora katon.
"Ali kok wis nggeblas ya Suf? takonku.
"Wis entek gedhang goreng telu karo gethuk, mulane langsung nggeblas, Mas. Ha ha ha!" Aku melu ngguyu krungu tembunge Yusuf. Aku lan Yusuf banjur neruske laku, mlipir dalan menyang lapangan kang isih rada adoh. Nalika tekan prapatan cedhak lapangan, akeh wong padha ngumpul ing pinggir dalan. Aku lan Yusuf banjur minggir melu nonton. Aku kaget nalika ngerti ana bocah kang dibopong wong lanang ing pinggir dalan. Luwih kaget maneh jalaran bocah sing dibopong mau jebul Ali.
"Piye ta, Al" takon Yusuf. Ali meneng bae karo mringis amarga sikil lan tangane tatu.
"Wis Suf, ora perlu nyalahake Ali."
"Ditabrak apa mau Al?" takone Yusuf.
"Ora ana sing nabrak."
"La terus , kok isa tiba?"
"Aku nabrak gundhukan pasir," kandhane Ali lirih karo nahan perih tatune.
"Ya wis, saiki mampir Puskesmas dhisik, terus nonton bal-balan," aku mrenahke Ali.
Aku lan Yusuf ngeterake Ali menyang Puskesmas cedhak prapatan. Tekan Puskesmas Ali banjur diobati dokter. Aku banjur maturnuwun marang dokter amarga wis ditulungi kanthi gratis utawa ora mbayar.
Ali Mesem rada isin banjur crita nalika tiba. Kabeh padha ngguyu jalaran Ali tiba nabrak pasir ing pinggir dalan amarga arep cepet-cepet tekan lapangan.
"Yen wis tekan lapangan dhisik karepku arep ngumpet. Dimen Mas Mahe lan Yusuf padha bingung nggolekki aku!" Jare Ali sakwise metu saka Puskesmas.
"Mulane ra sah kemaki!" Yusuf nyindhir Ali. Aku, Yusuf lan Ali padha ngguyu kabeh banjur neruske laku nonton voli nganti rampung.
(Kapethik saka buku Remen Basa Jawi SDMI Kelas VI kaca 35 tekan 37)
Sakwuse maca teks, ayo golekana pokok-pokok isine crita ing dhuwur
Semoga sobat semua dalam keadaan sehat wal afiyat, seta senantiasa dalam lindunanNya... Aamiin,
Kali ini saya mau sharing tentang pemanfaatan salah satu platform google yaitu google jamboard di kelas SD.
Adanya akun belajar.id merupakan anugerah yang luar biasa bagi insan pendidikan baik guru maupun siswa. Terlebih di saat pandemi yang masih bergejolak, dimana guru dan siswa berkomunikasi secara terbatas. Akun belajar.id merupakan salah satu produk dari Google yang dapat dimanfaatkan secara luas pada pendidikan sekolah.
Salah satu platform yang dapat digunakan untuk pembelajaran online adalah Google Jamboard. Google Jamboard diibaratkan papan tulis digital yang digunakan di kelas maya. Penggunaannya dapat dipadukan dengan platform google yang lain. Salah satunya adalah Google Classroom.
Lalu bagaimana untuk memulainya???
Dalam hal ini kita harus memastikan bahwa akun belajar.id milik siswa maupun guru sudah aktif. Jika ada satu atau dua yang belum aktif, sebaiknya guru mengaktifkannya terlebih dahulu.
Setelah semua akun belajar.id milik siswa dan guru aktif, barulah melakukan langkah persiapan tahap demi tahap.
Singkronkan akun belajar.id pada perangkat selular/smartphone masing-masing, baik guru maupun siswa. Penggunaan perangkat smartphone yang berbeda-beda mungkin akan memperlambat penyelesaian proses singkronisasi akun pada perangkat selular.
Membuat Room kelas maya di Google Classroom
Untuk memudahkan dalam penggunaan serta pemantauan aktifitas siswa, sebaiknya smartphone sudah terinstal aplikasi Google Classroom. Untuk mendapatkannya mudah saja, yaitu dengan mengunduhnya melalui playstore pada perangkat android. Setelah aplikasi terinstal, kita bisa langsung memulai langkah membuat kelas maya. Kelas dapat kita namai sesuai kelas yang kita ampu, misalnya kelas 6, kelas 5, kelas 4, dsb. sesuai keinginan kita.
Memasukkan Akun Siswa sebagai Anggota dalam kelas maya
Setelah room kelas maya terbentuk dengan nama yang mudah dikenal atau dingat oleh siswa, selanjutnya memasukkan akun belajar.id milik siswa kedalamnya. Kita undang siswa melalui akun belajar sebagai anggota. Dengan mengundangnya, siswa berkesempatan untuk memasuki ruang kelas maya yang kita buat. Undangan terkirim kepada siswa melalui pesan masuk pada akun Gmail berupa tautan. Siswa dapat menyetujui dan memasuki kelas maya melalui tautan tersebut.
Mengecek Keaktifan siswa Dalam kelas maya
Siswa yang sudah masuk ke kelas maya dapat kita pantau melalui aplikasi Google Classroom. Untuk memastikan siswa sedang aktif atau tidak, bisa kita adakan diskusi pada menu forum. Pada menu forum semua anggota bisa saling berkomentar dan menyampaikan pendapat berupa chat.
Membuat Projek / Tugas
Guru membuat rencana projek, sebelum mengirimnya ke kelas maya.
Mengirim Tugas ke kelas maya
Untuk menyampaikan tugas kepada siswa di kelas maya cukup dengan menulis chat di menu forum atau menu tugas. Tugas yang disampaikan dapat disertai lampiran atau tanpa lampiran sesuai karakteristik tugas yang sudah disiapkan.
Menyiapkan Papan Tulis Digital/Jamboard
Setelah menyiapkan tugas untuk siswa, selanjutnya menyiapkan papan tulis digital/jamboard untuk dibagikan kepada masing-masing siswa. Jamboard dikirimkan ke kelas maya pada menu forum. Setelan jamboard yang dikirim dipastikan agar hanya satu akun siswa yang dapat mengedit. Pada tiap-tiap jamboard dinamai sesuai nama siswa.
Mengirimkan Jamboard ke Kelas Maya
Papan tulis digital yang sudah disiapkan untuk masing-masing siswa dikirim ke kelas maya pada menu farum. Semua jamboard dikirim ke forum untuk diakses oleh masing-masing siswa.
Siswa mengerjakan tugas pada Papan Tulis Digital/ Jamboard
Siswa mengakses jamboard melalui tautan pada kelas maya. Dengan mengakses tautan tersebut siswa akan dibawa ke akun Jamboard untuk mengerjakan tugas.
Memantau Aktifitas Siswa melalui aplikasi Google Jamboard
Aktifitas siswa pada jamboard dapat dipantau guru sebagai owner jamboard tersebut secara on time. Dengan membuka aplikasi jamboard guru dapat melihat hasil karya siswa serta mengetahui siswa yang sedang mengerjakan. Sekaligus memberikan penilaian. Namun dalam hal ini penilaian dilakukan secara terpisah. Artinya guru memberikan penilaian setelah melihat hasil kerja siswa dan menuliskan nilainya pada daftar nilai.
Dengan diberlakukannya PPKM, pemerintah berharap jumlah kasus penyebaran Covid 19 di masyarakat semakin berkurang. Bukan hanya pemerintah, sebagian besar warga negara tentunya berharap demikian. Situasi pandemi yang terus berlanjut memang menjadikan sebagian orang mengalami kejenuhan. Namun ketidakpastian masa depan memaksa manusia untuk berdamai dengan suasana. Implikasinya manusia harus menyesuaikan diri dengan situasi yang sedang berlangsung dengan melakukan perubahan perilaku dalam hidup dan kehidupannya. Perubahan perilaku manusia menghasilkan kebiasaan baru yang kerap disebut "New Normal".
Di era "New Normal" manusia harus mau berubah agar tetap eksis dalam kehidupannya. Hidup memang selalu berubah, kehidupan terus berubah. Zaman berubah. Agar tidak tergerus oleh perubahan zaman, manusia harus belajar dari perubahan itu sendiri. Sejak dahulu nenek memelajari perubahan. Baik perubahan alam maupun perubahan pada diri manusia. Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa untuk menghadapi perubahan zaman manusia harus terus belajar. Belajar sepanjang hayat.
Manusia dididik agar mau terus belajar. Pendidikan dan pengajaran merupakan dua hal yang senantiasa seiring sejalan. Di era 'New Normal", proses pendidikan dan pengajaran mengalami perubahan. Jika di masa sebelum pandemi siswa terbiasa berinteraksi dengan guru maupun siswa lain secara langsung setiap hari. Di masa pandemi aktifitas ini dikurangi. Teknik pembelajaran pun berubah. Semula guru dan siswa melakukan pembelajaran tatap muka di kelas setiap hari, kini siswa lebih banyak belajar dari rumah masing-masing. Kegiatan ini disebut sebagai "Belajar Dari Rumah" atau BDR.
Dalam pelaksanaan BDR guru dan siswa memerlukan sarana guna menunjang keberlangsungan komunikasi keduanya. Sarana komunikasi yang dianggap efektif dalam menerapkan pembelajaran BDR di masa pandemi adalah sarana komunikasi berbasis internet.
Seiring berkembangnya zaman, internet bukan lagi sebagai sarana berkomunikasi semata. Kini internet banyak digunakan sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran di samping ekonomi. Banyak layanan internet yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Baik pembelajaran yang dilaksanakan dengan sistem kelas maupun bukan kelas.
Salah satu contoh pemanfaatan internet sebagai sarana pembelajaran adalah penggunaan Google Jamboard dan Google Classroom yang dapat digunakan secara bersamaan. Jamboard merupakan salah satu platform Google berupa papan tulis maya. Ketika menggunakan Jamboard baik guru maupun siswa seakan berada di depan papan tulis digital. Beberapa fitur disajikan untuk dimanfaatkan ketika menggunakan jamboard, antara lain; pen untuk membuat coretan, picture untuk memasang gambar, erase untuk menghapus coretan, serta laser yang dapat digunakan ketika melakukan presentasi menggunakan Jamboard. Di samping menu yang disebutkan di atas masih ada lagi menu insert yang lain. Ada hal menarik lainnya yang bisa didapatkan ketika kita menggunakan Jamboard dalam pembelajaran di kelas yaitu Jamboard bisa digunakan secara berkolaborasi dengan setelan yang dapat diatur dalam penggunaannya.
Salah satu sarana untuk mengelola kelas menggunakan Google Classroom. Di dalam Google Classroom, setiap anggota bisa memberikan komentar dalam diskusi. Pemberian tugas bisa dilakukan secara individu maupun klasikal. Materi dapat disajikan dalam bentuk tulisan maupun gambar. Selain itu guru dapat membagikan referensi atas materi yang disampaikan di kelas berupa tautan ke situs internet.
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga megadakan Lomba Entrepreneur Dawet Ayu tingkat Sekolah Dasar pada September 2021. Even ini sebagai langkah memotivasi para peserta didik untuk mengenal dunia nyata dari bekal ketrampilan yang mereka dapatkan pada pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara.
Lomba dilaksanakan sebagai aktualisasi hasil pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu di sekolah. Selain itu juga melatih jiwa entrepreneur siswa agara bisa survive dalam mengikuti arus perkembangan zaman. Mengembangkan karakter peserta didik agar lebih bangga dan mencintai budaya Banjarnegara, serta mengenalkan , mengembangkan sekaligus mengapresiasi potensi kearifan dan budaya lokal Banjarnegara.
Diharapkan denga lomba ini pesera didik memilik pengalaman yang berharga tentang makna pentingnya esensi pembelajaran Mulok Dawet Ayu di sekolah sebagai bekal ketrampilan yang akan bermanfaat bagi mereka setelah dewasa kelak.
Tema yang dipilih, "Membentuk jiwa wirausaha melalui Budaya Lokal Dawet Ayu Banjarnegara".
Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PTK memiliki karakteristik diantaranya;
Adanya kesadaran pada diri guru untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran di kelasnya,
Self-reflektif inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri,
Penelitian dilakukan di dalam kelas guru berkenaan/peneliti yang berfokus pada kegiatan pembelajaran,
PTK bertujuan memperbaiki pembelajaran.
Berbeda dengan penelitian kelas, penelitian tindakan kelas dilakukan oleh guru itu sendiri sebagai peneliti. Sedangkan penelitian kelas dilakukan orang luar untuk meneliti interaksi guru dan siswa.
Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan alasan profesionalitas guru dalam menemukan solusi terhadap masalah pembelajaran dikelasnya , disamping ikut mengembangkan pendidikan di sekolahnya.
Manfaat PTK bagi guru;
PTK untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya,
Guru berkembang secara profesional dengan menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya,
Membuat guru lebih percaya diri,
Guru berkesempatan berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan diri.
Manfaat PTK bagi siswa;
Meningkatkan hasil belajar siswa,
Menjadi model pembelajaran bagi siswa.
Di samping manfaat yang bisa didapat, PTK memiliki keterbatasan, antara lain;
Validitas atau kesahihan sebagai penelitian masih sering dipertanyakan , dikarenakan metodologi penelitian yang agak longgar.
Hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan karena hasil PTK hanya terkait dengan siswa dan pembelajaran di kelas tertentu.
Kondisi yang dipersyaratkan dalam PTK;
Sekolah memberikan kebebasan yang memadai bagi guru melakukan PTK dan berkolaborasi dengan teman guru lainnya,
Birokrasi dan hierarki organisasi di sekolah hendaknya diminimalkan,
Sekolah hendaknya selalu mempertanyakan apa yang diinginkan bagi sekolahnya,
Keterbukaan dari semua staf sekolah untuk membahas masalah yang dihadapi,
Sikap kepala sekolah dan staf administrasi menunjang terjadinya pembaruan,
Guru dan siswa mempunyai rasa percaya diri yang tinggi bahwa mereka sedang melakukan pembaruan dengan dukungan Kepala Sekolah dan orang tua,
Guru harus siap menghadapi berbagai konflik karena yang baru biasanya lebih mendapat perhatian dari yang lama.
Kali ini saya akan bicara mengenai MySAPK BKN. Sebagian dari teman-teman mungkin mengalami kendala untuk login ke akun pribadinya pada aplikasi MySAPK. MySAPK mmerupakan aplikasi yang menampung data pegawai yang dikelola sendiri oleh pegawai tersebut. Oleh sebab itu jika mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi tersebuut tentunya merasa sedih bukan. Karena hal tersebut dapat mengganggu proses pemutakhiran data pegawai yang bersangkutan.
MySAPK BKN dapat diakses melalui telepon pintar (anndroid) maupun laptop.
Untuk login melalui android kita harus mengunduh aplikasi MySAPK terlebih dahulu , selanjutnya memasangnya pada android.
MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dari databse PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil.
Halaman depan pada laman tersebut menyajikan pilihan untuk login melalui website maupun login melalui aplikasi.
Pilihlah tombol "Download MySAPK" untuk mengunduh aplikasi.
Selanjutnya kita akan diarahkan ke aplikasi playstore di android.
Klik tombol "Instal" untuk mengunduh sekaligus memasang pada perangkat Android.
Tunggu hingga muncul tulisan "Buka".
Selanjutnya klik tulisan "Buka" tersebut.
Dengan mengeklik tulisan "Buka" kita diarahkan ke halaman depan aplikasi tersebut. Pada halaman tersebut disajikan kolom "username" dan "password" yang harus diisi untuk login.
Isilah kolom "username" dengan Nomor Induk Pegawai (NIP), dan juga password untuk membuka/masuk kedalam aplikasi.
Selanjutnya klik tulisan "Masuk".
Apabila kita lupa ataupun belum tahu password untuk membuka aplikasi, silakan klik lupa password.
Selanjutnya akan dibawa pada tampilan seperti di bawah.
Ketikkan NIP dan alamat email yang telah didaftarkan pada sistem tersebut.
Selanjutnya klik tulisan "Berikutnya".
Sistem akan mengirimkan kode ke alamat email tersebut untuk login ke aplikasi.