Kegiatan di Blogspot dan Google Sites


Pertemuan perdana 26 Desember 2022 diharapkan menjadi titik tolak lahirnya pertemuan-pertemuan berikutnya yang syarat manfaat. Bukan hanya dilakukan oleh kelompok kecil kami namun juga menginspirasi kelompok - kelompok lain yang lebih luas. Dengan mengabadikannya melalui blog dan membagikannya diharapkan membawa dampak ke lingkungan guru-guru baik yang mengikuti pelatihan CGP maupun tidak.

Terselenggaranya diskusi secara langsung (tatap muka) sejatinya merupakan muara atas diskusi panjang berjam-jam, berhari -hari yang dilakukan melalui WhatsApp Grup. Dengan berbagai kesibukan yang dialami semua pihak dalam berbagai aktifitas, menentukan waktu bukan hal yang mudah. 

Aktifitas membuat blog pribadi dan memulai menulis postingan blog dilakukan secara bersamaan. Boleh dikatakan memiliki titik pangkal yang sama dalam mengukir sejarah menulis blog yang dikelola secara mandiri. Kalau menulis di media sosial memang sudah biasa dan memiliki latar belakang dan sejarahnya masing-masing. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi disekitar. 

Selesai membuat postingan perdana di blog pribadi dilanjutkan proses belajar membuat situs internet menggunakan aplikasi Google Sites. Situs pribadi di Google Sites pada dasarnya hampir sama dengan blog di blogspot. Keduanya sama-sama berguna untuk mempublikasikan artikel tentang  tentang topik tertentu. Namun ada juga perbedaannya. 

Situs pribadi yang dibuat dengan Google Sites merupakan salah satu yang direkomendasikan sebagai portofolio digital.

Google Sites bisa dijadikan sebagai website kelas, LMS sederhana (dipadukan dengan platform Google lainnya), serta portofolio digital. O ya, bagi yang suka mengelola Mading juga bisa menggunakan Google Site sebagai majalah dinding digital.

Berkaitan dengan pemanfaatan blog di blogspot, aktifitas yang sudah dilakukan adalah membuat alamat situs serta menulis dan memublikasikan postingan. Sedangkan pemanfaatan Google Site sudah membuat situs, menambahkan halaman serta memasang tautan ke postingan vidio di kanal YouTube. 

Sekian dulu ya sobat blogger, postingan saya kali ini sebagai tambahan dari postingan sebelumnya untuk memberi gambaran tentang pertemuan kelompok pada 26 Desember 2022. Semoga bermanfaat, khilaf dan salah penulisan mohon dimaafkan ya...

Pertemuan Perdana Kelompok Atas Awan CGP Angkatan 7




Hari ini hari yang istimewa dalam perjalanan meniti pendidikan calon guru penggerak angkatan 7. Tentunya istimewa bagi kami. Apa sih istimewanya? Salah satu tujuan mengikuti  pendidikan calon guru penggerak angkatan 7 adalah sebisa mungkin belajar menjadi guru yang disukai murid sesama rekan guru, dan tentunya oleh atasan to.  Syukur kalau menjadi sosok yang diidolakan.  Setidaknya diidolakan anggota keluarga. Hehehe

Terus apa hubungannya dengan istimewanya hari ini, Mas blogger?

Salah satu ketrampilan yang diusahakan dalam pelatihan  adalah merencanakan program , melaksanakannya serta yang tak kalah pentingnya adalah membagikan / sharing praktik baik yang dilakukan. Baik praktik baik yang dilakukan di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. 

Bukan hanya mampu merencanakan program , namun kemampuan berkolaborasi juga merupakan prasyarat kemajuan di segala bidang. Sekarang eranya kolaborasi. Bukan "one man show" lagi. 

Nah berkaitan dengan kolaborasi inilah yang menjadikan hari ini istimewa. Pasalnya kami teman satu kelompok belajar yang diampu oleh satu Pengajar Praktik mengadakan pertemuan pertama yang diinisiasi oleh teman-teman. Kebetulan kami berasal dari sekolah yang berada di wilayah kabupaten Banjarnegara bagian utara yang notabenenya merupakan daerah pegunungan.

Kegiatan yang dilakukan pada  pertemuan kali ini adalah melakukan diskusi membahas rencana program ke depan. Salah satu program yang menjadi kesepakatan adalah membuat karya bersama. Tidak hanya membuat program, kami juga belajar bersama membuat blog di blogger sekaligus latihan menulis di post.

Praktik Membuat dan Menjual Olahan Makanan

Kegiatan praktik yang dilakukan anak-anak kelas 6 SD Negeri 2 Beji yang sudah saya sampaikan sebelumnya merupakan kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh dua kelompok kecil. Masih ada satu kelompok lagi dengan jumlah anggota lebih besar yaitu sebanyak 6 melakukan aktifitas yang berbeda. 

Pada diskusi sebelumnya dalam membuat kesepakatan mengenai apa dan bagaimana serta dimana kegiatan akan dilaksanakan, dilakukan identifikasi keadaan. Dari 12 anak, ketika diajukan pertanyaan mengenai motivasi apa yang mendasari usulan anak-anak ingin melakukan praktik penjualan. 6 anak menjawab dengan nada yang hampir sama yaitu mereka ingin memiliki pengalaman dan merasakan langsung aktifitas menjual barang/produk seperti yang dilakukan oleh para pedagang. 

Tidak sampai disitu, proses mengupas bawang dilanjutkan. Setelah pertanyaan pertama mendapatkan jawaban, diajukan pertanyaan kedua yang lebih dalam dan mensyaratkan kejujuran. Karena jika salah dalam memberikan informasi kemudian dijadikan dasar membuat keputusan, mungkin keputusan yang diambil mengakibatkan kerugian baik secara materiil maupun bukan materiil.

Pertanyaan yang diajukan adalah, "Kenapa kamu ingin melaksanakan praktik praktik menjual". "Apa yang membuat kamu yakin bahwa kamu memenuhi syarat untuk melakukan itu?". "Kemampuan apa yang menurutmu merupakan modal untuk melakukan aktifitas yang lebih komplek." Beberapa pertanyaan diajukan sekaligus secara memberondong, tujuannya untuk mendapatkan gambaran mental yang dimiliki anak-anak, ketika nanti berhadapan dengan calon pembeli. Bukan jawaban banyak, namun jawaban yang syarat dengan makna untuk dijadikan dasar mengambil keputusan. 

Setiap anak menjawab dengan satu kalimat pernyataan. Seseorang menjawab dengan nada tenang, "Karena saya bisa membuat produk makan". Mendengar pernyataan yang cukup menarik untuk ukuran anak kelas 6, tanpa menunda waktu pertanyaan berikutnya dilancarkan.  "Produk apa yang pernah dan kamu bisa membuatnya?" Masih anak yang sama, ia menjawab dengan tenang namun cukup tegas, "Saya bisa membuat roti, pisang cokelat, kentang goreng". 

Selesai satu anak memberi gambaran apa yang bisa ia lakukan, satu anak yang lain menyahut dengan pernyataan, "Saya bisa membuat roti". Diikuti anak di sebelahnya bertutur dengan nada yang hampir sama. Tak lama berselang kelas menjadi diam. Kudekati satu anak yang masih diam. Belum bertutur, hanya tersenyum. Kulempar pertanyaan ke arahnya, "Apakah kamu pernah membuat roti?" Ia pun menjawab, "Kalau  membuat roti belum pernah, tapi saya sering membantu memasak". Hal senada dilontarkan anak-anak putra dari kelompok tersebut. 



Kolaborasi

Untuk melakukan praktik memasak tidaklah semua harus pandai memasak. Salam sebuah tim yang dibutuhkan kolaborasi. Dengan kolaborasi pekerjaan yang sulit menjadi mudah, yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Dengan adanya peserta yang bisa membuat produk berupa makanan sekaligus tersedianya peserta yang sanggup membantu dalam menghasilkan produk menjadi alasan untuk membuat kesepakatan bersama diadakannya kegiatan praktik membuat produk makanan. Adanya produk berarti ada barang yang dapat dijual.

Diskusi dilanjutkan. Kini lebih rinci lagi. Bagaimana cara kerjanya? Dari mana bahan baku didapat? Dimana proses produksi akan dilakukan? Selanjutnya kapan dan dimana produk akan dijajakan/dijual. Mengenai proses diskusi tidak saya sampaikan secara luas agar tulisan tidak terlalu panjang.

Alhasil dalam diskusi disepakati bahwa penjualan produk akan dilaksanakan Sabtu, 10 Desember 2022. Produk dibuat satu hari sebelumnya di rumah yang dekat dengan sekolah. Proses pembuatan produk dilakukan siang hari dan direkam dengan kamera telepon seluler. Laporan disusun setelah selesai proses penjualan dalam bentuk slide menggunakan aplikasi Canva.

Laporan praktik menggunakan Canva merupakan yang pertama setelah anak-anak dikenalkan dengan aplikasi tersebut beberapa hari sebelumnya.

Mandiri dan bertanggung jawab

Kegiatan praktik membuat dan menjual produk olahan makana mensyaratkan aktif dalam menyiapkan peralatan dan bahan baku. Dengan sendirinya melatih anak-anak  mandiri dan bertanggung jawab. 

Begitu pula dalam proses menjual. Hal ihwal berhubungan kegiatan tersebut disiapkan secara mandiri dan kolaborasi oleh peserta dengan mempertimbangkan kemudahan dan kesederhanaan. Guru hanya memantau dan mengawasi aktifitas peserta dan mengkondisikan calon pembeli agar tidak berebut mendapat pelayanan.

Hasilnya bagaimana, apakah menguntungkan?

Diluar dugaan, sekaligus menggembirakan karena dari pantauan diperoleh informasi pada laporan berdasarkan analisis usaha bahwa kegiatan memproduksi dan menjual olahan makanan menghasilkan keuntungan. Meski tidak banyak namun menggerakkan, karena menunjukkan anak cakap dalam melakukan aktifitas wirausaha. Yang penting kompetensi, bukan berapa hasil.

Kiranya sampai disini dulu cerita praktik menjual di sekolah, semoga menginspirasi teman-teman. Saya yakin teman-teman dapat melakukan yang lebih baik lagi, atau bahkan sudah ada yang melakukan. Kritik dan saran silakan ditulis pada kolom komentar.



Kegiatan Praktik Observasi Kegiatan Usaha


Kegiatan praktik Observasi Mandiri merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan berbasis projek yang dilakukan oleh anak-anak kelas 6 SD Negeri 2 Beji. Anak -anak dari dua kelompok kecil yang setiap kelompok terdiri dari tiga anak melakukan observasi  ke tempat usaha yang ada di sekitar tempat tinggal. 

Tempat usaha yang dikunjungi adalah depot isi ulang air minum dan toko sembako. Kedua tempat usaha tersebut jaraknya cukup jauh dan melalui jalan yang berbeda jika diukur dari SD Negeri 2 Beji.

Kenapa saya menyebutkan jaraknya?? Ada yang tahu? Atau penasaran??

Yuk simak cerita ini selanjutnya.😎

Ketika anak kelas 4 tengah mempersiapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang kegiatannya berupa membuat produk dan menjualnya di lingkungan sekolah, anak kelas 6 tampak iri hati. Mereka juga ingin melakukan hal yang sama yaitu taktik penjualan.

Adanya keinginan anak-anak melakukan praktik penjualan merupakan hal yang menggembirakan. Mereka ingin merasakan langsung menjadi penjual/pedagang. Bukan hanya mendengar cerita pengalaman orang berjualan, tapi lebih dari itu.

Aspirasi/keinginan yang baik harus diterima dan ditanggapi dengan baik pula. Musyawarah pun dilakukan. 

Agenda pertama dalam musyawarah adalah mengidentifikasi kesiapan anak. Langkah yang dilakukan adalah mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh anak-anak. Inti dari pertanyaan menanyakan apa yang membuat anak - anak ingin melakukan praktik menjual barang/produk. 

Dari pertanyaan yang diajukan menghasilkan jawaban yang beragam. Namun dengan mengidentifikasi jawaban, ternyata jawaban anak-anak mengalami kemiripan.  Selanjutnya jawaban  dikelompokkan menjadi  dua kelompok besar.

Kelompok pertama terdiri dari anak-anak yang menjawab 'ingin merasakan langsung' praktik menjual produk. Kelompok ini terdiri dari 6 anak. Sedangkan kelompok dua terdiri dari anak-anak yang 'ingin mengetahui' proses menjual barang/produk.

Anak-anak yang menjawab ,'ingin mengetahui' proses menjual barang/produk. Mendapat tugas berbeda dengan anak -anak yang menjawab 'ingin merasakan keseruan praktik menjual barang'.  Kesepakatan pun dimulai. Sebanyak 6 anak yang ingin mengetahui proses proses menjual barang dikelompokkan menjadi dua kelompok kecil yang setiap kelompok terdiri dari 3 anak. Kelompok kecil dipilih dengan maksud semua anggota terlibat secara aktif dalam kegiatan. 

Kedua kelompok kecil bermusyawarah untuk menentukan pihak yang akan dikunjungi. Dari musyawarah tersebut dihasilkan kesepakatan satu kelompok akan mengunjungi tempat usaha isi ulang air minum sedangkan kelompok kedua mengunjungi toko sembako. Kedua tempat usaha tersebut memang jaraknya cukup jauh untuk ukuran pejalan kaki karena berada pada dua dusun yang berbeda. Dengan jarak yang berjauhan tidak memungkinkan guru memantau secara langsung. Terus bagaimana guru mendapat data berisi gambaran secara riil? 

Di era teknologi digital seperti sekarang ini penggunaan telepon seluler begitu masih. Kamera digital bukan lagi menjadi barang mewah setelah produsen telepon seluler menyematkannya pada produk yang ia adakan. Dengan kualitas yang selalu di'upgrade' seiring berjalannya waktu.

Langkah yang ditempuh dalam rangka memantau kegiatan observasi oleh kedua kelompok tersebut adalah dengan menggunakan kamera yang terpasang pada telepon seluler. Lantas siapa yang bertugas merekam? Apakah salah satu dari ketiga anggota kelompok berperan sebagai juru foto? 

Di awal sudah disampaikan bahwa kegiatan observasi dilakukan oleh dua kelompok, masih ada satu kelompok besar yang terdiri dari 6 anak belum mendapat tugas dalam kegiatan berkenaan. Nah, salah satu dari mereka menjadi juru foto untuk merekam aktifitas satu kelompok yang bertugas. Sedangkan pada kelompok satunya lagi diperlakukan hal yang sama, yaitu dengan melibatkan satu anak lainnya berperan sebagai juru foto.

Kemandirian

Kemandirian menjadi hal penting dan perlu dilatih sejak dini. Kemandirian dari tiap anggota kelompok dalam menyiapkan hal ihwal berkenan dengan tugas yang diberikan menjadi hal yang patut diperhatikan. Anak-anak berlatih mandiri dalam menyiapkan alat-alat dan segala keperluan, serta dalam musyawarah internal anggota kelompok. Musyawarah diperlukan dalam menentukan langkah yang akan dijalankan serta dalam pembagian tugas anggota kelompok. Kolaborasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dan diamalkan guna mencapai tujuan bersama. Tim yang kompak tentu berbeda dengan tim yang tidak teratur dan tidak disiplin. Ini merupakan tanggung jawab kelompok.

Tahap kegiatan

Kegiatan dilakukan dalam tiga tahap berurutan yaitu dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan atau evaluasi. 

Tahap persiapan dilakukan dengan membuat kesepakatan mengenai tempat yang akan dikunjungi, alat-alat serta pembagian tugas.  Tujuan observasi adalah memperoleh data yang sebanyak-banyaknya atau selengkap- lengkapnya dari tempat yang dikunjungi, baik dengan cara wawancara maupun tidak dengan wawancara. Salah satu persiapan yang dilakukan untuk menyongsong keberhasilan wawancara adalah dengan menyiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara berlangsung.

Pada tahap pelaksanaan setiap anggota bersama kelompoknya mengunjungi tempat usaha yang telah ditentukan dengan didampingi seorang juru foto. Semua anggota kelompok melaksanakan tugas sesuai kesepakatan yang telah dibuat bersama. Juru foto bertanggung jawab merekam segala aktifitas penting yang menggambarkan kegiatan yang dilakukan. Perekaman dilakukan dengan menghasilkan foto ataupun vidio. Diantara tiga peserta dalam kelompok ada yang bertanggungjawab membuat catatan-catatan penting yang diperlukan dalam proses pelaporan. 

Pelaporan dilakukan dengan membuat bahan presentasi yang dibuat menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi Canva dipilih sebagai sarana membuat presentasi dikarenakan anak-anak sebelumnya telah belajar mengenal dan menggunakan aplikasi tersebut. Pengenalan dan latihan menggunakan aplikasi Canva dilakukan di sekolah dengan mengambil waktu pembuatan poster. Poster sebelumnya dibuat secara manual menggunakan kertas, pensil dan pewarna. Di era digital, pembuatan poster juga dilakukan menggunakan aplikasi Canva. Laporan menceritakan kegiatan yang ang dilakukan mulai dari tahap persiapan sampai akhir tahap pelaksanaan. 

Laporan yang sudah selesai dikirimkan  kepada guru melalui WhatsApp. 

Sekian dulu ya cerita dari saya tentang kegiatan observasi tempat usaha yang dilakukan anak-anak. Masih ada satu kegiatan lagi yaitu penjualan yang InsyaaAlloh akan saya ceritakan pada kesempatan berikutnya. 

Salam literasi.