Study Tour Ke Dieng, Banjarnegara


Dalam rangka mengenalkan peserta didik terhadap potensi yang ada di daerahnya, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang bermakna, SD Negeri 2 Beji mengadakan Study Tour ke Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara. Ini sejalan dengan anjuran Kepala Dindikpora Kabupaten Banjarnegara guna mengenalkan Dieng kepada peserta didik.

Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 24 Mei 2022 dengan armada seadanya namun cukup representatif untuk wilayah kabupaten Banjarnegara Zona Utara yang memiliki Medan berkelak-kelok, menanjak dan menurun. Sebagian memiliki kemiringan yang cukup ekstrim. Untunglah semua jalan yang dilalui dalam kondisi yang relatif bagus untuk saat ini. Kondisi jalan yang baik ini sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat.

Konsepnya adalah Study Tour, sambil berwisata peserta didik juga melakukan aktivitas pembelajaran. Disebut wisata karena lokasi yang dikunjungi merupakan destinasi wisata yang populer yaitu Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang serta Museum Kailasa. Namun, sembari melakukan kegiatan wisata sebagai peserta didik tidak terlepas dari aktifitas dan semangat belajar. Semangat belajar semestinya tertanam dalam hati, kapanpun dan di manapun. Untuk menanamkan semangat ini terhadap peserta didik, sekolah membuat program yang memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas belajar di objek wisata.

Muatan lokal yang diajarkan di sekolah dasar di kabupaten Banjarnegara dinamakan Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara atau disingkat Mulok DAB. Walaupun namanya Dawet Ayu Banjarnegara, namun isinya bukan hanya berkenaan Dawet Ayu Banjarnegara semata. Namun lebih dari itu, meliputi banyak hal berhubungan dengan Banjarnegara. Baik sejarah, potensi daerah, maupun pariwisata. 

Salah satu kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta didik dalam kurikulum muatan  lokal adalah kemampuan  melakukan promosi baik secara Offline maupun Online. Promosi merupakan usaha untuk mengenalkan produk kepada khalayak. Baik produk berupa barang maupun jasa. Untuk dapat melakukan promosi dengan baik tentunya perlu didukung dengan berbagai bidang ketrampilan, misalnya desain grafis, penggunaan media, serta literasi. Di era digital sekarang ini, dimana penggunaan internet semakin marak dengan ramainya masyarakat yang memiliki peragkat telepon pintar, sasaran promosi sudah harus menyasar ke pengguna internet. Baik pengguna yang mengakses  internet melalui telepon pintar maupun lapto/PC. 

Study Tour SD Negeri 2 Beji ke Dieng pada 24 Mei 2022 merupakan implementasi kurikulum muatan lokal di sekolah yang melibatkan 4 kelas, yakni kelas 3, 4, 5, dan 6. Kegiatan yang dilakukan antara lain melakukan observasi (pengamatan) terhadap situs sejarah pada komplek Candi Arjuna serta potensi alam di sekitar Kawah Sikidang. 


Seperti kegiatan wisata pada umumnya, suasana diusahakan agar peserta didik dapat menikmati nuansa wisata yang santai, namun tetap dalam kontrol dan pengawasan guru. Untuk itu peserta membawa lembar panduan sederhana yang telah disiapkan sebelumnya. Lembar panduan ini diberikan kepada peserta didik sesaat setelah tiba di lokasi objek  wisata. Cara ini dipilih agar tidak mengurangi kenyamanan peserta dalam perjalanan menuju lokasi. Lembar panduan berisi beberapa pertanyaan ringan tentang objek yang dikunjungi. Harapannya peserta tidak berhamburan dan pada akhirnya mendapatkan informasi yang membekas pada ingatan peserta.

Agar rencana yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik tentunya memerlukan komunikasi yang efektif. Mengingat jumlah peserta cukup banyak, yakni meliputi 4 kelas memerlukan suara yang cukup keras dari guru, agar arahan dari guru dapat dengan mudah diakses oleh peserta. Untuk itu penggunaan alat pengeras suara boleh dibilang sebagai sarana komunikasi yang wajib adanya.

Media yang digunakan sangat berpengaruh terhadap promosi yang dilakukan. Semua tentunya maklum akan hal ini. Terlebih para pelaku usaha. Salah satu media promosi yang dapat disampaikan baik secara online maupun online adalah poster. Poster sendiri berisi unsur gambar/grafis dan tulisan/kalimat yang provokatif. Tulisan yang bagus akan memengaruhi hati pembaca. Disamping tulisan, unsur gambar tidak kalah pentingnya dalam promosi. Itulah sebabnya para wirausahawan rela membelanjakan jutaan rupiah demi mendapatkan gambar terbaik dari setiap jepretan terhadap produk yang ia pasarkan. Jadi kuncinya adalah gambar yang bagus dipadu dengan kalimat yang menarik. Begitulah dalam promosi. 

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menghasilkan gambar yang bagus adalah teknik itu sendiri. Yakni teknik pengambilan gambar. Di era digital sekarang ini poster tidak hanya dibuat secara manual dengan menggambar menggunakan pensil dan alat gambar lainnya. Namun dengan cara yang lebih modern menggunakan aplikasi digital yang dapat diunduh dan dimanfaatkan secara gratis.

Untuk menghasilkan poster yang menarik diperlukan gambar yang bagus. Sedangkan untuk menghasilkan gambar yang bagus perlu berlatih teknik mengambil gambar yang baik. 

Belajar promosi bagi peserta didik usia SD tentunya tidak serumit para calon wirausahawan baru. Peserta didik usia SD baru dikenalkan dengan dunia tersebut serta belajar sedikit teknik. Namun tetap harus menjaga semangat untuk belajar, agar kelak menjadi manusia yang berguna. Pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan menjadi penting untuk mendapatkan kesan mendalam pada peserta didik.

Salah satu kegiatan yang dilakukan pada Study Tour ke Dieng, peserta didik belajar mengenal teknik pengambilan gambar dengan cara mempraktikkan langsung menggunakan kamera ponsel miliknya dengan bimbingan guru.  Objek gambar yang diambil adalah badan candi yang ada di komplek Candi Arjuna.


Selain belajar teknik mengambil gambar, peserta didik juga belajar presentasi, guna mengenalkan objek wisata Dieng. Untuk kegiatan ini, peserta didik tidak berlatih sendirian. Ia bekerja dengan kelompoknya. Kelompok yang dibangun merupakan kelompok kecil yang terdiri dari dua peserta didik. Jumlah anggota kelompok yang sedikit diharapkan semua terlibat aktif dalam kegiatan proyek. Proyek yang dikerjakan membuat video presentasi mengenalkan destinasi wisata yang ada di Dieng kepada khalayak. Namun kali ini peserta hanya sampai membuat Vidio.

Satu peserta pada tiap-tiap kelompok menjadi presenter, sedangkan peserta yang lain menjadi kameraman/perekam. Sehingga semua anggota kelompok terlibat aktif dalam proyek yang dikerjakan. 

Baik gambar maupun vidio yang dihasilkan, dikumpulkan kepada guru. Selanjutnya guru memberikan umpan balik.

Kawah Sikidang merupakan destinasi wisata yang menjadi tujuan sejak dulu. Lokasinya berada di tanah lapang yang cukup luas. Setibanya di area kawah pengunjung disajikan aroma khas  belerang. Sebagian pengunjung mungkin merasa kaget. Namun itulah kekhasan dataran tinggi Dieng yang merupakan dataran tertinggi di Jawa Tengah yang dihuni manusia. Tingginya kira-kira 2000 mdpl. Dari dekat bibir kawah, kepulan asap tebal menghiasi latar belakang gambar hampir semua pengunjung yang berfoto ria.


Nama Sikidang konon diambil karena di kawah tersebut sesekali mengeluarkan semburan air panas ke udara layaknya hewan Kijang tengah melompat-lompat.

Untuk mencapai bibir kawah kini para pengunjung menapaki jembatan panjang terbuat dari bahan kayu yang dinamakan Jembatan Kayangan.

Jembatan Kayangan membentang dari dekat pintu masuk melintasi bibir kawah  terus menuju pintu keluar. Sambil menapaki jembatan ini pengunjung disuguhi pemandangan indah di sekitar kawah.

Sudah menjadi tabiat bagi anak-anak menyukai aktifitas bermain dan bergerak. Penjelajahan ke Dieng dirasa belum lengkap bagi peserta didik sebelum menceburkan diri ke pemandian air panas. Renang dan bermain air selalu saja menjadi aktifitas favorit bagi anak-anak. Dieng dengan suasana alamnya yang banyak sumber air panas sebagian sudah dikelola menjadi kolam renang dan tempat bermain air. Bukan hanya disukai anak-anak, tetapi juga disukai orang tua. Suhu air yang panas bercampur unsur belerang dianggap baik bagi menjaga kesehatan.

Banyak hal yang perlu disampaikan jika kita bicara tentang Dieng. Karena Dieng memiliki pengalaman sejarah yang panjang, disamping keunikan alam dan budayanya yang memang tidak diragukan lagi. Sebagai contoh jika kita bicara tentang kawah, maka di Dieng ada beberapa nama yang patut disebut. Begitu pula dengan dengan telaga. Serta puncak. Bagi yang suka camping, sebagian merupakan tempat yang cocok untuk ber-camping

Namun jika tulisan ini terlalu panjang, mungkin sebagian pembaca akan merasa bosan dan tidak merampungkan membacanya. Untuk itu cukup sekian saja untuk tulisan saya kali ini. Sampai jumpa pada postingan berikutnya, InsyaaAlloh.

Jika ada yang salah mohon dimaafkan. Kritik dan saran sangat bermanfaat bagi penulis, bagi pengembangan konten.

Jika ingin berkomentar, silakan tulis di kolom komentar. 



Vidio Study Tour SD Negeri 2 Beji ke Dieng




Contoh Soal Ulangan Harian IPS Kelas 6 Materi Teknologi dan Transportasi

 


  1. Apa yang dimaksud sarana transportasi?
  2. Apa yang dimaksud prasarana transportasi?
  3. Sebutkan 3 contoh sarana transportasi darat!
  4. Sebutkan contoh prasarana transportasi darat!
  5. Sebutkan 2 contoh sarana transportasi air!
  6. Sebutkan 2 contoh sarana transportasi udara!
  7. Sebutkan contoh prasarana transportasi air!
  8. Sebutkan contoh prasarana transportasi udara!
  9. Jelaskan dampak negatif modernisasi teknologi!
  10. Jelaskan modernisasi teknologi transportasi yang kamu ketahui!

👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Latihan mengerjakan soal 

Contoh Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Materi Tata Surya

 


1. Waktu yang diperlukan bulan untuk melakukan satu kali rotasi disebut ....

2. Waktu yang diperlukan bulan untuk melakukan satu kali revolusi disebut ....

3. Waktu yang diperlukan bulan untuk mengelilingi matahari adalah ... hari.

4. Akibat revolusi bulan menjadikan air laut mengalami ....

5. Gerhana bulan terjadi pada saat bulan berada di daerah umbra ....

6. Tahun Masehi atau tahun Syamsiah didasarkan pada kala revolusi ....

7. Tahun Hijriah atau tahun Qomariah didasarkan pada kala revolusi ....

8. Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali mengelilingi matahari adalah ... hari.

9. Waktu yang diperlukan bulan untuk melakukan satu kali revolusi adalah ... hari.

10. Pada kalender Masehi, tahun kabisat terjadi setiap berapa tahun sekali?

👇👇👇👇👇👇

Latihan mengerjakan soal secara online

Kunci jawaban


Analisis per butir soal PTS


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh,,

Apa kabar sobat blogger semua,, semoga teman-teman semua senantiasa sehat, tidak kurang suatu apa.


Pekerjaan guru setelah melakukan tes kepada peserta didik adalah melakukan analisis terhadap hasil tes peserta didik. Hal ini sudah maklum.  Analisis biasanya dilakukan sehabis penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester. Dari analisis ini dapat diketahui siapa saja peserta didik yang perlu mengikuti kegiatan remidial dan siapa saja yang perlu diberikan pengayaan. 

Walaupun sebenarnya untuk menentukan siapa saja peserta didik yang perlu remidi dan pengayaan cukup dengan melakukan koreksi terhadap hasil pekerjaan peserta didik. Dengan melakukan analisis perbutir soal dapat memberikan gambaran yang lebih utuh atas kemampuan peserta didik. Misalnya pada soal nomor berapa peserta didik dapat menjawab dengan benar dan pada nomor berapa peserta didik belum bisa menjawab dengan benar. Berapa pertanyaan yang dijawab dengan sempurna, berapa yang belum dijawab dengan sempurna.

Melakukan analisis pada setiap butir jawaban peserta memiliki manfaat, diantaranya;

Mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tes.

Mengidentifikasi Kompetensi Dasar yang dikuasai peserta didik dan yang belum dikuasai peserta didik.

Mengidentifikasi butir soal yang dirasa sulit dan mudah bagi peserta didik.

Sebagai gambaran umum keberhasilan dalam proses pembelajaran melalui alat tes.

Sebagai titik-tolak untuk melakukan tindakan baik berupa remidial maupun pengayaan.

----------

Demikian  sekilas pandangan dari saya mengenai analisis perbutir soal. Teman-teman mungkin memiliki pengalaman yang berbeda dari yang sudah saya tuliskan. Dan tentunya memiliki pemahaman yang lebih lengkap mengenai analisis jawaban peserta didik. Apa yang tulis hanyalah sebagai sarana untuk mengingatkan kembali mengenai analisis baik bagi diri saya sendiri maupun bagi teman-teman yang berkenan untuk membacanya.  Bagi sebagian yang lain mungkin berguna untuk memotivasi. 

Satu hal yang pasti, apa yang sudah saya tuliskan masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kurang lebihnya saya mohon maaf kepada teman-teman pembaca.

Sebarang kritik maupun saran silakan tulis di kolom komentar.

Berikut saya sertakan salah satu contoh analisis jawaban Penilaian Tengah Semester yang barangkali dapat menambah koleksi teman-teman. Bilamana diperlukan silakan dibuka dilihat dan diunduh untuk digunakan.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, ya.

Klik Link untuk mengunduh contoh analisis.






Cara Mengubah Tulisan menjadi Suara menggunakan Google Transalte

 


Google Translate/Google Terjemahan merupakan salah satu platform google yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain.  Ini tentunya menarik bagi yang ungin mempelajarai makna dari suatu kata maupun kalimat berbahasa asing. Sebagai contoh menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Google Terjemahan memudahkan pengguna dalam hal transliterasi bahasa. Tahukan  kamu, ada hal yang menarik lagi dari Google Terjemahan dalam hal transliterasi yang dapat kita manfaatkan. Google Terjemahan dapat mengubah suara menjadi tulisan, atau sebaliknya mengubah tulisan menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita. 

Bagaimana caranya ?

Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan cara mengubah tulisan menjadi sura pada Google Terjemahan. Namun yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman. Teman-teman mungkin mempunyai pengalaman yang berbeda dari apa yang akan saya sampaikan. Walau bagaimanapun apabila ada yang kurang pas dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf kepada semua pembaca blog saya.  Kritik dan saran mungkin akan sangat bermanfaat bagi  saya, jika pembaca sudi melayangkannya. Atas perhatian dari pembaca saya ucapkan terima kasih.

Mengubah tulisan menjadi suara   

  • Buka browser Google Chrome.
  • Temukan titik 9 pada sudut kanan atas pada browser hingga muncul berbagai gambar yang merupakan platform Google. 
  • Geser kursor hingga  terlihat gambar/ikon Google Terjemahan. 
  • Tekan gambar yang menunjukkan platform Google Terjemahan.
  • Pilih bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Ini menandahan bahasa yang akan kita tulis adalah bahasa Indonesia. Karena kita memang akan menulis dalam bahasa Indonesia. Adapun jenis bahasa pada kolom sebelah kanan menunjukkan bahasa terjemahan.
  • Tulislah kata atau kalimat pada kolom sebelah kiri.
  • Tekan gambar loudspeaker  di sebelah kanan gambar mikropon. Maka suara muncul pada loudspeaker laptop sesuai dengan kalimat yang kita tulis. Suara yang muncul sesuai dengan bahasa yang kita pilih. 

Demikian ya teman-teman, apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.  Apabila teman-teman ingin berkomentar silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Selamat mencoba.

Cara Menggunakan Google Terjemahan Tanpa Mengetik

Google Translate/Google Terjemahan merupakan salah satu platform google yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain.  Ini tentunya menarik bagi yang ungin mempelajarai makna dari suatu kata maupun kalimat berbahasa asing. Sebagai contoh menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Google Terjemahan memudahkan pengguna dalam hal transliterasi bahasa. Tahukan  kamu, ada hal yang menarik lagi dari Google Terjemahan dalam hal transliterasi yang dapat kita manfaatkan. Google Terjemahan dapat mengubah suara menjadi tulisan, atau sebaliknya mengubah tulisan menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga kita. 

Bagaimana caranya ?

Pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan cara mengubah suara menjadi tulisan pada Gogle Terjemahan. Namun yang akan saya sampaikan adalah berdasarkan pengalaman. Teman-teman mungkin mempunyai pengalaman yang berbeda dari apa yang akan saya sampaikan. Walau bagaimanapun apabila ada yang kurang pas dari apa yang saya sampaikan, saya mohon maaf kepada semua pembaca blog saya.  Kritik dan saran mungkin akan sangat bermanfaat bagi  saya, jika pembaca sudi melayangkannya. Atas perhatian dari pembaca saya ucapkan terima kasih.

Mengubah suara menjadi tulisan   

  • Buka browser Google Chrome.
  • Temukan titik 9 pada sudut kanan atas pada browser hingga muncul berbagai gambar yang merupakan platform Google. 
  • Geser kursor hingga  terlihat gambar/ikon Google Terjemahan. 
  • Tekan gambar yang menunjukkan platform Google Terjemahan.
  • Pilih bahasa Indonesia pada kolom sebelah kiri. Ini menandahan bahasa yang akan kita terjemahkan adalah bahasa Indonesia. Karena kita memang akan berbicara dalam bahasa Indonesia. Adapun jenis bahasa pada kolom sebelah kanan menunjukkan bahasa terjemahan.
  • Tekan gambar mikropon pada sebelah kiri bawah pada kolom sebelah kiri.
  • Mulailah berbicara dalam bahasa Indonesia. Maka teks muncul pada kolom sesuai dengan kalimat yang kita ucapkan.  

Demikian ya teman-teman, apa yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.  Apabila teman-teman ingin berkomentar silakan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Selamat mencoba.

Materi nilai-nilai Pancasila pada buku Tematik kelas 6 (5)

 Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari. 

Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk  hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. 

Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan. 

Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.


Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

1. Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.

2. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.

3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

4. Menghormati hak orang lain.

5. Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.

6. Suka bekerja keras.

7. Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.



Materi nilai-nilai Pancasila pada buku Tematik kelas 6 (4)

 Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari. 

Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk  hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. 

Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan. 

Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.


Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

3. Musyawarah untuk mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.

4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.

5. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.

6. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

7. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.


Materi nilai-nilai Pancasila pada buku Tematik kelas 6 (3)

Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari. 

Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk  hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. 

Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan. 

Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.


Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia.

1. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan.

2. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

3. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan Indonesia.

4. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.

5. Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa.


Materi nilai-nilai Pancasila pada buku Tematik kelas 6 (2)

 Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari. 

Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk  hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. 

Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan. 

Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.


Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

1. Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial,dan warna kulit.

3. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.

4 mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.

5. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.

6. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

7. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.

8. Berani membela kebenaran dan keadilan.

9. Mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.



Materi nilai-nilai Pancasila pada buku Tematik kelas 6 (1)

Pancasila merupakan falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila adalah bentuk pejawantahan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud sudah ada sejak ada berabad-abad silam dan tetap diamalkan hingga hari. 

Dalam sitem pemerintahan di Indonesia, Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Segala produk  hukum maupun tata kehidupan di masyarakat harus selaras dengan Pancasila. Semua hukum yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. 

Pada perkembangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila telah mengalami berbagai ujian dan dan gangguan. Berbagai usaha untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi negara telah berulang kali dilakukan oleh berbagai pihak. Namun sejarah membuktikan bahwa Pancasila sakti. Segala usaha untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dapat dipatahkan. Hal ini sebagai bukti bahwa Pancasila betul-betul falsafah/pandangan hidup bangsa Indonesia tidak terbantahkan. 

Pada buku siswa Tema 7 kelas 6 kurikulum 2013 tertera nilai-nilai luhur Pancasila. Pada buku tersebut disebutkan secara terperinci, mulai dari nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dan seterusnya hingga nilai-nilai luhur yang terkandung pada sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Berikut adalah nilai-nilai luhur Pancasila yang tercantum dalam buku tematik kelas 6 kurikulum 2013.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa.

  1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  6. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

Ngandharake Isine Teks Sesorah

Ngandharake isine teks sesorah padha wae karo njlentrehake pokok-pokok sesorah utawa pidhato. Sadurunge  ngandharake isine sesorah, awake dhewe kudu nggoleki dhisik pokok-pokok sesorah. Sawise pokok-pokok sesorah rampung ditemtokake banjur dirakit dadi ukara-ukara kang runtut. Ngandharake sesorah bisa dileksanakake mawa tulisan,  uga bisa kanthi lesan.

Menawa isine sesorah mau arep diandharake kanthi lesan, kudu;

·         Apal lan ngerti apa sing arep diandharake

·         Angone ngandharake kudu urut

·        Ora  grogi.


Langkah-langkah kang bisa dilakoni kanggo ngandharake isine sesorah;

  • Nulis pokok-pokok isine sesorah
  • Gawe ukara-ukara bab pokok-pokok isine sesorah
  • Ngandharake isine sesorah kanthi runtut.

Tuladha Pitakon lan Wangsulan Bab Sesorah 2

 Pitakon: Sawise lulus lan ngrampungake sekolah ana ing SD, kakak kelas arep padha menyang ngendi?

Wangsulan

Ngoko :

Sawise lulus lan ngrampungake sekolah ana ing SD, kakak kelas arep padha menyang SMP.

Krama :

Sasampunipun lulus saha ngrampungaken sekolah wonten ing SD, kakak kelas badhe sami nerasaken dhateng SMP.

Padinan :

Sawise lulus lan ngrampungaken sekolah neng SD, kakang kelas arep padha maring SMP.

 ----------------------------------

 

 

 

Pitakon: Paraga sing sesorah ngajak para tamu supaya ngonjukake puji sokur marang sapa?

Wangsulan

Ngoko :

Paraga sing sesorah ngajak para tamu supaya ngonjukake puji sokur marang Gusti Allah.

Krama :

Paraga ingkang sesorah ngajak para tamu supados ngonjukaken puji sokur  dhumateng Gusti Allah.

Padinan :

Paraga sing pidhato ngajak para tamu supaya ngonjukaken puji sokur maring Gusti Allah.

 -----------

 

 

Pitakon: Apa sebabe paraga sing sesorah ngajak para tamu ngonjukake puji sokur iku?

Wangsulan

Ngoko :

Paraga sing sesorah ngajak para tamu ngonjukake puji sokur marang Gusti Allah amarga tansah pinaringan kanugrahan lan kanikmatan.

Krama :

Paraga ingkang sesorah ngajak para tamu ngonjukake puji sokur dhumateng Gusti Allah amargi tansah pinaringan kanugrahan saha kanikmatan.

Padinan :

Paraga sing pidhato ngajak para tamu ngonjukaken puji sokur maring Gusti Allah merga tansah diparingi kanugrahan karo kanikmatan.

 ----------------------------------

 

 

Pitakon: Ana ing ruwang apa perayaan perpisahan kelas iku dilekesanakake?

Wangsulan

Ngoko :

Perayaan perpisahan kelas iku dilekesanakake ana ing aula sekolah.

Krama :

Perayaan perpisahan menika dipun leksanakake wonten ing aula sekolah.

Padinan :

Perayaan perpisahan kuwe dileksanakakken neng aula sekolah.

 ------------------------------

 


Pitakon: Paraga sing sesorah ngucapake apa marang kakak-kakak kelase?

Wangsulan

Ngoko :

Paraga sing sesorah ngucapake “Selamat jalan”, ndongakake uga njaluk pangapura marang kakak-kakak kelase.

Krama :

Paraga ingkang sesorah ngucapaken “Selamat jalan”, ndongakaken ugi nyuwun pangapunten dhumateng kakak-kakak kelasipun.

Padinan :

Paraga sing pidhato ngucapaken “Selamat jalan”, ndongakaken uga njaluk pangapura maring kakang-kakang kelase.

(Kapethik saka buku Kulina Basa Jawa VI SD; Intan Pariwara; kaca 88&89 kanthi perubahan saperlune)

Tuladha Pitakon lan Wangsulan Bab Sesorah

 




Pitakon:  Sapa wae tamu undangan kang padha rawuh ing perayaan perpisahan kelas iku?

Wangsulan

Ngoko :

Tamu undangan kang padha rawuh ing perayaan perpisahahn kelas yaiku : Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kota, Bapak lan Ibu Komite Sekolah, Bapak lan Ibu pengawas.

Krama :

Tamu undangan igkang sami rawuh wonten ing perayaan perpisahan kelas inggih menika : Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kota, Bapak kaliyan Ibu Komite Sekolah, Bapak kaliyan Ibu Pengawas.

Padinan :

Tamu undangan sing rawuh neng perayaan perpisahan kelas yakuwe : Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kota, Bapak karo Ibu Komite Sekolah, Bapak karo Ibu pengawas.

 ------------------------

 

Pitakon: Sapa sing ditresani dening paraga?

Wangsulan

Ngoko :

Sing ditresnani dening paraga yaiku kakak – kakak kelas sing sedhela maneh metu saka SD Negeri 01 lan kanca-kanca.

Krama :

Ingkang dipun tresnani dening paraga inggih menika kakak-kakak kelas ingkang sekedhap malih medal saking SD Negeri 01 kaliyan kanca-kanca.

Padinan :

Sing ditresnani paraga yakuwe kakang-kakang kelas sing sedhela maning metu sekang SD Negeri 01 karo kanca-kanca.

 --------------------------

 

Pitakon: Kepriye salam pambukane paraga sing sesorah ing perayaan perpisahan kelas iku?

Wangsulan

Ngoko :

Paraga sing sesorah ing perayaan perpisahan kelas iku nggunakake salam pambuka arupa tembung, “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” lan “Sugeng siyang”.

Krama :

Paraga ingkan sesorah wonten ing perayaan perpisahan kelas menika ngginakake salam pambuka arupi tembung, “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” kaliyan “Sugeng siyang”.

Padinan :

Paraga sing sesorah neng perayaan perpisahan kelas kuwe ngunakna salam pambuka sing rupane, “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” karo “Sugeng siyang”.

 -----------------------------

 

Pitakon: Sawise ngaturake salam pambuka, paraga sing sesorah ngaturake salam apa maneh?

Wangsulan

Ngoko :

Sawise ngaturake salam pambuka, paraga sing sesorah ngaturake salam pakurmatan.

Krama :

Sasampunipun ngaturaken salam pambuka, parag ingkng sesorah ngaturaken salam pakurmatan.

Padinan :

Sawise ngaturaken salam pambuka, paraga sing sesorah ngaturaken salam pakurmatan.

---------------------------------
(Kapethik saka buku Kulina Basa Jawa VI SD; Intan Pariwara; kaca 88 kanthi perubahan saperlune)