Pendampingan Individu


Pendampingan Individu di2jadwalkan dilakukan sebanyak 7 kali oleh Pengajar Praktik kepada Calon Guru Penggerak selama masa pendidikan. Pendampingan Individu merupakan layanan kepada CGP agar CGP dapat melaksanakan tugas belajarnya dengan baik sesuai harapan. Diantara bentuk layanan yang diterima CGP dalam proses pendampingan antara lain berupa konsultasi dan bimbingan terkait pelaksanaan tugas belajarnya dalam mengimplementasikan materi ajar di lingkungan tempat ia bekerja.


Pendampingan Individu dilakukan secara bergilir diantara CGP karena satu orang PP bertugas mendampingi lima orang CGP. Oleh karena itu jadwal pendampingan dibuat dengan kesepakatan antara PP dengan CGP agar proses pendampingan berjalan lancar. 


Pada waktu yang disepakati PP hadir ke sekolah tempat CGP bekerja. PP memeriksa kesiapan CGP dengan mengajukan pertanyaan maupun melihat langsung kesiapan CGP di lokasi. Menanyakan kendala yang dialami maupun hal baik apa yang diperoleh selama mengikuti proses pendidikan. Selanjutnya PP memberikan saran dan solusi  serta bimbingan demi lancarnya kegiatan. Disamping itu memeriksa sejauh mana CGP mewujudkan rencana yang ia buat di masa kegiatan lokakarya. Sebelumnya dalam kegiatan lokakarya CGP memetakan situasi yang ada dilingkungannya serta membuat rencana berdasarkan pemetaan tersebut.


Mungkin kedengarannya agak ribet bagi sebagian orang. Namun bagi yang menyukai tantangan, ini merupakan momen berharga untuk belajar dan berlatih agar kampuannya dapat terasah. Serta belajar hal-hal baru yang bermanfaat dalam melaksanakan pekerjaan maupun di luar jam kerja.


Pendidikan Calon Guru Penggerak didesain untuk tidak meninggalkan tempat kerja saat belajar dan tetap menunaikan tanggungjawab mendidik dan mengajar murid-murid. Hak-hak murid terutama kesempatan dalam belajar. Kegiatan belajar CGP dilakukan di  luar jam belajar efektif. Pagi tetap mengajar, siang belajar. Bagi CGP kegiatan pendampingan juga berfungsi sebagai momentum untuk introspeksi diri atas apa-apa yang sudah direncanakan ataupun yang sudah dilakukan.




Tidak ada komentar: