KBM Tatap Muka menggunakan Internet di masa Pandemi

Sobat blogger, kali ini saya akan bercerita tentang apa yang saya alami pada kegiatan belajar mengajar di kelas tadi pagi. Bagi sebagian orang, ketika berbicara mengenai KBM di dalam kelas mungkin kurang menarik atau dianggap sesuatu yang biasa. Karena berlangsung setiap hari dan dilakukan oleh semua guru. Namun tak apalah saya bercerita pengalaman langsung KBM di kelas pada Pembelajaran Tatap Muka. Barangkali ada yang sedikit berbeda dengan teman-teman. Kalau sudah baca, jangan lupa menulis  komentar ya, karena saran serta masukan dari pembaca sangat berguna bagi saya.

Begini ceritanya, 




Kegiatan  Belajar Mengajar pada Sabtu, 18 Nopember 2020

Setelah melakukan cuci tangan pakai sabun dan memeriksa suhu tubuh, anak-anak pun segera  masuk ruang kelas dengan  berjalan sendiri-sendiri dan menjaga jarak dengan teman-teman. Sebelum anak-anak masuk  semua, saya pun menyiapkan alat-alat dan media belajar yang diperlukan, diantaranya; laptop, proyektor dan tablet. jumlah tablet yang digunakan saya sesuaikan dengan jumlah anak-anak. Selanjutnya saya memastikan semua siswa dapat mengakses layanan internet melalui perangkat tablet yang ia gunakan. Kebetulan sekolah sudah memasang jaringan internet.  Kalau tablet sudah tersedia, laptop  dan proyektor juga tersedia, jaringan internet juga sudah siap, kenapa tidak dilaksanakan KBM mengunakan fasilitas yang ada, hmm.

Setelah anak-anak masuk semua, dan media belajar sudah siap digunakan. KBM pun dimulai.......

Diawali salam PPK dan tepuk PPK dengan posisi berdiri. Masih ingat kan dengan salam PPK. Ketika saya mengucapkan "salam PPK" maka anak-anak pun menjawab "salam,,.. cerdas, berkarakter, menyenangkan, luar biasa, hebat hebat hebat". Kemudian saya mengucapkan "tepuk PPK" , anak-anak pun melakukan tepuk tiga kali diikuti "religius", tepuk tiga kali lagi diikuti "nasionalis", tepuk tiga kali lagi diikuti "mandiri", tepuk tiga kali lagi diikuti "gotong-royong", tepuk tiga kali lagi diikuti "integritas".

Selesai salam dan tepuk PPK selanjutnya,

Menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Usai menyanyi lagu Bagimu Negeri, semua duduk pada kursinya masing-masing dilanjutkan berdoa.

Untuk ketertiban dalam berdoa, salah satu anak memimpin berdoa dengan memberi aba-aba "berdoa mulai" dan "berdoa selesai".
Selesai berdoa, semua pesawat tablet dinyalakan, mulailah kegiatan pembelajaran.
Bak kata pepatah, "sekali dayung dikayuh, dua tiga pulau terlampaui".
Pada waktu bersamaan, anak-anak belajar menggunakan buku pelajaran tematik sekaligus berlatih menggunakan beberapa fitur dari internet.


Mengirim jawaban via e-mail

Anak-anak membaca  cerita/informasi pada buku siswa T 4 ST 1 Pb.5   hal. 37-38 dengan judul Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia dengan teknik membaca pemahaman. Selesai membaca, anak-anak menjawab pertanyaan yang terdapat pada   hal. 39 nomor 1. Cara mengerjakannya dengan menuliskan jawaban disertai nama anak pada perangkat tablet, selanjutnya dikirimkan kepada saya melalui alamat email. Saya memantau melalui email dan memberikan balasan kepada anak-anak yang sudah menjawab  dengan kalimat “ Terima kasih sudah mengirimkan jawaban”. Kepada anak-anak yang telah mengirimkan jawaban sesuai arahan melalui email. Anak-anak yang hanya mengirimkan email kosong (belum berisi jawaban) dibalas dengan kalimat  “Belum mengirim jawaban”. Tujannya agar anak tersebut mengirim ulang dengan jawaban yang benar sesuai arahan. Karena pada kasus kedua, anak-anak baru belajar mengirim email, belum menjawab pertanyaan yang ada di buku.

Berikutnya anak-anak  menjawab pertanyaan yang terdapat pada   hal. 39 nomor 2. Cara mengerjakannya dengan menuliskan jawaban disertai nama anak pada perangkat tablet, selanjutnya dikirimkan kepada saya melalui email.  Saya memantau dan memberikan balasan kepada anak-anak yang sudah menjawab  dengan kalimat “ Terima kasih sudah mengirimkan jawaban” kepada anak-anak yang telah mengirimkan jawaban sesuai arahan. Anak yang hanya mengirimkan email kosong (belum berisi jawaban) dibalas dengan kalimat  “Belum mengirim jawaban”. Tujuannya agar anak tersebut mengirim ulang dengan jawaban yang benar.  Setelah anak-anak mengirim jawaban melalui email semua,  dilanjutkan dengan menulis jawaban pada kolom komentar  blog.


Menulis jawaban pada kolom komentar blog.

Berikutnya saya menulis pertanyaan pada blog terkait isi bacaan Batik , Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia sebanyak 4 pertanyaan. Namun tidak semua dari empat pertanyaan harus dijawab. Setelah membaca cerita dengan judul Batik , Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia, anak-anak mencermati soal yang tertera pada blog, dan mengerjakannya. Cara mengerjakannya adalah anak-anak  menulis jawaban untuk soal nomor 3 pada kolom komentar disertai nama  anak. Setelah anak-anak menulis pada kolom komentar blog, saya  memeriksa / memantau blog. Berapa anak  yang sudah menulis jawaban pada kolom komentar. Setelah anak-anak mengerjakan tugas menulis jawaban pada kolom komentar.  Saya mengumumkan bahwa  soal nomor 4  dikerjakan di rumah. Menggunakan pesawat handphone masing-masing yang sudah terkoneksi internet. Dan sudah berisi kuota internet dari kemdikbud. Cara mengerjakannya sama dengan cara mengerjakan soal nomor 3.  Saya berencana memantau anak-anak  mengerjakan tugas dengan melihat blog. Serta mengingatkan/mengarahkan anak-anak melalui WAG.  


Memposting hasil tugas pada blog.

Setelah mengirim jawaban pada kolom komentar blog, anak-anak melakukan kegiatan membaca pemahaman. Kali ini yang dibaca adalah cerita/informasi pada buku siswa Tema 4 ST 2 Pb. 2  hal. 59-61 dengan judul  Pengrajin Garut yang Menembus Dunia.  Setelah memahami isi bacaan, anak-anak menceritakan kembali dengan bahasa sendiri. Cerita tersebut disampaikan/dipaparkan dalam bentuk tulisan yang diposting/diunggah pada blog yang telah disiapkan saya siapkan. Tulisan yang diposting disertai nama anak yang menulis.  Kemudian  memublikasikannya. Saya memantau blog dan anak-anak. Berapa yang sudah memosting, berapa yang belum memosting.  Setelah anak-anak berhasil masuk ke blog dan mengerjakan tugas sesuai arahan, saya mengumumkan bahwa anak yang belum berhasil menyelesaikan tugas,  menjadikannya sebagai PR. Cara mengerjakan PR yaitu anak-anak menceritakan kembali dalam bentuk tulisan dan mengirim jawaban ke alamat email saya.  Agar saya dapat memostingnya pada blog yang dimaksud. Blog yang saya sediakan untuk memosting jawaban anak-anak, saya setel agar yang dapat memosting pada blog tersebut hanya alamat email saya dan alamat email yang sudah disingkronkan pada perangkat tablet sekolah. Adapun alamat email pada perangkat handphone anak-anak atau yang lain tidak diperkenankan mengirimkan tulisan pada lembar postingan. Hanya dapat menulis pada kolom komentar.

Mengenal portal Rumah Belajar Kemdikbud.

Setelah posting – memosting selesai dilanjutkan pengenalan terhadap portal Rumah Belajar Kemdikbud.

Dimulai dengan  mengenalkan alamat website untuk mengakses Rumah Belajar yaitu belajar.kemdikbud.go.id. Selanjutnya mengenalkan fitur-fitur  penting yang ada pada Rumah Belajar, antara lain ;

Sumber Belajar, Kelas Maya, Bank Soal, dan Laboratorium Maya.

Setelah mengenalkan fitur – fitur pada rumah belajar, selanjutnya saya memberikan sedikit penjelasan kepada anak-anak bahwa melalui fitur Sumber Belajar, anak- anak dapat belajar banyak hal. Adapun caranya anak-anak mengeklik tombol 'coba sekarang' pada Sumber Belajar. Selanjutnya memilih jenjang pendidikan, kelas  dan mata pelajaran yang akan dipelajari.

Setelah menjelaskan tentang  cara menggunakan fitur Sumber Belajar, selanjutnya menjelaskan mengenai cara mengakses Bank Soal, yaitu dengan mengeklik tombol 'coba sekarang', kemudian memilih jenjang pendidikan, kelas, mata pelajaran, dan memilih lembar  soal. 

Selain    Sumber Belajar dan Bank  Soal, saya juga menjelaskan pada  anak-anak, bahwa mereka bisa belajar dan bermain pada Laboratorium Maya. Caranya hampir sama dengan yang lain yaitu dimulai  dengan mengeklik tombol 'coba sekarang', selanjutnya memilih jenis percobaan.

Mengenai penggunaan portal Rumah Belajar belum dilakukan pada pertemuan kali ini. Rencananya dilakukan pada pertemuan mendatang.



Terima kasih telah membaca tulisan saya sampai selesai. Jika berkenan silakan menulis komentar pada kolom komentar. Komentar dari pembaca sangat bermanfaat bagi penulis. 

Tidak ada komentar: