Tantangan menulis lomba blog PGRI hari kelimabelas

 Modifikasi Pembelajaran

Oleh: Pono, S.Pd.SD



Modifikasi secara sederhana berarti merubah. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, modifikasi mempunyai maksud merubah aktivitas pembelajaran yang sudah ada atau yang sudah pernah terjadi. Kali ini saya akan lebih mengkhususkan pada merubah aktivitas pembelajaran menggunakan blog. 

Tujuan dari modifikasi pembelajaran adalah guna menyesuaikan aktivitas pembelajaran dengan situasi yang berbeda dengan sebelumnya. Kita semua paham,  sebelum pandemi covid-19 siswa-siswi berangkat ke sekolah untuk belajar setiap hari. Guru mencatat nama siswa atau siswi yang tidak berangkat hari itu. Memeriksa jumlah ketidakhadiran siswa serta mengidentifikasi penyebab ketidakhadiran tersebut.

Sekarang situasi berbeda. Dengan alasan menjaga kesehatan dan keselamatan  siswa-siswi tidak berangkat ke sekolah, untuk memutus mata rantai penularan covid-19. Baik siswa SD, SMP maupun SMA dan yang sederajat dengannya melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan cara Belajar Dari Rumah (BDR).

Situasi hari ini yang tidak lagi sama, menjadikan perlu merubah  pembelajaran walaupun media   yang digunakan masih tetap yaitu blog. Pada postingan sebelumnya berkenaan dengan pembelajaran dengan blog saya sebutkan alat-alat yang digunakan antara lain;

Tablet

Jaringan internet ruangan

Laptop guru

Proyektor 

Layar proyektor.


Pada pertemuan terdahulu mengingat guru dan siswa berada di satu tepat, pembelajaran dilaksanakan menggunakan fasilitas internet ruangan atau wi-fi, namun sekarang karena guru dan siswa tidak berada di satu tempat tidak lagi bisa menggunakan layanan internet ruangan yang ada di sekolah. Untuk mengakses blog guru maupun siswa menggunakan layanan internet secara mandiri.

Selain jaringan internet yang perlu dirubah adalah alat yang digunakan untuk mengakses blog. Kalau dulu sewaktu pembelajaran di sekolah menggunakan tablet, sedangkan sekarang karena anak-anak  berada di rumah menggunakan fasilitas ponsel pribadi secara mandiri.

Sewaktu di sekolah guru dalam memberi penjelasan kepada siswa menggunakan alat bantu proyektor dan layar proyektor. Akan tetapi karena siswa-siswi tidak berada pada satu tempat maka penjelasan mengenai teknis pembelajaran menggunakan Group WA .

Penggunaan laptop masih bisa dilakukan oleh guru. Laptop bisa digunakan untuk menulis naskah materi pembelajaran.

Demikian yang saya sampaikan hari ini semoga bermanfaat.

Salam,

Banjarnegara 15 Pebruari 2021 

Tidak ada komentar: