Apakah Mengajar di Tempat Jauh Efektif (bagian 2)

Empat belas tahun berlalu. Kini keadaan telah banyak berubah. Jalanan yang dulunya sulit dilalui kini terasa mudah. Tidak perlu lagi mempersiapkan tenaga ekstra untuk sampai ke tempat kerja. Perjalanan dari Senda ke Panda kini terasa makin dekat meski sebenarnya jaraknya masih tetap. Ini tidak lain karena kondisi yang semakin membaik sehingga perjalanan menjadi semakin mudah. Jalanan yang bagus dipadu keindahan alam yang menakjubkan seolah mengajak pecinta aktivitas jelajah alam untuk kembali lagi, kembali lagi.  Kembali datang untuk dimanjakan dengan pemandangan indah serta udara yang segar.
Bagi Wan Kadir tantangan membuat hidup lebih berarti. Apa yang ia lakukan akan lebih bermanfaat. Kini tantangan yang ia hadapi adalah menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Sejak mendaftarkan diri mengikuti pelatihan ini memang ia telah berkomitmen untuk tidak mundur dan senantiasa berusaha menyelesaikan semua proses dengan baik dan tepat waktu. Seakan ia telah berjanji dengan dirinya sendiri. 

Pelatihan yang ia lakukan memang tergolong cukup. Bagaimana tidak, mengingat banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Pelatihan yang dilaksanakan dalam jangka waktu yang cukup lama hingga lebih dari enam bulan tentu memerlukan banyak tenaga dan pikiran. Ia harus membagi waktu dengan baik agar semua berjalan dengan baik. Baik urusan pekerjaan, keluarga maupun pelatihan yang sedang ia jalani. Semua harus berjalan seiring dan seimbang. Inilah sebenarnya tantangan yang sedang dihadapi. Bukan hanya Wan Kadir tetapi juga dirasakan oleh teman-temannya yang juga sedang mengikuti pelatihan yang sama. Bedanya Wan Kadir menjalani aktivitas masih dalam jarak yang cukup jauh dari rumahnya di desa Senda. Mau tidak mau ia harus menggunakan waktu lebih dari satu jam untuk menempuh perjalanan dari rumah sampai ke sekolah. Atau sebaliknya. Baginya tidak masalah meskipun terkadang harus menyelesaikan tugas hingga larut malam.

Disadari atau tidak aktivitas fisik terlalu padat tentunya berpengaruh pada kesehatan. Wan Kadir memang boleh dibilang salah satu guru yang miliki semangat. 
(Bersambung....)



Cheap flights with cashback

Tidak ada komentar: