Editing Vidio


Salah satu hikmah mengikuti pendidikan calon guru penggerak adalah menjadi pribadi yang mau terus belajar. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Belajar secara langsung materi yang diberikan selama proses pendidikan CGP berlangsung. Maupun belajar secara mandiri dalam menentukan sendiri materi yang dipelajari sekaligus cara belajarnya. Cara yang kedua ini dikarenakan tugas yang diterima dan harus disetorkan sesuai tenggat waktu yang ditetapkan memerlukan keterampilan tertentu untuk mewujudkannya. Tidak semua keterampilan yang diperlukan itu ada materinya dan diajarkan dalam program pelatihan calon guru penggerak. Peserta dengan inisiatif sendiri berusaha menemukan solusi untuk tugas yang ditanggung. Sebagian ketrampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang dibebankan dipelajari sendiri guna meningkatkan kapasitas diri sebagai insan pembelajar.

Sebagian materi terkait ketrampilan yang diperlukan memang diberikan dalam program pendidikan calon guru penggerak. Seperti ketrampilan membuat portofolio digital menggunakan Google Sites, cara belajar melalui LMS, maupun teori - teori serta paradigma yang berkembang dalam dunia pendidikan.atas yang dianggap 

Dalam banyak aktivitas terkait pendidikan calon guru penggerak diperlukan dokumentasi baik berupa tulisan, audio, maupun vidio. Untuk menyajikan dokumentasi kegiatan   bentuk Vidio memerlukan beberapa ketrampilan yang dipadukan sekaligus untuk menghasilkan produk. Katrampilan-ketrampilan tersebut ww; membuat rencana/desain, merekam/mengambil gambar, mengedit, bahkan presentasi.

Diantara beberapa aktivitas yang disebutkan di atas yang dianggap memakan banyak tenaga dan cukup melelahkan adalah aktivitas mengedit vidio. Aktvitas ini bagi sebagian mungkin tidak masalah di mudah saja. Namun bagi sebagian yang lain menguras.banyak tenaga dan pikiran. Lebih-lebih jika Vidio yang mau diedit memiliki durasi pemutaran yang cukup panjang. Ditambah lagi dengan prosesnya yang  hanya mengandalkan telepon selular dengan kemampuan  dan kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas. 

Mengedit video dengan durasi satu jam biasanya memerlukan waktu lebih dari satu jam, dua jam, atau bahkan lebih lama dari itu. Selain memperhatikan waktu untuk proses ini, hal yang tak kalah pentingnya adalah memahami jenis aplikasi yang digunakan serta karakteristik dari aplikasi tersebut. 

Melibatkan diri ikut serta dalam program pendidikan CGP mau tidak mau belajar/berlatih cara mengedit vidio. Baik secara mandiri (otodidak) maupun dengan bimbingan dari mentor. Adanya momentun  sangat berharga bagi yang sebelumnya telah memilik "ghirah' atau semangat  untuk belajar. Momentum dinanti bahkan dicari. Sebab tidak mudah untuk menentukan pilihan tentang materi apa yang akan dipelajari dalam  menerapkan/mewujudkan konsep belajar sepanjang hayat.


2 komentar:

Sensei Maesa mengatakan...

Sangat informatif, terima kasih telah berbagi narasi kegiatan dan tantangan CGP

Semangaat teruus pak Ono

PenaMas mengatakan...

Terima kasih Sensei Maesa, atas dukungannya 🙏