Tantangan


Zaman terus berubah. Teknologi terus berkembang. Manusia harus bisa mengimbangi perkembangan zaman. Jika tidak ia akan tertinggal. Perkembangan zaman yang amat cepat tentunya membawa tantangan tersendiri bagi bangsa dan umat manusia. 


Dalam berbagai bidang pekerjaan, tantangan itu selalu ada. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Guru harus akrab dengan perkembangan zaman, serta mau menggunakannya dalam menunjang pekerjaan yang ia tekuni. 


Selayaknya guru terus belajar dan belajar agar tidak ketinggalan. Siswa hari ini merupakan generasi yang berbeda dengan generasi anak-anak masa lalu. Kini anak-anak lebih cakap dan lebih akrab  dalam berteman dan menggunakan teknologi. Informasi yang tidak ia dapatkan di sekolah bisa ia peroleh di luar sekolah. 


Perkembangan teknologi tidak selalu berdampak baik. Ada juga hal-hal negatif yang harus diwaspadai. Jika dampak buruk terjadi akibat penggunaan teknologi, maka untuk mengurangi dampak tersebut tentunya dengan mengenali dan memahami bagaimana teknologi bekerja. Untuk itu guru mempunyai suatu tantangan untuk mengawal dan memantau kondisi tersebut.


Salah satu dampak teknologi yang lain adalah adanya kesenjangan kompetensi siswa dikarenakan perbedaan kesempatan dalam mengaksesnya. Sebagian memiliki kemampuan dapat belajar dengan cepat, namun sebagian yang lain justru melambat. Adanya perbedaan ini tentunya memerlukan penanganan yang berbeda pula. Ini yang disebut dengan pembelajaran diferensiasi. Kemampuan dalam memberikan layanan belajar dengan memperhatikan prinsip berdifensiasi tentunya memerlukan pengalaman disamping guru harus siap untuk belajar.


Kesiapan guru untuk mau belajar dari berbagai hal dan berbagai cara merupakan hal positif yang bisa mempengaruhi siswa. Guru yang demikian tentunya dapat menjadi teladan  bagi muridnya dalam hal belajar dan mengelola semangat belajar. Kesiapan guru untuk terus belajar merupakan tantangan yang harus dihadapi di era teknologi.


Kesempatan belajar bagi guru kini terbuka  lebar, baik secara daring maupun luring. Berbagai program dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru.  

Tidak ada komentar: