Melakukan Apapun harus Fokus

Pagi hari sebelum berangkat kerja melihat hape. Memeriksa apakah ada pesan penting yang harus aku baca sebelum pergi kerja. Dalam penelusuran terlihat olehku tawaran mengikuti pelatihan daring yang diselenggarakan badan diklat swasta. Sebenarnya saya tertarik ingin mengikuti, karena topik yang akan dipelajari pada pelatihan tersebut saya sukai, yaitu untuk meningkatkan kemampuan dalam berliterasi. Kalau dulu, tanpa berpikir panjang, saya akan langsung mendaftarkan diri mengikuti pelatihan tersebut asalkan masih ada uang membayarnya. Karena pelatihan dilaksanakan secara daring, masih bisa belajar sambil melakukan aktifitas yang lain. Meskipun tidak dapat menyerap semua materi yang diajarkan, dengan menguasai beberapa persen saja sudah memadai, mengingat biaya yang dikeluarkan tidak mahal-mahal amat. 

Dulu saya bahkan pernah mengikuti dua pelatihan dalam satu waktu oleh badan diklat yang berbeda. Masih sama alasannya, meski tidak mendapatkan semuanya, setidaknya masih bisa mendapatkan sebagian. Bagi saya menjaga semangat untuk tetap belajar itu penting. Sedangkan momen-momen tertentu mungkin tidak bisa diulang di waktu lain. Tapi kali ini tidak. Keputusan yang saya ambil berbeda dengan masa lalu. Saya masih ingat dengan segar di kepala ketika waktu itu mengikuti sesi Vidio Converence ambil menimang bayi usia satu tahun. Bagiku hal-hal seperti ini sebagai bagian dari perjuangan untuk masa depan. Saya yakin bukan hanya saya, banyak orang diluar sana yang melakukannya. Ketika ini ditulis maksudnya adalah untuk mengingat kenangan manis di masa lalu. Agar siapapun yang membaca akan masa indah yang pernah dialaminya serta menjaga semangat yang baik itu hingga sekarang dan masa yang akan datang. Mungkin dalam wujud yang berbeda namun dengan semangat yang sama. Namun bukan ini alasan menolak tawaran itu. 

Secara pribadi saya bersyukur dengan adanya orang yang sudi menginformasikan, mengajak kepada aktivitas yang baik. Ini bagiku merupakan anugerah karena masih ada kesempatan untuk belajar lebih baik lagi. Meskipun kali ini belum bisa mengikutinya. Saya bahkan enggan keluar dari grup WA yang dibuat dalam rangka mengikuti pelatihan. Entah kapan pasti akan ada yang memosting pesan bermanfaat atau informasi faktual seputar pendidikan. Semoga saja di masa mendatang dapat bergabung lagi dalam kebersamaan yang positif dengan orang-orang yang memiliki frekuensi yang tentang pentingnya belajar dan berusaha serta pentingnya menjaga motivasi belajar pada diri sendiri.

Sebenarnya ada satu hal yang perlu disampaikan disini. Bahwa dalam proses merenungi terhadap aktivitas yang sudah dilakukan di masa lalu, baik tadi, kemarin, ataupun kemarin dulu. Atau dengan kata lain berdasarkan analisis pribadi didapat informasi/kenyataan bahwa dua pekerjaan yang dilakukan seseorang dalam satu waktu dalam kondisi tertentu akan menjadi 'kurang efektif', alias hasilnya tidak maksimal. Untuk itu seseorang perlu memahami keadaan terkini dan menyelaraskan antara keinginan/harapan/cita-cita dengan situasi dan kondisi sekarang. Ada satu kata yang patut menjadi pertimbangan yaitu 'fokus'. Dalam menjalankan sesuatu aktivitas seseorang perlu melakukan dengan fokus agar mendapatkan hasil yang baik atau sesuai harapan. Betapa penting menjaga fokus terhadap apa yang sedang dihadapi. Ketika sedang melakukan satu aktifitas belajar perlu fokus. Begitu pula ketika sedang menjalani satu bentuk pelatihan untuk meningkatkan kemampuan diri perlu menjaga fokus. Agar dapat melaksanakan semua tahap dengan baik. Namun ini adalah suatu usaha. Manusia hanya bisa berusaha. Tuhan yang menentukan.

Cheap flights with cashback Cheap flights with cashback

Tidak ada komentar: