Menunda Aktivitas Menunda

Bilangan negatif jika dikalikan dengan bilangan negatif maka hasilnya merupakan bilangan positif. Begitu pula dalam pembagian bilangan negatif. Bilangan negatif jika dibagi dengan bilangan negatif maka hasilnya bilangan positif. Konsep ini sudah maklum. Biasanya guru dalam membelajarkan anak-anak tentang konsep ini dilakukan dengan cara menghafalkan .
Kita sering mendengar ungkapan "jangan menunda-nunda waktu karena waktu tidak bisa diulang" atau "jangan menyia-nyiakan kesempatan karena kesempatan mungkin hanya datang satu kali.  Ungkapan ungkapan sudah akrab di telinga kita. Ini tentunya untuk menjauhkan kita dari sifat malas. Sifat malas merupakan penghambat kemajuan. Dan beresiko bagi masa depan. 

Semu orang bisa memahami bahwa sifat rajin seseorang akan membawa kepada masa depan yang lebih baik. Hanya masalah waktu saja. Ada yang merasakan lebih cepat, namun ada juga yang perlu menunggu dalam waktu lama. Namun pada akhirnya hal itu akan terbukti dan orang yang mengalaminya akan mengakui dan merasa bersyukur karena berada pada posisi demikian.

Manusia hanya bisa memprediksi, namun Tuhanlah yang menentukan. Apa yang diprediksi atau direncanakan sekarang, adakalanya terwujud sesuai harapan/keinginan. Namun terkadang kejadian di masa mendatang tidak sesuai harapan ataupun keinginan. Oleh karena itu sebagai wujud ketidakberdayaan kita dalam menggambarkan masa depan secara pasti, perlu belajar untuk tidak menunda perbuatan baik. 

Bukan rahasia lagi bahwa semangat yang kita miliki terkadang naik terkadang turun. Bahkan terkadang dalam kondisi minim semangat. Tentunya siapa pun tidak ingin terjerumus pada keadaan tidak punya semangat. Untuk itu semangat perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Untuk merawatnya perlu mengetahui tanda-tanda kehadirannya terutama dalam diri sendiri. Ketika sedang dalam keadaan kurang bersemangat terkadang timbul keinginan untuk menunda pekerjaan atau aktivitas baik yang mestinya dilakukan dengan alasan masih banyak waktu di masa mendatang. Namun perlu dipahami bahwa pada waktu mendatang yang dimaksud belum tentu kondisinya seperti yang dibayangkan. Mungkin juga kondisinya tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun kita tetap berdoa untuk selalu dalam kondisi nyaman penuh kemudahan. Namun sikap waspada juga penting. Keinginan menunda sebaiknya dihindari atau ditunda dan terus berusaha menunda keinginan untuk menunda hingga yang muncul dalam hati adalah kenyataan untuk tidak menunda berbuat baik.

Tidak ada komentar: