Diskusi

 



Diskusi merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan diskusi kita bisa menemukan jalan keluar dari suatu permasalahan dengan lebih cepat, serta dapat menemukan cara terbaik dalam menyelesaikan masalah. Baik masalah pribadi seseorang maupun masalah bersama suatu masyarakat ataupun bangsa dan negara. Pendek kata, diskusi merupakan salah satu solusi atau jalan menemukan solusi. Itulah, mengapa ketrampilan berdiskusi perlu dilatih sejak dini, sejak anak-anak masih kecil. Agar dalam perjalannya ia mampu dengan mudah menyelesaikan masalahnya. Terlebih Maslah bersama pada zamannya. Namun seberapa efektifkah diskusi ? Benarkah ia dapat menyelesaikan semua jenis masalah? Atau menemukan solusi atas semua masalah?
Diskusi tentunya akan efektif jika dilakukan dengan baik. Jika tidak dilakukan dengan baik mungkin setelah diskusi bukan solusi untuk selesai dari masalah, namun justru menambah masalah baru atau masalah menjadi semakin parah. Itulah sebabnya, mengapa ketrampilan berdiskusi perlu diajarkan sejak masih kecil. Kalau begitu apa sih hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam berdiskusi? Setiap orang mungkin mempunyai pandangan berbeda akan hal ini. Tentunya berdasarkan atas pengalaman masing-masing yang kemungkinan besar tidaklah sama. Oleh sebab itu jika nanti menjumpai sesuatu yang berbeda dengan pandangan anda dalam ulasan ini, anggaplah itu sebagai perbedaan cara pandang manusia yang tidak mungkin ada sama persis dan dalam semua hal. 

Kita semua paham bahwa diskusi tidak mungkin dilakukan seorang diri. Ia melibatkan orang lain. Baik orang dekat dalam hubungan personal maupun orang baru kita kenal. Kedua macam orang tentunya akan berbeda dalam menyikapinya. Namun siapapun itu dalam diskusi kita harus senantiasa menjaga kesopanan agar semua berjalan lancar tanpa ada suatu halangan  yang  berarti. Kesopanan yang dimaksud tentunya bukan hanya pada segi ucapan, namun juga tingkah laku. Bedanya bagi seseorang yang sudah amat dekat hubungannya, biasanya perilaku apapun akan mudah diterima karena sudah saling memahami. Namun bagi orang yang baru kenal, mungkin dalam hati masih bertanya-tanya mengenai maksud dari apa yang sedang dibicarakan maupun apa maksud dari tindakan seseorang. Pada intinya kesopanan akan menjaga hubungan baik dengan semua orang. 

Bagi orang - orang tertentu yang sangat sopan mungkin akan menjadi sedikit masalah, dan membuat merasa kurang nyaman. Dengan demikian bagi orang-orang yang sudah terlalu dekat mungkin gaya bicara yang formal menjadi tidak lagi diperlukan bahkan berpotensi menimbulkan kerenggangan. Sehingga ide cemerlang tidak akan muncul di tengah ketidaknyamanan. Oleh sebab itu kita harus pandai-pandai memahami situasi. 

Pusat pembicaraan dalam diskusi  adalah masalah yang ingin dipecahkan. Membicarakan sesuatu yang tidak berhubungan langsung dengan.masalah yang didiskusikan mungkin akan menghambat jalannya diskusi. Disamping memecahkan konsentrasi juga berpotensi  menghambat akan munculnya ide atau gagasan. Disamping konsentrasi terhadap suatu permasalahan yang menjadi topik diskusi juga perlu menjaga perasaan peserta diskusi. Bagaimana maksudnya? Apa maksud yang sebenarnya akan saya sampaikan adalah bahwa gagasan/ide cemerlang tidak akan muncul jika peserta diskusi merasakan sebagai atasan dan bawahan. Oleh sebab itu suasana yang perlu dibangun dalam diskusi adal situasi setara. Walaupun pada kenyataannya di luar diskusi masing-masing peserta diskusi memiliki posisi yang berbeda. 
   

120*600 120*600

Tidak ada komentar: