Loka 2 Budaya Positif

Dalam kegiatan lokakarya CGP dapat belajar dengan cara melakukan simulasi penerapan budaya positif di sekolah. Aktivitas yang dilakukan antara lain; simulasi membuat keyakinan kelas, simulasi segitiga  restitusi, serta diskusi tentang visi guru penggerak. 
Kegiatan yang dilakukan dalam lokakarya sebenarnya bukan hanya simulasi. Sebelumnya Pengajar Praktik sebagai pembimbing memaparkan mater dari mata diklat secara tatap muka kepada peserta CGP disertai diskusi. Tidak ketinggalan Pengajar Praktik melengkapi aktivitasnya dengan melatih cara melakukan tepuk di kelas. Tepuk yang dipelajari yaitu tepuk semangat dan tepuk konsentrasi.

Materi yang disampaikan dalam  pemaparan terkait Visi, prakarsa perubahan dengan pendekatan BAGJA serta Budaya Positif. Visi dibuat guna menggapai tujuan belajar yang utama yaitu mewujudkan profil pelajar Pancasila. Setelah membuat visi, dilanjutkan dengan prakarsa perubahan. Pendekatan yang digunakan dalam menerapkan prakarsa perubahan dikenal dengan istilah BAGJA, yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi,  Jabarkan rencana, serta Atur eksekusi. BAGJA dalam bahasa Sunda maknanya bahagia.

Sebelum melakukan simulasi pembentukan keyakinan kelas dan restitusi terlebih dahulu melakukan diskusi kelompok besar tentang tahap penyusunan keyakinan kelas dan proses restitusi.
Simulasi penyusunan keyakinan kelas dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota 3 orang perkelompok sedangkan simulasi restitusi dilaksanak dalam kelompok yang lebih kecil dengan jumlah anggota 3 orang setiap kelompok.
Pada simulasi penyusunan keyakinan kelas semua anggota kelompok memilik tugas berkesinambungan yang memungkinkan semua anggota malaksanakan simulasi secara aktif. Sedangkan pada simulasi restitusi setiap kelompok dihadapkan pada tiga kasus yang berbeda sehingga setiap anggota kelompok berganti peran secara berurutan sebagai guru, murid serta pemantau pada kasus yang berbeda.
Dari kegiatan ini banyak hal yang dapat dipetik sebagai proses belajar....
Italian_160*600 German_728*90

Tidak ada komentar: