Elaborasi Pemahaman Yang Ditunggu

Elaborasi Pemahaman, segmen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah berusaha memahami materi dengan belajar mandiri melalui LMS maupun diskusi virtual di ruang kolaborasi, elaborasi pemahaman seakan menjadi penyegaran. Mengikuti elaborasi pemahaman yang dipandu oleh instruktur seakan mendapat penguatan atas materi yang dipelajari dalam satu modul. 
Sebelumnya belajar secara mandiri melalui LMS. Dimulai dengan merefleksi diri dengan materi yang dipelajari. Kemudian dilanjutkan eksplorasi konsep. Dalam eksplorasi konsep belajar materi - materi yang terkait dengan materi pokok sehingga terjadi pendalaman dan perluasan. Aktivitas belajar yang dilakukan membaca artikel serta menonton video. Namun memahami materi ajar secara luas dan mendalam dalam waktu relatif singkat bukanlah hal yang mudah, meskipun bagi sebagian orang mungkin hal biasa. Tentunya ketrampilan ini perlu latihan serta mensyaratkan kemampuan membaca cepat. Disamping kecepatan mengakses gawai.

Pemahaman atas materi yang dipelajari secara mandiri melalui LMS baik berupa membaca artikel maupun menonton video kemudian diperkaya dengan pengalaman teman-teman yang disampaikan pada diskusi virtual di ruang kolaborasi. Di ruang ini terjadi penyamaan persepsi terhadap konsep-konsep materi. Ruang kolaborasi sebenarnya merupakan arena berkolaborasi secara daring. Berkolaborasi dalam aktivitas diskusi, mengerjakan tugas kelompok serta mempresentasikan hasil diskusi kelompok. 
Aktivitas diskusi sebenarnya sudah ada pada segmen eksplorasi konsep. Pada segmen ini diskusi dilakukan secara tertulis dengan menulis blog serta mengomentari postingan teman. Kegiatan saling mengomentari dan saling membalas komentar menunjukkan aktivitas diskusi secara tertulis. Di sini kemampuan menulis di blog seseorang terasah dengan mengerjakan tugas. Kegiatan di ruang kolaborasi berperan besar dalam membangun pemahaman. Karena di ruang ini terjadi aktivitas berbagi satu sama lain melalui diskusi.

Serangkaian proses tahap demi tahap yang telah dilalui tentunya semakin memperluas dan memperdalam informasi/pengetahuan akan konsep-konsep yang berkaitan dengan materi pokok yang dipelajari dari modul. Ditambah lagi dengan pengalaman dari teman - teman yang semakin memperkaya pengetahuan/informasi yang berhubungan dengan topik tertentu. Banyaknya pengetahuan/informasi yang diperoleh sangat bagus bagi seseorang. Akan tetapi informasi yang didapat secara cepat dalam jumlah banyak tidak dapat diingat keseluruhannya. Dengan kata lain sebagian informasi terlupakan secara tidak sengaja. Disinilah pentingnya penguatan atas konsep-konsep materi yang dipelajari. Dalam elaborasi pemahaman, konsep-konsep materi dari modul ajar dibedah lagi kemudian dikuatkan. Oleh sebab itu tidak berlebihan jika dikatakan bahwa elaborasi pemahaman merupakan sarana untuk menguatkan pemahaman atas materi yang dipelajari dari modul.
Cheap flights with cashback Cheap flights with cashback

1 komentar: